Lokasi Rock Climbing Paling Populer dan Bersejarah di Dunia

Banyak lokasi buat melakukan rock climbing yang jadi favorit para climber di dunia. Tapi, kira-kira di mana ya lokasi yang paling populer dan paling bersejarah? Langsung aja cari tau beberapa lokasinya berikut ini!

Lokasi Rock Climbing Paling Populer dan Bersejarah di Dunia

Buat yang suka melakukan aktivitas panjat tebing atau rock climbing, tentu punya lokasi favorit buat menjajal kegiatan ekstrem tersebut. Beberapa lokasi rock climbing yang populer di Indonesia sendiri antara lain Tebing Citatah, Gunung Parang, Bukit Kelam, dan Lembah Harau. Ternyata, lokasi populer yang menjadi sejarah awal rock climbing adalah pegunungan Mont Blanc di Eropa, Superfriends.

Dalam ruang lingkup internasional, banyak juga beberapa lokasi rock climbing yang populer dan bahkan disebut menjadi surganya para climber. Penasaran di mana aja lokasi bersejarah yang populer di kalangan climber? Berikut ini informasi selengkapnya.

Kalymnos, Yunani

Lokasi Rock Climbing Paling Populer dan Bersejarah di Dunia

Image source: 57hours.com  

Lokasi ini konon menjadi tempat yang paling ramai dikunjungi para climber setiap tahunnya, Superfriends. Kalymnos di Yunani, punya berbagai rute yang cocok buat pemula yang baru mau coba panjat tebing sampai yang udah profesional sekalipun.

Ada sekitar 3.000 rute panjat di Kalymnos yang bisa dicoba, rute ini terbagi dalam kategori grade paling rendah hingga yang paling sulit. Rock climbing sendiri bisa dilakukan sepanjang tahun tanpa bergantung pada musim tertentu. Namun, peak season di lokasi ini pada umumnya bertepatan sama musim liburan.

Dolomites, Italia

Lokasi Rock Climbing Paling Populer dan Bersejarah di Dunia

Image source: ukclimbing.com  

Salah satu lokasi panjat tebing ini juga menjadi tempat istimewa dan bersejarah yang melahirkan para  pemanjat tebing terbaik dunia, yaitu di Dolomites, Italia. Lokasi ini memiliki banyak rute panjat tebing dengan pemandangan indah yang siap buat ditaklukkan. Bahkan Dolomites menjadi rumah bagi tebing-tebing populer seperti Marmolada, Tre Cime di Lavaredo, dan Cinque Torri.

Yang bikin tempat ini semakin istimewa adalah para legenda sejarah rock climbing seperti Emilio Comici dan Riccardo Cassin, menjadikan Dolomites sebagai lokasi favorit mereka. Selain itu, Dolomites juga menawarkan pesona padang rumputnya yang hijau, hingga latar belakang gunung salju yang putih. Semua ini bisa lo nikmati sembari bertualang, Superfriends.

Squamish, Kanada

Lokasi Rock Climbing Paling Populer dan Bersejarah di Dunia

Image source: squamishchief.com      

Berlokasi di Kanada, Squamish menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi pencinta aktivitas outdoor, Superfriends. Di seluruh Squamish sendiri ada sekitar 1.500 rute panjat tebing yang bisa dijelajahi. Rute-rute ini pada umumnya punya grade medium hingga mahir, tapi ada juga kok buat pemanjat pemula.

Selain panjat tebing, di sini lo juga bisa menemukan pilihan aktivitas bouldering dengan 2.500 rute pilihan. Menariknya lagi masih banyak aktivitas petualangan lain yang bisa lo coba di Squamish, seperti kiteboarding, wind surfing, dan lain sebagainya.

Yosemite, Amerika Serikat

Yosemite bisa dibilang menjadi tempat yang sangat kental dengan sejarah dunia panjat tebing, Superfriends. Udah banyak pemanjat tebing terbaik dunia yang menekuni aktivitas ekstrem ini selama bertahun-tahun di sini.

Seperti halnya lokasi tebing Parang dan Citatah yang menjadi basis pelatihan utama panjat tebing bagi orang Indonesia, maka Yosemite adalah rekomendasi utama buat klub pendakian gunung dan pencinta alam di Amerika dalam hal panjat tebing atau rock climbing.

Patagonia, Chili

Kalau dilihat dari kesulitan sama grade, Patagonia di Chili menjadi lokasi yang lebih sulit buat didaki, Superfriends. Karena tebing-tebing di Patagonia umumnya bukan buat para pemula. Selain itu, lo juga butuh kombinasi skill yang mumpuni antara rock climbing, dengan pendakian salju (snow climbing), serta pendakian es (ice climbing).

Namun kalau bicara soal popularitas, Patagonia nggak seramai Yosemite atau Kalymnos. Di tempat ini ada ratusan rute pendakian yang punya grade yang beragam, mulai dari medium sampai yang paling sulit dan advance.

Itulah beberapa lokasi rock climbing paling populer dan bersejarah di dunia. Mana nih lokasi yang jadi incaran lo, Superfriends?

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/5-tempat-yang-menjadi-surga-sejarah-rock-climbing-di-dunia
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
wah yang yunani terjal banget
Senuadi Tandun
Amazing liat aja udah lutut udah lemes
Nasir Arsyad
Sangat menantang..ty infox
Sumardiyono
wow amazing
Muhammad ridwan
Nice infonya
agung
tq info ya
Maulana Hasanudin
Yang takut ketinggian harap mundur
bahar22
Nice info
Karlina
Nice info
Agung Sutrisno
lokasi favorit buat menjajal kegiatan ekstrem