Backpacker vs Bikepacker, Lebih Seru yang Mana Sih?

Bicara soal backpacker dan bikepacker, keduanya mungkin sama-sama aktivitas petualangan. Namun, sebenarnya lebih seru yang mana sih antara kedua aktivitas itu? Langsung aja simak ulasannya!

Backpacker vs Bikepacker, Lebih Seru yang Mana Sih?

Melancong ke lokasi-lokasi wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya dengan cara backpacker emang jadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Namun, ada kegiatan melancong lainnya yang juga nggak kalah seru, yaitu bikepacker. Terdengar mirip, keduanya emang sama-sama bertujuan ke lokasi-lokasi wisata yang baru, namun bedanya adalah bikepacker bepergian menggunakan sepeda, Superfriends.

Kedua aktivitas tersebut mungkin udah sering lo dengar, terutama backpacker yang udah menjadi gaya hidup sebagian orang yang hobi melancong ke lokasi-lokasi baru dengan biaya hemat. Buat bikepacker sendiri, aktivitas ini justru lebih mengutamakan untuk menikmati apa yang bakal ditemukan selama perjalanan. Walaupun tujuan akhirnya sama, yaitu sama-sama melancong ke lokasi baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Dari kedua aktivitas petualangan ini, lo udah pernah cobain yang mana, Superfriends? Menurut lo, aktivitas mana sih yang lebih seru? Nah, buat lo yang masih bingung lebih seru yang mana antara keduanya, mending simak aja nih ulasan berikut ini!

Tentang Backpacker

Backpacker vs Bikepacker, Lebih Seru yang Mana Sih?

Image source: moneysavingexpert.com    

Lo mungkin udah paham sama yang namanya backpacker, yaitu sebutan buat para pelancong yang melakukan perjalanan ke suatu tempat dan cuma membawa barang-barang simple  yang dimasukkan ke dalam tas ransel.

Hal itu dilakukan buat meringankan dan mempermudah para backpacker dalam melakukan perjalanan. Tapi, kadang masih ada aja yang salah mengartikan gaya backpacker, banyak yang menganggap kalau gaya berwisata ini adalah khusus orang-orang yang cuma punya modal terbatas, meski kadang kenyataannya emang seperti itu.

Pasti lo pernah deh bertemu sama wisatawan asing yang mengunjungi Indonesia dengan budget terbatas? Ujung-ujungnya, mereka malah jadi ‘begpacker’, bukan lagi backpacker. Perilaku backpacker musiman yang cuma modal nekat dan dana terbatas ini justru malah merusak citra para backpacker sejati.

Sesungguhnya, backpacker sejati akan selalu punya rencana yang matang kalau mau berkunjung ke suatu tempat yang diinginkan, mereka pasti bakal memperhitungkan dana sampai risiko apa aja yang bakal mereka hadapi nantinya.

Mengenal Bikepacker

Backpacker vs Bikepacker, Lebih Seru yang Mana Sih?

Image source: bikepacking.com 

Terdengar mirip, istilah bikepacker sendiri sebenarnya emang terinspirasi dari backpacker yang udah lebih dulu dikenal orang. Bikepacker pun juga punya tujuan yang sama dengan backpacker, tapi perbedaannya adalah bikepacker menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utamanya.

Meski sepeda jadi modal utama untuk bepergian, tapi bikepacker juga sering kali menggunakan transportasi lain, ini dilakukan untuk membantu kalau perjalanan benar-benar nggak bisa dilakukan dengan sepeda aja.

Berbeda dari backpacker, melancong dengan gaya bikepacker sebenarnya lebih menantang dan bisa menemukan banyak hal selama dalam perjalanan tersebut. Biasanya, para pegiat bikepacker akan lebih menghindari jalan-jalan ramai yang banyak dilalui kendaraan.

Selain itu, yang bikin aktivitas bikepacker penuh tantangan adalah ketika harus menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem dalam perjalanan. Makanya, butuh persiapan mental dan fisik yang kuat ditambah lagi lo harus membawa perlengkapan yang memadai.

Kalau melihat komunitas bikepacker di Indonesia sendiri mungkin masih belum terlalu banyak, berbanding terbalik dengan negara-negara di Eropa, di mana komunitas bikepacker sangat berkembang pesat. Hal ini membuat para produsen sepeda terkenal seperti Marin, Scott, Specialized, hingga Trek mulai mengembangkan sepeda yang bisa menunjang aktivitas bikepacker.

Nah, antara backpacker dan bikepacker adalah dua gaya hidup yang emang seru untuk dilakukan. Buat lo yang mau melancong dengan lebih terencana, mungkin backpacker adalah yang paling cocok dicoba. Tapi, kalau lo lebih suka aktivitas yang lebih menantang dan punya fisik yang kuat, lo harus cobain bikepacker, Superfriends! Atau lo bisa cobain kedua aktivitas tersebut biar tau mana yang lebih seru.

 

Source: https://alevizone.com/antara-backpacker-dan-bikepacker/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

22 COMMENTS

SHARE
arief
Klo gw sendiri lebih seru bikepacker, lebih menantang
wildan
Keduanya ok menurut gw sama2 menantang
Sumardiyono
22 top bgt
Endy Fredian Dinata
Dua duanya seru
Agus Sungkawa
Backpacker ajah saya mah
Cecep Jajang
Ke dua nya seru ,coba ajah dulu
SRI YAYA ASTUTI
komunitas bikepacker di Indonesia belum banyak
Senuadi Tandun
Better Backpacker ngak ribet dibanding bawa sepeda kemana2
Heni Oen
bikebaker punya kelebihan tanpa beban dan lebih cepat dalam waktu.
Sumardiyono
22 nya oke