Limun Sarsaparilla, Minuman Istimewa dari Jogja Favorit Para Raja

Cah Ngayogyakarta pasti udah akrab banget sama limun sarsaparilla atau yang dikenal juga dengan sebutan saparella. Nggak cuma itu, ternyata minuman soda istimewa yang satu ini juga jadi favorit para raja lho, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya!

Limun Sarsaparilla, Minuman Istimewa dari Jogja Favorit Para Raja

Menjadi kota favorit para traveler, Yogyakarta memang populer dengan segala keistimewaannya. Nggak cuma kehangatan warganya, tapi juga dengan beragam hidangan kulinernya yang nikmat dan dulit dilupakan, Superfriends.

Selain gudeg, sate klatak, dan kopi joss, ada satu lagi minuman khas Jogja yang nggak banyak orang tahu nih. Namanya limun sarsaparilla, minuman bersoda istimewa yang berasal dari Jogja dan jarang banget ditemukan di daerah lain, Superfriends.

Jadi Simbol Kemajuan Pada Zamannya

Limun Sarsaparilla, Minuman Istimewa dari Jogja Favorit Para Raja

Image source: travel.tribunnews.com  

Dilansir laman Kumparan, minuman soda ini merupakan minuman soda pertama di Indonesia dan terbuat dari kombinasi batang tanaman sarsaparilla dan air berkarbonasi, Superfriends. Bahkan, saparella pernah menjadi minuman favorit bagi para raja tempo dulu, dan sangat populer di tahun 1960-an, Superfriends.

Selain itu, minuman ini ternyata juga menjadi simbol kemajuan di zaman dahulu, lho. Sehingga, menjadi kebanggaan tersendiri kalau menjamu para tamu dengan minuman limun sarsaparilla ini, Superfriends.

Jadi, wajar saja kalau minuman soda ini seringkali disajikan pada acara khusus seperti pernikahan atau khitanan kala itu. Bahkan, saat ini masih ada warga yang menyuguhkan limun sarsaparilla ini lho, Superfriends.

Sangat Bermanfaat Buat Tubuh

Limun Sarsaparilla, Minuman Istimewa dari Jogja Favorit Para Raja

Image source: bp-guide.id      

Minuman soda tradisional ini pun menghasilkan cita rasa yang cukup unik, lho. Rasanya yang manis dan sensasi dingin seperti mint serta aroma jamu yang sangat khas pasti bakal menyegarkan haus dahaga di tenggorokan, Superfriends.

Nggak cuma itu, minuman berwarna ungu kehitaman ini ternyata juga punya berbagai manfaat yang baik buat tubuh, lho. Manfaatnya mulai dari melancarkan buang air kecil, mendongkrak energi, sampai mengobati flu dan demam.

Efek sendawa yang dihasilkan setelah mengkonsumsinya juga dipercaya bisa menyembuhkan masuk angin nih, Superfriends. Jadi, jangan ragu buat mencobanya, ya!

Kemasan Unik Limun Sarsaparilla

Satu lagi, Superfriends. Limun sarsaparilla ini ternyata juga punya kemasan yang nggak kalah unik dan menarik. Biasanya, minuman ini disimpan dalam botol yang memiliki dua jenis bentuk, yaitu ukuran sedang dan ukuran kecil.

Untuk ukuran sedang, botol yang digunakan biasanya mirip dengan botol champagne yang memiliki tutup dari keramik lengkap dengan kawat penutupnya. Sementara, untuk kemasan botol kecilnya punya bentuk bulat dan lebar di bawah. Mirip kayak bentuk lampu bohlam gitu deh, Superfriends!

Sangat Langka dan Nggak Gampang Ditemukan

Seiring dengan berkembangnya zaman, limun sarsaparilla mulai tergerus dengan adanya berbagai produk minuman soda dari luar negeri. Nggak heran, kalau produsen minuman ini banyak yang sudah gulung tikar dan membuatnya semakin sulit buat ditemukan di pasaran, Superfriends.

Apalagi, tumbuhan sarsaparilla yang menjadi bahan utamanya saat ini menjadi tanaman yang cukup langka dan sulit ditemukan. Untungnya, meskipun terbilang langka, ternyata masih ada beberapa produsen minuman saparella yang mencoba menghidupkan kembali dan melestarikan minuman istimewa ini, Superfriends.

Namun, jumlahnya pun sangat terbatas dan kebanyakan minuman ini cuma dijual di daerah asalnya, yaitu Yogyakarta. Jadi, kalau di dekat tempat tinggal lo masih ada yang jual minuman soda tradisional ini, sila kabarin di kolom komentar ya, Superfriends!

 

Referensi: https://kumparan.com/kumparanfood/limun-sarsaparilla-minuman-soda-istimewa-jogja-yang-mulai-langka/full
In Depth Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
pake es seger banget
Amirul Bahri
Jadi pengen coba nih
Senuadi Tandun
saparila udah lama. si.Badak dari.medan
Agus Sungkawa
Ternyata minum an paporit para raja
teddy yunanda
buat buka puasa
Muhammad ridwan
Mantaaap
wildan
Mantap bgd ini minuman
wildan
Mantap seger bgd diminum klo lagi panas'
agung
tq info ya
Rdh
Mantaaap