Lokasi Terbaik Menyaksikan Hiu Paus di Dunia, Ada Indonesia!

Wisata menyaksikan hiu paus menjadi daya tarik buat wisatawan, apalagi lo juga bisa berenang bareng hiu paus ini. Kalau lo mau coba, cek dulu nih lokasi terbaik menyaksikan hiu paus yang ada di dunia, salah satunya juga ada di Indonesia, Superfriends!

Lokasi Terbaik Menyaksikan Hiu Paus di Dunia, Ada Indonesia!

Berwisata ke daerah pesisir tentu banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari snorkeling, diving, sampai berenang bareng hiu paus. Yup, wisata menyaksikan hiu paus ternyata menjadi salah satu daya tarik yang memberikan sensasi berbeda buat wisatawan. Lokasi wisatanya pun udah tersebar di beberapa tempat di dunia, bahkan juga di Indonesia.

Bicara soal hiu paus, hewan laut ini bahkan dianggap sebagai ikan terbesar di dunia. Para ilmuwan menganggap hiu paus sebagai salah satu vertebrata terbesar yang bukan mamalia. Hewan ini biasanya hidup di perairan tropis yang suhunya lebih dari 70 derajat Fahrenheit.

Penasaran di mana aja lokasi terbaik buat menyaksikan hiu paus di dunia? Berikut ini beberapa di antaranya.

Pantai Timur Afrika

Lokasi Terbaik Menyaksikan Hiu Paus di Dunia, Ada Indonesia!

Image source: facesofthesea.com    

Salah satu lokasi terbaik buat menyaksikan hiu paus terletak di negara-negara lepas pantai timur Afrika seperti Kenya, Mozambik, Djibouti, dan Tanzania. Di Mozambik sendiri lo bisa menyaksikan hiu paus pada bulan November hingga Februari, Superfriends.

Taman Laut Nasional Kepulauan Bazaruto menawarkan lokasi terbaik buat wisatawan yang mau menyaksikan hiu paus saat mereka makan. Selain itu, ada juga Pantai Tofo yang dihuni beberapa hiu paus.

Ada juga beberapa pusat penyelaman yang kasih pelayanan buat pengunjung yang mau berenang bareng hiu paus, Superfriends. Kalau berkunjung ke Madagaskar, lo bisa mengunjungi pusat penyelaman yang kasih pengalaman berenang bareng hiu paus tepatnya di Pulau Nosy Be.

Honduras

Lokasi Terbaik Menyaksikan Hiu Paus di Dunia, Ada Indonesia!

Image source: utila.online      

Lokasi terbaik lainnya yang bisa dikunjungi buat menyaksikan hiu paus adalah di Honduras, tepatnya di Pulau Utila. Yang unik dari pulau ini adalah lo bisa melihat hiu paus sepanjang tahun, Superfriends. Hiu paus biasanya akan berkumpul di dekat tepi utara pulau dan tinggal di perairan yang dalam.

Lo juga bisa mengunjungi Pusat Penelitian Hiu Paus dan Oseanik yang terletak di Utila, yang merupakan pusat pembelajaran tentang hiu paus di dunia. Selain Utila, hiu paus juga sering terlihat di lepas pantai Pulau Roatan di Karibia.

Ningaloo Reef, Australia

Lokasi Terbaik Menyaksikan Hiu Paus di Dunia, Ada Indonesia!

Image source: exmouthdiving.com.au      

Dibangun untuk melestarikan ekosistem laut, Taman Nasional Ningaloo di Australia juga menjadi lokasi terbaik buat melihat hiu paus, Superfriends. Hiu paus sering muncul di sana, khususnya di Ningaloo Reef yang menjadi tempat terbaik penyelaman dan berenang bareng ikan ini.

Taman Nasional Ningaloo sendiri terdaftar sebagai situs warisan dunia karena punya peran penting dalam melestarikan ekosistem laut. Lo juga bisa menyaksikan hiu paus di sekitar perairan Australia setiap bulan Maret hingga Juli karena pada saat itu ada peluang makanan yang disediakan karang.

Teluk Cendrawasih dan Gorontalo

Lokasi Terbaik Menyaksikan Hiu Paus di Dunia, Ada Indonesia!

Image source: ksmtour.com   

Nah, yang terakhir ada di negara sendiri nih, Superfriends. Indonesia nyatanya masih memiliki tempat habitat hiu paus yang masih dilestarikan sampai saat ini. Hiu paus bisa dilihat di sekitar Teluk Cendrawasih dan Gorontalo.

Teluk Cendrawasih sendiri disebut sebagai taman laut yang paling luas, sampai dijadikan tempat terbaik para ilmuwan untuk meneliti hiu paus. Selain itu, hiu paus juga sering muncul di Desa Kwantisore dan Desa Botubarani di Gorontalo.

Desa Botubarani dianggap menjadi wilayah yang paling mudah buat menemukan hiu paus. Buat menyaksikan hiu paus di lokasi ini, lo bisa menemukannya di bulan Desember hingga April, Superfriends.

Itulah beberapa lokasi terbaik buat menyaksikan hiu paus yang ada di dunia bahkan juga di Indonesia. Sebelum mencoba yang di luar negeri, lo bisa cobain yang ada di Indonesia dulu, Superfriends!

 

Source: https://www.idntimes.com/travel/destination/nurul-aulia/tempat-melihat-hiu-paus-exp-c1c2/5
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Endy Fredian Dinata
Kereeeennn
Hengky  kik
di indonesia juga ternyata ada spot buat menyaksikannya
Heni Oen
bangga dong..ternyata Indonesia the best
Senuadi Tandun
wajar karena negara kepulauan dan kaya akan beragam ikan dilaut
Muhammad ridwan
Nice infonya
Sumardiyono
wow amazing
arief
keren, tq infonya
wildan
keren tq infonya
Agus Sungkawa
Tetap waspada saat melihat dengan jarak dekat