Ide Bisnis Dari Bidang Fotografi, Cuan Nih!

Hobi memotret ternyata juga bisa menjadi potensi bisnis yang lumayan cuan lho, Superfriends. Apalagi kalau lo sudah punya banyak pengalaman memotret atau portofolio yang keren. Lantas, apa saja ide bisnis dari bidang fotografi? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Ide Bisnis Dari Bidang Fotografi, Cuan Nih!

Setiap hobi memang selalu memunculkan potensi bisnis yang lumayan menggiurkan, Superfriends. Salah satunya yaitu hobi memotret atau fotografi yang banyak digandrungi banyak kalangan.

Nggak cuma satu, seni menggambar cahaya ini memunculkan banyak potensi yang bisa lo "mainkan", Superfriends. Berikut ini beberapa ide bisnis dari bidang fotografi yang lumayan menjanjikan!

Fotografer Makanan

Ide Bisnis Dari Bidang Fotografi, Cuan Nih!

Image source: tipsfotografi.net  

Mungkin ada sebagian orang yang berkomentar “makanan kok difoto?”. Padahal, nyatanya saat ini bisnis fotografi makanan sudah sangat menjamur, Superfriends. Sebab, seiring bertambahnya restoran atau tempat makan yang buka, bisnis fotografi yang satu ini pasti bakal selalu ramai.

Memotret makanan memang terlihat sepele, tinggal foto makanan yang sudah disediakan lalu foto menggunakan smartphone atau kamera DSLR. Tapi, menghasilkan foto makanan dengan kualitas tinggi dan layak dipajang di web resmi, sosial media (sosmed) atau daftar menu nggak segampang itu, Superfriends.

Berbagai macam teknik lighting, komposisi unik dan teknik lainnya untuk membuat makanan tampak nikmat, harus lo kuasai saat memotret hidangan yang ada. Maka dari itu, lo wajib banget mempelajari sejumlah teknik ini sebelum mencoba ide bisnis dari bidang fotografi yang satu ini, Superfriends!

Foto Wedding dan Prewedding

Ide Bisnis Dari Bidang Fotografi, Cuan Nih!

Image source: brides.com    

Ide bisnis dari bidang fotografi selanjutnya yaitu ada wedding dan prewedding yang bisa dibilang sering menjadi batu loncatan kebanyakan fotografer buat terjun ke dunia profesional, Superfriends.

Meskipun kebanyakan orang sudah memiliki kamera, namun kebutuhan jasa foto wedding dan prewedding profesional buat mengabadikan momen berharga dalam hidup ini selalu dilirik. Wajar sih, mengingat semua orang pasti pengin momen pernikahannya bisa dikenang sampai hari tua.

Maka dari itu, jangan sia-siakan ide bisnis dari bidang fotografi yang satu ini, Superfriends!

Fotografer Still Photo Buat Iklan Komersial

Ide Bisnis Dari Bidang Fotografi, Cuan Nih!

Image source: brianpaulstudios.com   

Lo paham kan, apa itu still photo? Jenis fotografi yang memotret benda mati sampai kelihatan kece ini memang banyak digunakan di berbagai iklan sosmed, poster, atau bahkan baliho dan billboard, Superfriends.

Banyak kesamaan memang dengan fotografer makanan, bedanya untuk food tadi, tentu benda yang dipotret hanya sebatas makanan, sedangkan buat still photo komersial ini lo bisa memotret apa saja, mulai dari botol obat sampai motor kesayangan sehingga tampil lebih garang, Superfriends!

Jualan Foto Online

Mau dapetin pendapatan pasif dari foto-foto yang dihasilkan? Berarti, lo cocok banget buat bisnis jualan foto online, Superfriends. Lo bisa coba untuk menawarkannya kepada konsumen atau orang yang membutuhkan.

Sebab, pasti ada banyak orang yang butuh foto dengan kualitas tinggi, entah itu buat di web, sosmed, ataupun media lainnya. Dalam hal ini konsumen bisa membeli lisensi foto, artinya setelah dibeli mereka bebas untuk menggunakannya, Superfriends.

Beda lagi dengan situs layanan jual-beli foto online, kayak 500px.com, Shutterstock.com dan lain sebagainya. Biar lebih jelas, lo bisa baca terlebih dahulu syarat dan ketentuannya, Superfriends.

Biasanya, foto-foto yang dilirik konsumen selain foto yang berkualitas tinggi, ada juga aspek relevansi atau kesesuaian dengan kebutuhan mereka. Misalnya, lo bisa lihat beberapa situs berita dan melihat foto-foto yang ditampilkan.

Umumnya, kalau bukan foto asli karya wartawannya, ada juga foto-foto yang dipakai sebagai ilustrasi, foto seperti itulah yang berpotensi untuk “laku keras”. Tentunya nggak menutup kemungkinan jenis foto lain juga bisa laku ya, Superfriends.

Nah, itulah beberapa ide bisnis dari bidang fotografi yang lumayan menjanjikan. Mana yang paling lo favoritkan, Superfriends? Atau, punya ide bisnis dari bidang fotografi lainnya yang belum masuk dalam daftar di atas? Sila tambahkan di kolom komentar, ya!

 

Referensi: https://www.saveseva.com/10-ide-bisnis-fotografi/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Nasir Arsyad
Info menarik
Heni Oen
Skill dan modal karena lumayan
Muhammad ridwan
Nice infonya
Sumardiyono
tanks infonya
Maulana Hasanudin
Cocok nih
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Fotografi memng menguntungkan
Bahar
Nice info