Kemegahan Hutan Terbesar dengan Satwa Endemiknya di Indonesia

Indonesia dikenal sama kekayaan alamnya yang melimpah, termasuk banyaknya hutan-hutan besar dengan satwa endemiknya yang istimewa. Penasaran sama hutan terbesar di Indonesia, Superfriends? Langsung aja simak ulasannya!

Kemegahan Hutan Terbesar dengan Satwa Endemiknya di Indonesia

Hutan-hutan di Indonesia dikenal punya keistimewaan tersendiri, yaitu menjadi habitat bagi berbagai satwa endemik yang eksotis. Kalau hutan terbesar di dunia menjadi predikat yang dimiliki hutan Amazon, hutan di Papua dan di Borneo menjadi salah satu hutan terbesar di Asia Tenggara. Wilayah hutan tersebut memiliki bentang rimba terbesar, Superfriends.

Hutan hujan tropis di Indonesia dikenal sebagai yang terluas di wilayah Asia Tenggara, dengan berbagai kekayaan alam berupa flora, fauna, dan berbagai jenis satwa endemik lainnya. Inilah yang menjadi daya tarik pesona keindahan Indonesia.

Lantas, di mana aja sih hutan terbesar di Indonesia dengan satwa endemiknya yang istimewa? Berikut ini beberapa di antaranya.

Hutan Papua

Kemegahan Hutan Terbesar dengan Satwa Endemiknya di Indonesia

Image source: econusa.id

Hutan Papua emang nggak semua wilayahnya berada di Indonesia, tapi bisa dikatakan bahwa hutan Papua Nugini dan hutan Papua atau Irian Jaya punya selisih yang signifikan dalam hal luas wilayah. Nah, salah satu satwa cantik yang mendiami hutan Papua adalah burung cendrawasih, Superfriends.

Burung yang punya bentuk, warna, dan pesona luar biasa ini menjadi satwa endemik hutan Papua. Burung ini juga punya beberapa jenis dan tersebar di hutan Irian Jaya, Papua Nugini, hingga Australia. Namun, jenis yang paling menarik konon hanya ada di hutan Papua yang menjadi hutan terluas di Indonesia.

Hutan Borneo

Kemegahan Hutan Terbesar dengan Satwa Endemiknya di Indonesia

Image source: tribunnews.com 

Hutan di Indonesia lainnya yang juga dikenal menjadi hutan paling luas ada di pulau Kalimantan, yaitu tepatnya di Hutan Borneo. Tempat ini menjadi kawasan rimba belantara yang punya pesona luar biasa di dalamnya, Superfriends.

Hutan di Kalimantan juga dikenal akan keberadaan suku Dayak, adanya pohon ulin raksasa terbesar di dunia, dan juga yang paling familiar adalah satwa endemiknya yaitu orang utan. Orang utan sendiri merupakan salah satu primata yang dikatakan punya cukup banyak kesamaan dengan manusia, Superfriends.

Hutan Sulawesi

Kemegahan Hutan Terbesar dengan Satwa Endemiknya di Indonesia

Image source: mongabay.co.id         

Hutan di Pulau Sulawesi pun menjadi habitat satwa endemik yang nggak kalah eksotisnya dari hutan-hutan lainnya di Indonesia. Nah, yang satwa endemik hutan Sulawesi yang paling terkenal adalah anoa. Kalau lo pernah mendaki ke gunung Latimojong di Sulawesi, maka lokasi ini jadi salah satu habitat anoa yang bisa dijumpai.

Sayangnya, populasi hewan ini menurun sangat drastis. Ada berbagai hal yang jadi penyebab utama mengapa jumlah anoa semakin berkurang. Seperti aktivitas perburuan, perambahan hutan, hingga tingkat reproduksi yang rendah (anoa hanya melahirkan satu ekor anak setiap masa reproduksi).

Hutan Pulau Jawa

Beralih ke pulau Jawa, ada beberapa satwa endemik yang mendiaminya, misalnya di Taman Nasional Ujung Kulon. Lokasi ini terkenal sebagai habitat badak bercula satu. Tapi, kalau dilihat satwa endemik yang mendiami hampir keseluruhan hutan terluas di pulau Jawa, maka Elang Jawa adalah yang paling ideal mewakilinya.

Elang Jawa sendiri secara simbolik diadaptasikan menjadi lambang negara Indonesia berupa burung garuda. Dalam kehidupan nyatanya, elang jawa emang dikenal sangat tangguh, Superfriends. Sarang elang jawa umumnya berada di hutan primer yang berlereng dan masih luas.

Hutan Bukit Barisan

Yang terakhir, hutan ini punya satwa endemik yang bisa dibilang paling eksotis dan paling berbahaya, Superfriends. Yup, Hutan Bukit Barisan menjadi hutan terluas di pulau Sumatra dan menjadi habitat bagi satwa endemik harimau Sumatra.

Harimau Sumatra sendiri punya keistimewaan yang berbeda dari harimau lainnya, yaitu ukuran tubuhnya yang kecil, bahkan jika dibandingkan dengan harimau jawa dan harimau bali yang udah punah sekalipun. Satwa ini juga punya kemampuan bertahan hidup di mana aja, baik di dataran rendah maupun pegunungan.

Nah, itu tadi beberapa hutan terbesar di Indonesia yang menjadi habitat bagi satwa endemik yang eksotis. Sayangnya, beberapa satwa eksotis tersebut udah mulai terancam dengan kepunahan, Superfriends.

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/wow-ini-5-hutan-terbesar-di-indonesia-dengan-satwa-endemik-paling-istimewa
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

19 COMMENTS

SHARE
Maulana Hasanudin
Amazing indonesia
Amirul Bahri
Wajib dijaga dan dilestarikan
Heni Oen
Indonesia memang kaya sayangnya tidak dijaga dan dirawat dengan benat
Senuadi Tandun
mumpung belum terlambat edukasi ke penduduk setempat agar ikut menjaga
Nasir Arsyad
Sangat indah..ty infox
Sumardiyono
nice infonya
Muhammad ridwan
Nice infonya
arief
salah satu kekayaan alam negara kita, mari kita jaga dan lestarikan hutan kita
wildan
berharap tidak ada lagi hutan yg terus di babat agar keseimnangan alam tetap terjaga
agung
tq info ya