Jarang Terekspos, Taman Laut di Indonesia Ini Juga Menakjubkan

Keindahan destinasi laut Indonesia emang nggak ada duanya, tapi masih ada taman laut menakjubkan yang jarang terekspos lho, Superfriends! Taman laut mana aja, ya? Langsung simak ulasan selengkapnya!

Jarang Terekspos, Taman Laut di Indonesia Ini Juga Menakjubkan

Indonesia kerap disebut negara maritim, hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena emang secara geografis Indonesia menjadi negara kepulauan yang dua pertiga kawasannya adalah lautan. Karena hal ini juga, banyak destinasi wisata laut di Indonesia yang menjadi favorit wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Saking banyaknya destinasi wisata laut yang indah di Indonesia, bahkan masih ada taman laut yang jarang terekspos, Superfriends. Padahal, beberapa lokasi taman laut ini nggak kalah menakjubkannya dari lokasi-lokasi yang udah terkenal. Penasaran sama taman laut di Indonesia yang jarang terekspos? Berikut ini beberapa di antaranya.

Taman Nasional Taka Bonerate

Jarang Terekspos, Taman Laut di Indonesia Ini Juga Menakjubkan

Image source: indonesiatraveler.id    

Terletak di ujung selatan Provinsi Sulawesi Selatan, Taman Nasional Taka Bonerate memiliki gugusan atol yang merupakan terbesar ketiga di dunia, Superfriends. Seenggaknya ada 295 jenis ikan karang, dan 261 jenis terumbu karang yang menghuni lokasi ini.

Buat menuju lokasi ini, lo harus menempuh jalur udara dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar di Kabupaten Maros menuju Bandara H Aroeppala Selayar. Perjalanan ini nggak memakan waktu lama, hanya sekitar 30 menit aja. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dari Bandara H Aroeppala menuju ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar, Benteng, yang berjarak sekitar 10 kilometer.

Kalau lo mau mengunjungi Taman Nasional Taka Bonerate, lo bisa datang pada musim-musim terbaik yaitu di bulan April sampai Juni dan Oktober sampai Desember.

Taman Laut Rubiah

Jarang Terekspos, Taman Laut di Indonesia Ini Juga Menakjubkan

Image source: tripsabang.com    

Sebuah pulau yang terletak di Kota Sabang, Aceh, atau tepatnya di barat laut Pulau Weh, juga menjadi lokasi wisata yang masih jarang diekspos. Pulau Rubiah yang memiliki luas kawasan sekitar 2.600 hektar ini merupakan benteng pertahanan pasukan Belanda dan Jepang pada masa Perang Dunia II.

Taman Laut Rubiah juga menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan tropis, terumbu karang, kerang raksasa, dan biota laut lainnya. Arus di perairan Rubiah ini relatif tenang dan airnya sangat jernih, jadi cocok banget buat snorkeling atau menyelam, Superfriends.

Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih

Jarang Terekspos, Taman Laut di Indonesia Ini Juga Menakjubkan

Image source: calicojackcharters.com  

Menjadi rumah bagi sekitar ratusan jenis ikan dan empat jenis penyu, Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga memiliki satwa primadona yaitu hiu paus yang bisa dilihat di waktu tertentu.

Nggak hanya itu, lokasi ini juga memiliki atraksi wisata seperti gua alam peninggalan zaman purba, sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam di Pulau Misowaar, gua dalam air di Tanjung Mangguar, dan menikmati aktivitas snorkeling dan menyelam.

Taman Laut Selat Pantar

Jarang Terekspos, Taman Laut di Indonesia Ini Juga Menakjubkan

Image source: dw.com 

Taman Laut satu ini terletak di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Superfriends. Taman Laut Selat Pantar memiliki lebih dari 26 titik penyelaman, lokasi yang menarik buat dikunjungi antara lain adalah half moon bay, peter’s prize, crocodile rock, dan shark close.

Jadi, nggak heran kalau keindahan Taman Laut Selat Pantar bisa menarik perhatian para diver dari mancanegara. Taman Laut Selat Pantar juga meliputi perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, dan Pulau Pura.

Taman Nasional Kepulauan Togean

Jarang Terekspos, Taman Laut di Indonesia Ini Juga Menakjubkan

Image source: tripzilla.id    

Terletak di perairan Teluk Tomini yang tenang di Provinsi Sulawesi Tengah (dan di zona transisi antara Garis Wallace dan Weber), Taman Nasional Kepulauan Togean dikenal dengan kekayaan terumbu karang dan berbagai biota lautnya yang langka dan dilindungi.

Lo bisa menikmati aktivitas wisata seperti menyelam dan snorkeling di Pulau Kadidiri, memancing, menjelajah alam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi permukiman orang Bajo di Kabalutan.

Nah, itulah beberapa lokasi taman laut menakjubkan di Indonesia yang jarang terekspos, Superfriends. Tertarik berkunjung ke salah satu taman laut tersebut?

 

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180821123927-269-323868/taman-laut-di-indonesia-yang-jarang-terekpos
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

20 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
sungguh cantik
Senuadi Tandun
masih natural dan alami
Cecep Jajang
Ya Allah indah sekali ciptaan mu
Muhammad ridwan
Nice infonya
agung
tq info ya
Dewandaru Krisna Wisnu
Info keren
Agung Sutrisno
Indonesia kerap disebut negara maritim
Muhammad ridwan
Nice infonya
Agus Sungkawa
Indonesia kaya akan biota laut.
Heni Oen
bagus banget kudu dijaga dan dirawat