Cara Praktis Foto Levitasi Natural, Objek Melayang Tanpa Editing

Foto levitasi natural atau teknik fotografi yang membuat objeknya melayang tanpa editing memang nggak gampang, Superfriends. Pasalnya, kalau salah sedikit saja, hasil foto bisa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Mau tahu nggak gimana cara praktis foto levitasi natural? Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Praktis Foto Levitasi Natural, Objek Melayang Tanpa Editing

Pernah lihat orang yang seolah-olah tampak melayang di dalam foto nggak, Superfriends? Atau, justru pernah melakukannya sendiri? Nah, inilah yang namanya teknik foto levitasi.

Dilansir laman Kumparan, Levitasi adalah teknik fotografi yang membuat sesuatu atau seseorang tampak seolah-olah melayang tanpa menggunakan alat bantu. Levitasi sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya ringan.

Buat mendapatkan foto levitasi yang natural atau tanpa editing memang nggak gampang, Superfriends. Kalau kurang tepat, lo bisa saja menghabiskan puluhan, bahkan ratusan kali jepretan demi mendapatkan satu foto levitasi natural yang sempurna.

Maka dari itu, mendingan simak dulu beberapa cara praktis foto levitasi natural berikut ini!

Gunakan Kamera yang Shutter Speed-nya Bisa Diatur

Cara Praktis Foto Levitasi Natural, Objek Melayang Tanpa Editing

Image source: iso1200.com     

Cara praktis foto levitasi natural yang pertama yaitu gunakanlah kamera yang shutter speed-nya bisa diatur seperti kamera DSLR atau mirrorless. Sebab, biasanya dua jenis kamera ini punya pilihan untuk menggunakan mode Manual (M) atau Shutter Priority (S/Tv), Superfriends.

Pada dua mode tersebut lo bisa putar roda dial kamera untuk menambah shutter speed atau kecepatan rana yang umumnya diputar ke kanan. Kira-kira, shutter speed 1/500-1/1000 rasanya sudah cukup, Superfriends.

Nggak cuma kamera DSLR atau mirrorless, kamera smartphone lo juga bisa banget kok digunakan buat mengambil foto levitasi natural. Lo bisa gunakan mode sport atau olahraga untuk bisa membekukan gerakan objek, Superfriends.

Biasanya, mode ini digambarkan dengan simbol orang berlari atau gambar mobil. Lebih bagus lagi, kalau lo atur sendiri shutter speednya. Sebab, saat ini rata-rata aplikasi foto smartphone sudah banyak yang memungkinkan penggunanya buat melakukan hal ini, Superfriends.

Cari Lokasi Memotret yang Punya Pencahayaan Cukup

Cara Praktis Foto Levitasi Natural, Objek Melayang Tanpa Editing

Image source: oneslidephotography.com  

Cara praktis foto levitasi natural yang selanjutnya yaitu carilah lokasi yang punya pencahayaan cukup. Buat mendapatkan cahaya yang natural dan maksimal, maka lo bisa memotret di luar ruangan, Superfriends.

Kalau pun terpaksa harus memotret di dalam ruangan, sebaiknya sesuaikan ISO dan aperture kamera dengan cahaya yang ada. Ingat, saat menggunakan shutter speed yang tinggi, berarti lo membutuhkan cahaya yang lebih banyak ketimbang shutter speed normal atau lambat, Superfriends.

Tentukan Background dan Latar Cerita

Cara Praktis Foto Levitasi Natural, Objek Melayang Tanpa Editing

Image source: speckyboy.com

Ternyata, background dan latar cerita dalam foto levitasi memegang peranan penting, lho. Pasalnya, kedua hal ini bisa menunjang ‘cerita’ utama dalam foto levitasi yang bakal lo buat, Superfriends.

Jadi, kalau lo udah dapetin background dan latar cerita yang pas, foto levitasi lo pun baka terlihat lebih menarik. Seenggaknya, orang yang lihat foto lo, bisa paham maksud dari balik foto tersebut, atau bisa menangkap pesan yang ingin lo tunjukan, Superfriends.

Perhatikan Fokus Kamera Biar Nggak Blur

Selain tiga tips di atas, ada juga beberapa aspek lainnya yang harus lo perhatikan, Superfriends. Salah satunya yaitu jaga fokus kamera biar hasilnya nggak blur atau bias. Sayang banget kan, kalau udah berhasil dapet foto levitasi tapi hasilnya malah blur.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan focus continuous dan burst mode pada kamera DSLR atau mirrorless. Lebih baik lagi, kalau lo gunakan bukaan lensa kecil semacam f/8 biar seluruh foto tetap tajam, Superfriends.

Nah, itulah beberapa cara praktis foto levitasi natural yang bisa bikin objek melayang tanpa editing. Selamat mencoba, Superfriends!

 

Referensi: https://kumparan.com/bayu-prasetyo/melayang-ria-dengan-levitasi/full
https://www.saveseva.com/pelajari-teknik-mudah-membuat-foto-levitasi-cara-memotret-objek-melayang/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
bahar22
Wooowww keren
DEVI TRI HANDOKO
terimakasih ilmunya
bahar22
Nice info
Sumardiyono
mantap infonya
Nasir Arsyad
Waooo keeren infox
Heni Oen
wah makasih infonya ..coba ah
Senuadi Tandun
mirip spt film matrix dong
Muhammad ridwan
Nice infonya
Agus Sungkawa
Teknik fotografi nya cakep
agung
tq info ya