Sudah Tahu Belum di Merauke Ada Kembaran Markas Avengers?

Destinasi wisata di Merauke banyak yang keren-keren. Kalau lo lagi traveling ke sana jangan lupa mampir ke Monumen Kapsul Waktu, bangunannya mirip kayak markas di film Avengers, Superfriends!

Sudah Tahu Belum di Merauke Ada Kembaran Markas Avengers?

Monumen ini simbol modernitas Indonesia yang ada di ujung timur Indonesia. Nggak cuma itu aja, lokasi ini jadi penanda sinar matahari menyinari Kepulauan Indonesia berawal dari Tanah Papua yang letaknya di ujung paling timur RI.

Menyimpan Pesan dan Harapan Anak

Sudah Tahu Belum di Merauke Ada Kembaran Markas Avengers?

Image source: radioidola.com   

Luas monumen ini adalah 2,5 hektar. Lokasinya nggak jauh dari Bandara Mopah. Jadi kalau dilihat dari pesawat yang mau mendarat tampak jelas kemegahan bangunan ini.

Menariknya, ini bukan monumen biasa. Di dalam menyimpan pesan-pesan dan harapan anak Indonesia untuk 2015 sampai 2085 atau 70 tahun ke depan. Jadi sejak tahun 2015 lalu, monumen kapsul ini sudah mencatat mimpi-mimpi para anak melalui ekspedisi yang melintas 34 provinsi.

Kalau dilihat dari mata elang alias udara, bangunan Monumen kapsul waktu ini mirip dengan ikon Avengers yang huruf A besar itu. Tapi, sebenarnya bangunan ini apa sih?

Monumen ini adalah sebuah bangunan tugu yang terinspirasi dari menara perang suu Dani. Bangunan ini memiliki lima akses masuk bangunan yang keseluruhannya merepresentasikan lima suku asli Merauke. Lima suku itu antara lain Malind, Muyu, Mandobo, Mappi, dan Auyu.

Ukuran Monumen Kapsul Waktu bisa dibilang sih lumayan besar yakni sekitar lebar 17 m, tinggi 8 m, dan panjang 45 m. Dan kerennya, ukuran bangunan ini dibuat nggak asal-asalan lho, tapi ada filosofinya.

Makna Kemerdekaan

Sudah Tahu Belum di Merauke Ada Kembaran Markas Avengers?

Image source: ciptakarya.pu.go.id      

Monumen Kapsul Waktu di Merauke ini diresmikan sama Pak Presiden Jokowi tahun 2015 lalu. Bangunan ini kelihatan megah dan istimewa. Apalagi punya makna besar soal kenegaraan. Jadi, ukuran bangunan ini merepresentasikan tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia. 

Coba deh lo lihat lagi, ukuran bangunannya 17 meter yang mana ini adalah tanggal kemerdekaan Indonesia, terus tingginya 8 meter. Itu juga bulan kedelapan dalam satu tahun yakni bulan Agustus. Terus panjangnya 45 meter, ini adalah tahun kemerdekaan Indonesia. Keren kan?!

Bagian dalam monumen ini diisi dengan relief mengenai perjalanan Republik Indonesia, Pancasila, serta kebudayaan Papua. Karena kemegahannya, Monumen Kapsul Waktu jadi destinasi wisata dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi kreatif.

Kapsul Waktu ini bakal dibuka kembali pada 70 tahun mendatang sejak 2015. Artinya, si kapsul ini bakal dibuka tahun 2085. Hasil karya generasi 4.0 berisi pesan-pesan untuk generasi 5.0 di tahun 2085.

Harapan dari adanya monumen kapsul waktu ini juga supaya pesan dan harapan dari generasi 4.0 di Markas Avengers bisa sampai ke generasi 5.0. Di mana pada kehidupan mendatang itu berpusat pada manusia yang berbasis pada. Termasuk ada peran-peran manusia yang tergantikan oleh kehadiran robot cerdas tetap berpegang spiritualitas dan berkebudayaan Indonesia.

 

Source: https://www.merdeka.com/peristiwa/apa-itu-monumen-kapsul-waktu.html?page=all
Trending Beginner Extreme solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Dewandaru Krisna Wisnu
Thanks infonya
Rdh
Kereeeen
Maulana Hasanudin
Keren pisan
Agung Sutrisno
Kelak akan jadi cerita sejarah buat anak cucu
Senuadi Tandun
mantap keren juga nih
Nasir Arsyad
Waaooo..amazing
Sumardiyono
amaziiinh wow
Heni Oen
Wah pemasaran isi kantornya spt apa
Muhammad ridwan
Nice infonya
Ahmad Juhanda
Nice info