Melihat Keindahan Flores, Pulau Bunga yang Menakjubkan

Kalau ke Flores, Nusa Tenggara Timur, tuh rasanya terhipnotis sama keindahan alamanya. Di Pulau ini ada danau tiga warna yakni merah, putih dan biru. Namanya Danau Kelimutu yang terletak di Kabupaten Ende.

Melihat Keindahan Flores, Pulau Bunga yang Menakjubkan

Kalau melirik sejarah dulu, Pulau Flores berasal dari bahasa Portugis 'Copa de Flores' yang artinya Tanjung Bunga. Makanya Pulau ini juga disebut Pulau Bunga

Danau Kelimutu bukan satu-satunya destinasi alam yang bikin kagum, tapi ada juga gunung, lembah, dan pantai yang mempesona. Makanya Pulau Flores ini tersohor ke seluruh dunia sampai sekarang.

Kalau mau sampai ke Flores tentu saja lo harus lewat jalur udara. Buat melintas daratan Flores dari barat ke timur, atau dari Labuan Bajo, Ruteng, Bajawa, Ende, sampa Maumere, lo pilih mendarat di Bandara Komodo di Labuan Bajo.

Jangan sampai salah tujuan mendarat ya. Karena di Flores itu ada enam bandara udara, Bandara Komodo di Labuan Bajo, Frans Sales Lega di Ruteng, Soa di Bajawa, H Hasan Aroeboesman di Ende, Frans Seda di Maumere dan Geweyantana di Larantuka.

Selama masih di pesawat pun lo sudah disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Disarankan lo pilih duduk pesawat yang dekat dengan jendela. Karena ketika sudah dekat pulau, panorama dari atas udara itu bikin geleng-geleng kepala, karena saking indahnya.

Lo bisa lihat pulau-pulau kecil dikelilingi lautan yang berwarna biru. Belum lagi hamparan pohon bak permadani berkelir hijau. Pemandangan yang jarang ditemukan di kota-kota besar di Indonesia.

Pulau Kecil yang Elok

Melihat Keindahan Flores, Pulau Bunga yang Menakjubkan

Image source: discoveryourindonesia.com  

Pulau-pulau kecil ini adalah 'bunga-bunga' yang berpohon kecil yang tumbuh begitu indah. Pulau Kinde di bagian utara Pulau Flores. Salah satu pulau kecil nan indah itu adalah Pulau Kinde, di bagian Utara Pulau Flores. Pulau seluas sekitar 30.000 meter persegi ini berada di Desa Tenda Kinde, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo. 

Jarak dari Mbay, ibu kota Kabupaten Nagekeo sekitar 30 km. Sejumlah wisatawan kagum dengan Pulau Kinde karena keindahan dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki pulau itu.

Para pengunjung bisa menerawang isi dasar laut, airnya jernih. Pulau Kinde kedepannya bisa dibuat vila untuk berteduh atau bermalam. 

Pohon Berdaun Pink

Melihat Keindahan Flores, Pulau Bunga yang Menakjubkan

Image source: jagarimba.id

Di Pulau Flores ini juga ada pohon berdaun pink yang letaknya di Jalan Trans Flores yang berada dalam kawasan Taman Wisata Alam Ruteng. Lo yang berkunjung ke sini bisa dibuat kagum dengan keunikan pohon berdaun pink. Orang sering menyebutnya mirip bunga Sakura di Jepang.

Biasanya setiap tahun, dalam bulan Juni hingga Agustus, pohon itu menyuguhkan daun berwarna pink. Pohon berdaun pink itu berada tak jauh dari Gunung Api Ranaka.

Selain pohon berdaun pink ada juga puncak Gunung Ranaka, bekas letusan api beberapa tahun lalu. Termasuk ada burung endemik khas Flores seperti burung hantu yang ada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Ruteng.

 

Source: https://www.liputan6.com/citizen6/read/763437/flores-pulau-bunga-yang-menakjubkan
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
Agung Sutrisno
Keindahan pulau kecil nam elok
Nasir Arsyad
Ty infox
Cecep Jajang
Gak ada dua nya kalau keindahannya
Sumardiyono
amaziiing
Bahar
Mantapppp
bahar22
Mantapppp
Bimo Waskito
Nusa nipa????????
Agus Sungkawa
Pulau Flores yang mengagumkan
Heni Oen
pengen kesana sptnya banyak tmp yg perlu di eksplore