Unik, Backyard Recycled Sulap Skateboard Bekas Jadi Kacamata

Frame kacamata yang terbuat dari kayu emang terlihat unik, namun ada yang bikin beda dari biasanya, yaitu yang terbuat dari skateboard bekas. Backyard Recycled menjadi label usaha yang menekuni bidang ini, Superfriends.

Unik, Backyard Recycled Sulap Skateboard Bekas Jadi Kacamata

Skateboard menjadi salah satu aktivitas yang digandrungi sama anak muda. Cara mainnya pun butuh skill serta kedinamisan gerak yang variatif dan berpola, Superfriends. Papan skateboard sendiri umumnya terbuat dari lapisan-lapisan kayu yang dilem dan memiliki lengkungan pada kedua ujung papan tersebut serta empat buah roda untuk meluncur. Karena terbuat dari kayu, papan skateboard pun rentan patah dan rusak.

Kalau biasanya papan skateboard yang patah dan rusak jadi barang yang nggak berguna, namun enggak bagi Ocky Chopin, Superfriends. Papan skateboard yang udah rusak ini bisa disulap menjadi frame kacamata yang unik dan menarik, inovasi ini bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang nggak terduga, lho!

Memulai Usaha pada Tahun 2014

Unik, Backyard Recycled Sulap Skateboard Bekas Jadi Kacamata

Image source: instagram.com/backyardrecycled   

Awal mula usaha ini dimulai pada tahun 2014, saat itu Ocky mendapat inspirasi setelah melihat kacamata kayu yang dijual oleh toko perlengkapan skateboard (skate shop). Toko tersebut menjual kacamata dengan harga yang relatif tinggi, yaitu sampai Rp 1 juta per itemnya. Dan kacamata-kacamata tersebut merupakan barang impor.

Dari hal tersebut, Ocky berupaya menciptakan sebuah produk yang serupa namun dibuat dengan bahan papan skateboard rusak miliknya. Usaha ini pun nggak nanggung-nanggung, kacamata yang dijual bisa menghasilkan omzet sampai Rp 10 juta per bulannya pada tahun 2019 lalu. Bahkan, produk ini udah tembus sampai pasar Amerika Serikat, Superfriends!

Kesulitan yang Dihadapi

Unik, Backyard Recycled Sulap Skateboard Bekas Jadi Kacamata

Image source: instagram.com/backyardrecycled    

Namun, dalam membuat usaha ini pun awalnya nggak gampang. Membuat kacamata dari kayu nggak mudah, bahkan Ocky terus-menerus bereksperimen untuk membuat kacamata dari kayu terutama dari papan skateboard.

Bahkan, Ocky juga sempat melupakan tujuannya dalam membuat kacamata kayu dan hanya membuat aksesori seperti kalung, anting, dan cincin aja. Namun, seiring dengan bisnis aksesori kayunya tersebut berjalan, Ocky kembali meluruskan niatnya dalam membuat kacamata kayu setelah mendapat modal tambahan yang kala itu sekitar Rp1,5 juta.

Nyatanya, bisnis ini emang butuh perjalanan panjang, Ocky butuh waktu 2 tahun buat belajar dan benar-benar memulai bisnis di Backyard Recycled. Ia baru benar-benar terjun di bisnis ini pada tahun 2016.

Proses Pembuatan Kacamata Kayu

Ocky biasa mendapatkan bahan bakunya yakni papan skateboard rusak dengan mudah, bahkan ia bisa mendapatkan papan rusak ini hanya dengan barter kacamata, atau malah mendapat sumbangan dari rekan-rekan di komunitas skater.

Untuk menjadi sebuah kacamata, butuh sejumlah proses panjang yang harus dilewati. Mulai dari membuat pola, memotong papan skateboard, memotong sesuai desain kacamata, dan selanjutnya dihaluskan.

Sebelum dirakit menjadi kacamata, potongan tersebut juga melalui proses pewarnaan. Menariknya, nggak ada proses pengecatan dalam tahap ini, Ocky justru memanfaatkan warna asli dari papan skateboard tersebut. Papan skateboard sendiri biasanya memiliki 7 layer dan tiap layernya punya warna berbeda.

Bisa Custom Sesuai Keinginan

Setiap minggunya, kira-kira Ocky bisa menghasilkan 7 kacamata. Untuk harganya sendiri, kacamata kayu tersebut dibanderol dengan harga di kisaran Rp 600 ribu hingga Rp 750 ribu. Konsumen juga bisa memesan lensa sesuai keinginannya, tapi tentu ada biaya tambahan yang disesuaikan dengan lensa tersebut. Menariknya, lo juga bisa custom frame kacamata dengan nama lo di tangkai frame-nya.

Mengenai pemasaran produk, Ocky mengandalkan media sosial Instagram. Nah, buat lo yang tertarik mau punya kacamata dari kayu papan skateboard ini, bisa langsung main-main ke akun @backyardrecycled. Menarik dan keren banget kan usahanya, Superfriends?

 

Source: https://indiemarket.news/backyard-recycled-sulap-papan-skateboard-jadi-frame-kacamata/
Trending Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
DEVI TRI HANDOKO
Skateboard menjadi salah satu aktivitas yang digandrungi sama anak muda dari dulu hingga sekarang
Dewandaru Krisna Wisnu
Thanks info
Maulana Hasanudin
Unik tp keren juga
Senuadi Tandun
kreatif kudu diikuti nih
Nasir Arsyad
Kereen infox
Sumardiyono
nice infonya
Heni Oen
Kreatif memanfaatkan barang bekas
Muhammad ridwan
Nice infonya
arief
wow kreatifitas yg tinggi