Intip Sejumlah Fitur Canggih Setir Mobil F1

Para pencinta balapan Formula 1 atau F1 pasti sudah nggak asing dengan sejumlah tombol di setir mobil para pembalap. Bukan cuma hiasan, tombol-tombol ini ternyata punya fungsinya tersendiri, lho Mau tahu nggak apa saja sejumlah fitur canggih setir mobil F1? Kuy, kepoin info selengkapnya berikut ini, Superfriends!

Intip Sejumlah Fitur Canggih Setir Mobil F1

Mobil Formula-1 atau F1 memang dirancang khusus buat balapan, Superfriends. Jadi, jangan heran kalau secara tampilan, spesifikasi mesin, serta komponen penunjang lainnya sangat berbeda dari mobil pada umumnya dan terkesan eksklusif.

Perangkat kendali atau setir bisa dibilang menjadi salah satu bagian yang seringkali menjadi sorotan saat balapan disiarkan di televisi atau secara daring. Bentuknya setir mobil F1 pun lebih mirip console controller dengan banyak tombol-tombol khusus di beberapa bagiannya, Superfriends.

Maka dari itu, fungsi setir mobil F1 tentu bukan cuma buat mengendalikan roda ke kanan dan ke kiri, melainkan ada fungsi khusus yang menuntut pembalap pintar-pintar memainkan opsinya biar kecepatan mobil lebih optimal saat balapan.

Selain itu, kalau salah pun mobil bisa-bisa hilang kendali atau mengalami penurunan kecepatan, Superfriends. Daripada makin penasaran, mending intip dulu sejumlah fitur canggih setir mobil F1 yang dilansir dari laman IDN Times berikut ini!

Fungsi Masing-Masing Tombol

Intip Sejumlah Fitur Canggih Setir Mobil F1

Image source: crash.net  

Setir mobil F1 memang dipenuhi dengan tombol-tombol khusus nih, Superfriends. Bukan cuma hiasan, tombol-tombol ini punya fungsi yang sangat penting saat balapan, lho.

Kegunaannya pun sangat beragam, mulai dari indikator mesin, sampai urusan komunikasi bisa diatur dari tombol di setir mobil F1 ini. Seenggaknya, ada 18 sampai 25 tombol yang ada di setir mobil F1 ini, Superfriends. Berikut ini beberapa tombol dan juga fungsinya:

  • 10: Menunjukkan peta mesin
  •   ACK: Memantau perubahan pengaturan mesin mobil
  • BRKMAP: Mengatur keseimbangan saat melakukan pengereman
  • BBal--: Memperlambat pengereman
  • BBal+-: Mempercepat pengereman
  • Box: Menyampaikan pesan pembalap akan memasuki pit
  • DRS: Mengaktifkan keseimbangan sayap mobil
  • EB: Switch pemetaan pedal
  • HS: Mengontrol konsumsi oli
  • Mode: Pengaturan torsi mesin
  • MID: Pengaturan suplai bensin
  • N: Menetralkan posisi gigi
  • Oil: Membuka jalan oli ke tangki utama
  • PL: Mengaktifkan kecepatan maksimal dalam pit
  • R: Mengaktifkan atau mematikan sambungan radio
  • SOC: Mengontrol energi dari ERS
  • SOS: Tombol darurat
  • Tombol di bagian kanan bawah: Memantau keadaan ban

Peran Penting Sejumlah Tombol di Setir Mobil F1

Intip Sejumlah Fitur Canggih Setir Mobil F1

Image source: formula1.com     

Nggak cuma jadi indikator atau alat komunikasi doang, tombol-tombol di setir mobil F1 ini bisa berfungsi sebagai alat keselamatan juga, lho. Karena, para pembalap bisa melihat indikator temperatur mobil dari sini, Superfriends.

Jadi, mereka bisa tetap mengupayakan agar mobil tetap pada suhu normal dan jangan sampai terlalu panas, karena bisa berakibat fatal. Selain itu, para pembalap pun dituntut harus fokus biar reflek jarinya bagus dan nggak salah pencet tombol, Superfriends.

Harganya Fantastis

Canggihnya fitur tentu diimbangi dengan harga yang lumayan fantastis nih, Superfriends. Komponen elektronik yang rumit, dan fungsinya yang powerfull, membuat harga setir F1 menyentuh angka ratusan juta rupiah, lho.

Selain itu, setir ini juga menggunakan serat karbon dan titanium, jadi bobotnya lumayan ringan meskipun “dihinggapi” banyaknya tombol. Seenggaknya, buat satu unit setir mobil F1 dibanderol sekitar Rp 844 juta, Superfriends!

Nah, itulah sejumlah fitur canggih setir mobil F1. Kalau lo jadi pembalap F1, kira-kira tombol mana yang paling sering lo gunakan? Ceritakan di kolom komentar ya, Superfriends!

 

Referensi: https://www.idntimes.com/automotive/car/patrick-trusto-jati-wibowo/ulik-berbagai-fitur-canggih-di-setir-formula-1-yuk-intip/3
Gear Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
Para pencinta balapan Formula 1 atau F1 pasti sudah nggak asing dengan sejumlah tombol di setir mobil para pembalap yang sangat banyak
Nasir Arsyad
Makasih infox
Sumardiyono
amaziiing
Muhammad ridwan
Nice infonya
Karlina
Nice info
Bimo Waskito
Mobil keren ini mah
Agus Sungkawa
Fitur canggih d kendaraan jet darat
Bahar
Nice info
bahar22
Woowww keren
Senuadi Tandun
mwlihat tombolnya aja.udah rumit banget