Cara Milih Sepatu Skate yang Tepat dan Nyaman

Sepatu buat bermain skateboard memang seringkali disepelekan nih, Superfriends. Padahal, perlengkapan yang satu ini berfungsi banget buat memberi perlindungan dan juga membantu skaters buat beratraksi. Lantas, gimana ya cara jitu buat mendapatkan sepatu skate yang tepat? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara Milih Sepatu Skate yang Tepat dan Nyaman

Saat ini skateboard bisa dibilang menjadi olahraga yang membuat para pencintanya bisa mengekspresikan diri dan juga melewati batas dirinya sendiri melalui trik-trik menarik. Selain papan skate, lo juga wajib menggunakan sepatu yang tepat kalau mau beratraksi dengan aman dan nyaman melewati berbagai macam obstacle, Superfriends.

Sebab, sepatu skate bisa meningkatkan grip ke skateboard, meredam benturan, dan juga mampu mencegah cedera. Satu lagi, sepatu skate juga menjadi bagian dari salah satu identitas fashion lo, Superfriends!

Biar nggak salah pilih, lo bisa simak beberapa cara jitu buat mendapatkan sepatu skate yang tepat berikut ini!

Pahami Dua Model Utama Sepatu Skate

Cara Milih Sepatu Skate yang Tepat dan Nyaman

Image source: skatedeluxe.com

Seenggaknya ada dua model utama sepatu skate, yaitu vulcanized shoes dan cupsole shoes. Keduanya berbeda dari segi desain, kemampuan proteksi, sampai board feel atau kenyamanan saat berdiri di atas papan skate, Superfriends.

Vulcanized shoes biasanya terdiri dari dua bagian sepatu yang direkatkan dengan lem. Ciri khas salah satu model utama sepatu skate ini yaitu nggak terlihat adanya jahitan di antara bagian outsole dan upper-nya, Superfriends.

Selain itu, vulcanized shoes juga bisa dikenali lewat foxing tape yang terletak di sepanjang permukaannya. Lebih ringan dan fleksibel menjadi beberapa kelebihan yang ditawarkan. Jadi, lo bisa lebih leluasa beratraksi dengan sepatu model ini, Superfriends.

Ada juga sepatu skate mode cupsole shoes yang memberikan perlindungan lebih maksimal, Superfriends. Outsole yang lebih tebal, EVA foam pada bagian dalamnya, sampai bagian upper yang berlapis-lapis pasti bakal membuat kaki lo terjaga dengan baik.

Adanya jahitan di bagian permukaan sepatu menjadi salah satu ciri khas sepatu skate model ini, Superfriends. Cupsole shoes ini bagus banget buat lo yang baru mulai belajar main skate atau menghindari cedera.

Harganya memang bakal lebih tinggi ketimbang vulcanized shoes. Tapi, hal ini sebanding, karena daya tahannya juga lebih baik, Superfriends. Hanya saja, board feel lo bisa jadi kurang maksimal, sehingga terkadang agak sulit buat melakukan trik tertentu.

Cek Faktor Proteksi dan Fleksibilitasnya

Cara Milih Sepatu Skate yang Tepat dan Nyaman

Image source: neoprimesport.com 

Buat melakukan sejumlah trik dengan papan skate, fleksibilitas pergerakan mata kaki tentu menjadi salah satu kunci utamanya. Fleksibilitas yang baik otomatis harus diikuti dengan perlindungan yang memadai, Superfriends.

Jenis sepatu skate bisa dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu low top, mid top, dan high top. Sepatu low top bisa memberikan keleluasaan kaki yang maksimal, sehingga kaki lo bisa bergerak lebih bebas, Superfriends.

Sedangkan, high top bisa menutupi mata kaki, sehingga pergerakan bisa saja nggak sebebas sepatu low top. Tapi, dari segi perlindungan, tentu sepatu high top jauh lebih baik dibandingkan dengan low top.

Kalau mata kaki lo sering berbenturan dengan papan skate saat melakukan trik, maka high top bisa jadi pilihan yang pas. Tapi, kalau lo mau sepatu yang seimbang antara proteksi dan fleksibilitasnya, maka lo bisa pilih sepatu mid top, Superfriends.

Cek Bahan Dasar Setiap Bagian Sepatu Skate

Cara Milih Sepatu Skate yang Tepat dan Nyaman

Image source: theangle.digitaltrends.com    

Terakhir, jangan lupa buat cek bahan dasar setiap bagian sepatu skate yang baka lo pilih, Superfriends. Karena, percuma juga kalau udah pakai cupsole shoes yang dikira aman, tetapi bahan-bahan sepatunya tipis atau kualitasnya buruk.

Seenggaknya, ada tiga bagian yang wajib banget lo perhatikan nih Superfriends, yaitu upper, outsole, serta insole dan midsole. Buat bagian upper, bahan suede bisa dibilang lumayan bagus buat jadi pilihan terbaik, karena teksturnya lebih halus dan fleksibel.

Buat bagian outsole, cek lagi pattern-nya. Pastikan bagian ini memiliki ketebalan, fleksibilitas, dan grip atau daya cengkram yang baik, Superfriends. Sedangkan buat bagian Insole dan Midsole, pastikan bantalannya cukup baik untuk meredam benturan. Jadi, jangan sampai salah pilih ya, Superfriends!

 

Referensi: https://my-best.id/137672#toc-0
Gear Beginner solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Heni Oen
mulai dari skate hingga sepatupun harus spesial kecuali yg cuma main2
Senuadi Tandun
Berarti cari.sepatu yang bantalannya empuk dan agak tebal
Sumardiyono
Nice Infonya
Cecep Jajang
Ternya yang di pake selama ini salah spatu nya
wildan
Terimakasih tips dan info nya
arief
Okeh tq informasi nya
GREEN GRASS hiking club
Informasi yang menarik keren mantap bisa di coba
Karlina
Nice info
Karlina
Nice info