3 Cara Praktis Dapetin Cuan dari Solo Traveling

Ternyata, solo traveling juga bisa menghasilkan cuan, lho. Bayangkan, liburan lo nggak lagi menghabiskan tabungan, melainkan bisa menjadi penghasilan tambahan, Superfriends. Mau tahu nggak apa saja 3 cara praktis ubah solo traveling jadi cuan? Simak jawaban lengkapnya berikut ini!

3 Cara Praktis Dapetin Cuan dari Solo Traveling

Solo traveling bisa dibilang punya tantangan yang agak beda dari liburan pada umumnya nih Superfriends. Memang sih, lo bisa bebas menentukan segala sesuatu dalam itinerary sesuka hati. Tapi, lo juga harus menghadapi semua tantangan saat traveling sendirian!

Wajar saja, kalau aktivitas traveling ini cuma disukai oleh orang-orang tertentu, khususnya yang suka akan tantangan dan hal baru, Superfriends. Tapi, ternyata solo traveling juga bisa jadi sumber penghasilan tambahan lho.

Kalau lo hobi dan berminat, maka lo bisa coba terapkan 3 cara praktis ubah solo traveling jadi cuan berikut ini, Superfriends!

1. Buat Video Kece dan Jadilah Travel Vlogger

3 Cara Praktis Dapetin Cuan dari Solo Traveling

Image source: indulgexpress.com   

Saat menjalani solo traveling, pasti ada berbagai macam hal menarik yang bakal lo lewati, Superfriends. Nah, lo bisa banget membagikan momen-momen menarik ini dalam dokumentasi video, lalu bagikan ke dunia maya lewat platform YouTube atau yang kini akrab disebut travel vlogger.

Dengan begini, lo bisa menghasilkan cuan lewat Adsense, endorsement atau kerja sama lainnya, Superfriends. Buatlah video se-kece mungkin dan sampaikan informasi sebanyak-banyaknya, biar penonton subscribers dan viewers lo semakin banyak.

Semakin banyak subscribers dan viewers, pasti uang yang dihasilkan pun bakal semakin banyak juga. Pastikan video-video yang lo unggah sudah dimonetisasi, biar pihak YouTube bisa memasang iklan dan lo bisa mendapatkan penghasilan tambahan, Superfriends.

Buat menjadi seorang travel vlogger dengan penghasilan yang “lumayan”, lo harus aktif mengunggah video ke YouTube. Dengan begitu, subscribers dan viewers lo bisa terus bertambah dan akun YouTube lo bisa cepat populer, Superfriends.

Tapi, buat sampai ke tahap ini tentu ada banyak banget proses yang wajib lo lewati, kecuali lo sudah terkenal sebelum menjadi travel vlogger, misalnya kayak selebgram. Kalau lo rajin dan serius, video traveling lo pasti bisa jadi sumber cuan yang lumayan deh, Superfriends.

2. Buatlah Artikel dan Foto Traveling, Lalu Jual ke Media

3 Cara Praktis Dapetin Cuan dari Solo Traveling

Image source: krazom.com 

Bisa menulis dan memotret tentu kelebihan bagi seorang traveler. Bahkan, kemampuan ini bisa menghasilkan uang bila ada media yang bersedia membayar tulisan-tulisan dan foto-foto destinasi wisata yang lo kunjungi.

Jadi, coba hubungi kenalan atau teman yang bekerja di media atau punya relasi dengan media. Sampaikan dan tunjukkan bahwa lo punya hobi solo traveling dan punya kemampuan untuk menulis dan mengambil foto yang bagus tentang destinasi wisata yang lo kunjungi.

Siapa tahu ada yang tertarik dan bisa menjadi sumber rezeki baru buat lo. Kesempatan buat lo untuk bisa menjadi freelancer khusus artikel travel di media.

3. Open Jastip, Tawarkan Produk Khas Daerah

3 Cara Praktis Dapetin Cuan dari Solo Traveling

Image source: jingdaily.com     

Cara praktis ubah solo traveling jadi cuan yaitu cobalah buat open jasa titip atau jastip, Superfriends. Nggak harus ke luar negeri kok, lo tetap bisa open jastip saat traveling ke berbagai daerah di Nusantara dengan menawarkan produk khas daerah lo kunjungi.

Pasalnya, setiap daerah di Indonesia pasti punya banyak produk khas, baik itu makanan, kerajinan tangan, pakaian, atau benda lainnya yang sulit ditemukan di daerah lain. Nah, ini bisa banget lo manfaatkan jadi sumber penghasilan dengan cara open jastip saat solo traveling, Superfriends.

Apalagi, saat solo traveling lo lebih leluasa mengatur waktu, jadi lo lebih gampang membeli berbagai macam barang titipan konsumen. Beda halnya, saat traveling bersama teman atau orang dekat, lo harus berdiskusi dulu kalau melakukan segala sesuatu di luar itinerary perjalanan, Superfriends.

Satu hal yang wajib banget lo perhatikan dalam bisnis ini yaitu jangan sampai kelebihan bagasi. Kalaupun harus membayar kelebihan, jangan sampai rugi. Kalau lo traveling ke luar negeri, hindari bermasalah dengan bagian imigrasi. Jadi, jangan sampai kelebihan ya, Superfriends!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/travel/cara-ubah-solo-traveling-jadi-sumber-rejeki-75814
Tips Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Maulana Hasanudin
Mantap tipsnya
Sumardiyono
Amaziing
Heni Oen
good idea nih
Senuadi Tandun
hasil foto bisa dijual bahkan ikut kontes nih
Nasir Arsyad
Ty infox
Cecep Jajang
Hasil nya bagus bagus banget
Muhammad ridwan
Nice infonya
arief
Nice infonya
wildan
Terimakasih artikel nya sangatlah keren,membantu banget
Hilman rusdiyanto
Mantabbbbbb