Belajar Bisnis dengan Pendekatan Komunitas dari Mujiono Cycling Caps

Buat memulai bisnis itu nggak gampang. Lo harus punya ide dan gagasan, sama target market yang dituju. Kalau punya modal gede, bisnis apa aja bisa dijalanin. Tapi, kalau bisa memulai bisnis dari hal yang sifatnya personal dan kesukaan, kenapa harus memulai dari hal yang jauh?

Belajar Bisnis dengan Pendekatan Komunitas dari Mujiono Cycling Caps

Ini juga nih yang dijalanin sama teman-teman dari Mujiono Cycling Caps alias Mujiono CC alias MCC. Lo yang hobi bersepeda pasti sudah nggak asing deh sama Mujiono Cycling Caps. Memulai dari tahun 2015, sampai sekarang Mujiono Cycling Caps  masih jadi buruan para pesepeda.

Maklum aja nih, cycling caps sudah jadi satu kesatuan dari culture bersepeda. Tapi, tetap ya, helm jangan sampai kelewat. Demi keselamatan. Jadi bersepeda bukan cuma 'gaya' tapi juga aman dan selamat.

Nah, balik lagi nih soal Mujiono Cycling Caps. Adalah Faisal Baso yang menggagas lahirnya topi sepeda yang sampai sekarang masih diminati teman-teman gowes. Ide awalnya sederhana, passion.

Nggak gampang buat memilih jalan berdasarkan kesukaan. Tapi dijalani dengan tulus dan konsisten, buah kerja keras itu bakal terasa manis.

Hobi Berpeseda dan Suka Topi

Belajar Bisnis dengan Pendekatan Komunitas dari Mujiono Cycling Caps

Image source: mujiono.cc   

Faisal di awal-awalnya bergerak sendiri membangun Mujiono Cycling Caps. Ide awalnya karena suka bersepeda dan kebetulan Faisal juga suka sama topi. Akhirnya tercetuslah buat produksi Cycling Caps ini.

Faisal negbangun Mujiono Cycling Caps dari nol. Bisa dibilang waktu dan godok ide dihabiskan di meja kerjanya dan di depan mesin jahit. 

Riset produk dia lakukan sendiri. Bahkan nih ya, belajar desain dan menjahit juga cuma bermodal video di YouTube. Selama satu setengah bulan ide sampai keahliannya menjahit akhirnya matang.

Produk awalnya sudah pasti nggak sempurna. Namanya belajar otodidak, jahitan yang tadinya mencong-mencong sekarang jadi proses manis. Dan, itu dia simpan jadi catatan sejarah dan jejak lahirnya Mujiono Cycling Caps.

Dari Komunitas, Buat Komunitas

Belajar Bisnis dengan Pendekatan Komunitas dari Mujiono Cycling Caps

Image source: mujiono.cc   

Masuk di tahun 2016, Mujiono Cycling Caps mulai menjual produknya buat komunitas. Responsnya positif dan permintaan buat Cycling Caps mendadak naik.

Pada tahun lalu ada ratusan artikel Cycling Caps yang sudah diproduksi. Kalau sekarang sih besar kemungkinan jumlah produk yang digarap makin banyak.

Bagi Faisal, penting memiliki sebuah produk yang dekat dengan komunitas. Hal yang bisa didapat adalah feedback dari pesepeda. Dia bisa tahu mana bagian yang kurang sampai akhirnya dievaluasi. Ujung-ujungnya perbaikan kualitas produk. Dan, pastinya itu bagus untuk segi bisnis dan selling point yang juga bisa jual. 

Komunitas sepeda bagi Fasial punya andil besar dalam kesuksesan Mujiono Cycling Caps. Pertumbuhannya organik dari komunitas. Awalnya mungkin dari mulut ke mulut sampai akhirnya meluas ke komunitas sepeda seluruh Indonesia. Respect!

 

Source: https://www.mldspot.com/inspiring-people/bersepeda-dengan-stylish-pakai-mujiono-cycling-cap
Trending Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Nasir Arsyad
Ty infox
Ahmad Juhanda
Nice info
Fajar Satritama
Gilaaa keren bangettt nih
Senuadi Tandun
semenjak pademi bisnis sepeda dan aksesoris meningkat
Bimo Waskito
Nice article
Cecep Jajang
Bisnis sepeda menjanjikan
Agus Sungkawa
Dari komunitas untuk komunitas
Agus Sungkawa
Komunitas speda menjadikan banyak teman
arief
terimaksih infonya
wildan
keren infonya