Bouldering, Dari Metode Latihan Jadi Olahraga Ekstrem Baru

Tau nggak sih Superfriends, bouldering yang merupakan olahraga ekstrem ini awalnya adalah sebuah metode latihan dari rock climbing, lho. Gimana serunya olahraga bouldering? Langsung aja simak ulasannya!

Bouldering, Dari Metode Latihan Jadi Olahraga Ekstrem Baru

Kalau bicara soal rock climbing, pasti lo udah paham sama olahraga ekstrem yang mengharuskan lo untuk memanjat tebing batuan di lokasi yang memiliki kesulitan tertentu ini. Nah, dalam olahraga ini, ada sebuah metode latihan bernama bouldering, Superfriends. Berawal dari sebuah metode latihan, ternyata bouldering kini menjadi tren olahraga ekstrem baru.

Bouldering sendiri merupakan cara memanjat suatu jalur yang berisi minimal satu titik fokus kesulitan, tanpa menggunakan pengaman tali atau pengaman lainnya. Olahraga ini pun disebut lebih ekstrem dari rock climbing lho, Superfriends. Apa sih sebenarnya yang membuat bouldering lebih ekstrem dari rock climbing? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Batuan Boulder sebagai Media

Bouldering, Dari Metode Latihan Jadi Olahraga Ekstrem Baru

Image source: climbfitkirrawee.com     

Batuan beku boulder dengan dimensi yang besar biasanya menjadi media untuk bouldering, Superfriends. Namun, nggak semua batuan bisa dijadikan media bouldering, karena yang terpenting adalah karakteristik dan jenis batuannya.

Batuan beku yang ideal buat jadi media bouldering sendiri, sebagai contoh yang umum ditemukan adalah batuan beku granit yang punya karakteristik cenderung memiliki rekahan panjang, batuan gamping, dan batuan vulkanik.

Untuk batuan beku granit dan vulkanik dengan dimensi atau susunan yang ideal mungkin sedikit sulit ditemukan di Indonesia, jadi batuan gamping yang bisa dijadikan pilihan. Batuan gamping sendiri bisa ditemukan di Citatah Padalarang, Jawa Barat, yang menjadi lokasi favorit para rock climber.

Menggunakan Media Buatan untuk Bouldering

Bouldering, Dari Metode Latihan Jadi Olahraga Ekstrem Baru

Image source: gq.com.au     

Buat menemukan susunan batuan beku yang terjadi karena proses alami, pada umumnya terletak di lokasi yang sulit dijangkau, atau berada di daerah terpencil. Jadi sebagai alternatif, banyak yang telah membuat media yang dirancang hampir sama dengan kondisi aslinya.

Media ini dibangun dengan menggunakan dinding dari bahan panel kayu, panel semen polymer, cetakan beton, atau bahkan diambil dari batuan yang sebenarnya. Dimensi dan rute panjatan ini pun juga dirancang hampir sama seperti kondisi sebenarnya, seperti permukaan yang curam atau muka dinding yang menghadap ke bawah.

Kalau di negara yang udah sangat mengenal bouldering, pada umumnya membangun dinding buatan ini di dalam ruangan sebagai pusat pelatihan bouldering. Namun, yang jadi masalah dari dinding buatan ini adalah biaya yang diperlukan buat membangunnya cukup mahal, karena perlu ruangan yang sangat luas.

Persiapan Memulai Bouldering

Yang terpenting buat memulai olahraga ekstrem ini adalah lokasi dan media yang ideal. Setelah lo menemukan lokasi yang ideal, sebaiknya sertakan juga ahli yang bisa menganalisa karakteristik batuan yang mau dijadikan media bouldering.

Nggak hanya media utamanya aja, lo juga harus menggunakan peralatan pendukung. Seperti menggunakan sepatu khusus olahraga rock climbing, kantong kapur serta kapurnya supaya jari-jari nggak licin dan mengalami luka serius. Lo juga bisa menyiapkan carabiner dan tali buat rock climbing, tapi itu bisa disesuaikan dengan ketinggian yang bakal dijangkau.

Kalau merasa nggak akan terluka jika mengalami jatuh, maka peralatan seperti carabiner dan tali nggak terlalu diperlukan. Selain itu, siapkan juga matras tebal buat menghindari luka serius ketika terjatuh.

Olahraga ekstrem bouldering ini tentu sangat menantang adrenalin dan mengasyikkan kalau dilakukan bareng teman-teman yang juga suka olahraga menantang, Superfriends. Lo tertarik buat mencobanya?

 

Source: https://alevizone.com/bouldering-metoda-latihan-rock-climbing/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
LATIHAN DAN JAM TERBANG ADALAH KUNCI
Muhammad ridwan
Nice infonya
Sumardiyono
tanksinfonya
agung
tq info ya
Maulana Hasanudin
Nah ini olahraga keren
Heni Oen
Baru tau bouldering kini menjadi tren olahraga ekstrem
Senuadi Tandun
sptnya menarik dan tdk terlalu rawan
Bimo Waskito
Banyakin latihan kekuatan tangan sebeluk coba boulder
Agus Sungkawa
Buldering asik sih.. Tpi mnguras otot tangan hehehheh
Ricko Pratama Putra
Semangat Bro