Mau Jelajahi Nepal Van Java? Ini Rute dan Ongkos Tiketnya

Destinasi wisata Nepal Van Java lagi populer banget nih. Datang ke sini, rasanya beda banget. Sejuk dan bikin tenang banget dengan lanskap alam yang cantik.

Mau Jelajahi Nepal Van Java? Ini Rute dan Ongkos Tiketnya

Lokasinya ada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Bisa dibilang ini adalah dusun yang paling tinggi di Kabupaten Magelang.

Dulunya, Dusun Butuh ini salah satu jalur pendakian menuju Gunung Sumbing. Jadi sebelum dikenal sebagai Nepal Van Java, jalur ini ada basecampnya buat para pendaki. 

Sebagai penandanya ada patus seorang pendaki. Baru belakangan-belakangan inilah Desa Butuh lebih dikenal dengan sebutan Nepal Van Java. Desa itu dijuluki Nepal Van Java karena beberapa rumah berdiri bertingkat rapi di sepanjang lereng utara Gunung Sumbing. Mirip banget sama desa-desa di kaki Pegunungan Himalaya di Nepal.

Spot paling ciamik di sini tuh di tikungan sebelum pasar. Dari posisi ini bisa kelihatan lanskap Dusun Butuh secara keseluruhan.

Cek Rutenya, Ya!

Mau Jelajahi Nepal Van Java? Ini Rute dan Ongkos Tiketnya

Image source: wisatainfo.com     

Buat sampai ke Nepal Van Java, kalau lo dari luar kota bisa masuk lewat Kota Magelang. Dari arah Kota Magelang terus lo menuju arah Kecamatan Bandongan.

Nanti, kalau sudah sampai di kawasan Pasar Bandongan, lo terus aja jalan sampai ke pertigaan. Di sana ada papan penunjuk arah ke Kaliangkrik, yang mana arahnya belok ke kiri.

Belum sampai, tenang dulu. Dari pertigaan itu lo menyusuri jalan sampai kawasan Pasar Kaliangkrik. Baru deh menyusuri jalan lagi sampai ke pertigaan yang mengarah ke Sutopati. Lo ambil yang belok ke kanan ya. 

Setelahnya lo akan menemukan Balai Desa Temanggung. Nggak jauh dari situ ambil belok kanan. Na, nanti lo bakal ketemu papan penunjuk arah Nepal Van Java.

Sangat disarankan kalau lo melakukan perjalanan dengan motor atau mobil pribadi harus dalam keadaan prima. Untuk motor pastikan kuat dipakai buat jalan menanjak. Apalagi matic, kondisi mesin kudu apik dan remnya juga diperhatikan.

Hal ini karena dari kawasan Temanggung sampai ke Dusun Butuh itu jalurnya menanjak terus. Lo nggak perlu khawatir nyasar karena lokasinya bisa dilacak via Google Maps.

Oh iya, lokasi parkir untuk motor dan mobil itu berbeda ya. Kalau masuk weekend, Nepal Van Java ramainya bukan main! Maklum sih, memang pemandangannya cantik banget.

Berapa Ongkosnya?

Mau Jelajahi Nepal Van Java? Ini Rute dan Ongkos Tiketnya

Image source: wisatainfo.com     

Sesampainya di sana lo dijamin nggak bakal sabar buat terus menyusuri spot di Nepal Van Java. Ongkos masuknya Rp 8.000 per orang. Di sini ada juga ojek buat lo yang mau keliling Dusun Butuh. Nantinya wisatawan naik ojek akan dipandu ke beberapa spot selfie yang ada.

Nggak usah takut kelaparan karena sudah ada warung-warung yang ada. Terus kalau mau bawa oleh-oleh ada sayuran hasil petani di Lereng Sumbing. Pulangnya, lo bisa lewat jalur yang berbeda. Ada rute yang bisa dilalui via Sukomakmur, Kajoran. Di  jalur ini lo akan menikmati pemandangan lahan pertanian yang indah. Kalau suka foto-foto ini spot yang menarik banget. 

 

Source: https://travel.kompas.com/read/2020/09/20/111100827/rute-menuju-nepal-van-java-dusun-butuh-kaliangkrik-magelang?page=all
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Dewandaru Krisna Wisnu
Asik nih
DEVI TRI HANDOKO
kalo pagi udaranya seger
Nasir Arsyad
Ty infox
Cecep Jajang
Semoga bisa ngerasain liburan ke sana
Sumardiyono
nice infonya
Agus Sungkawa
Informasi yg bermanfaat
Bimo Waskito
Wajib kesini broo
agung
tq info ya
Endy Fredian Dinata
Nice place
Heni Oen
thanks infonya lumayan catatan kalau jalan ke nepal