3 Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Rantai Sepeda yang Lepas

Pernah mengalami lepas rantai sepeda pas lagi gowes nggak, Superfriends? Ternyata, hal ini ada penyebab dan solusi buat mengatasinya, lho. Kira-kira, apa saja 3 penyebab dan cara mengatasi masalah rantai sepeda lepas? Berikut ulasan selengkapnya, Superfriends!

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Rantai Sepeda yang Lepas

Munculnya masalah pada rantai sepeda memang menyebalkan banget, Superfriends. Bayangin, pas lagi asyik-asyiknya bersepeda, rantai sepeda lo tiba-tiba lepas dari gear sehingga pedal nggak bisa digowes lagi.

Masalah ini tentu harus segera diatasi, Superfriends. Bahkan, wajib diantisipasi biar jangan sampai kejadian. Maka dari itu, sebaiknya simak dulu 3 penyebab dan cara mengatasi masalah rantai sepeda lepas berikut ini!

1. Rantai Terlalu Kendur

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Rantai Sepeda yang Lepas

Image source: parktool.com  

Kalau terdengar bunyi dari arah drivetrain pas lagi sepedaan, bisa jadi ini akibat rantai yang terlalu kendur, Superfriends. Hal ini tentu bisa menyebabkan gesekan berlebihan pada mata gigi, sehingga menimbulkan bunyi tersebut.

Kalau dibiarkan begitu saja, maka bisa berpotensi merusak mata gigi dan membuatnya cepat aus, Superfriends. Bahkan, rantai sepeda kesayangan lo bisa saja putus saat lagi sepedahan karena terlalu keras bergesekan dengan mata gigi.

Seenggaknya, ada 2 cara yang bisa lo pilih, Superfriends. Pertama, lo bisa sedikit memundurkan posisi ban belakang untuk menyesuaikan dengan panjang rantai. Caranya, longgarkan as roda belakang, kemudian atur posisi yang paling memungkinkan sehingga rantai nggak lagi kendur.

Selanjutnya, atur derailleur, terutama pada bagian belakang. Utak-atik baut H dan L pada RD sampai rantai bisa bergerak mulus, Superfriends.

Kedua, lo bisa mengurangi panjang rantai dengan cara memotongnya. Gunakan peralatan lengkap yang bisa membantu lo buat memotong dan menyambungkan kembali rantai sepeda, Superfriends.

2. Kabel Shifter Meregang atau Kurang Pelumas

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Rantai Sepeda yang Lepas

Image source: road.cc     

Kalau rantai sepeda lo sering lepas saat mengoper gigi, bisa saja karena kabel shifter sepeda lo terlalu renggang atau kurang pelumas, Superfriends. Nggak cuma terjadi pada sepeda yang sudah lama dipakai, masalah ini juga bisa terjadi pada sepeda baru, lho.

Solusinya, lo bisa kendurkan atau lepaskan kabel shifter terlebih dahulu sebelum melumasinya. Caranya, pindahkan gear belakang ke gigi paling besar, lalu pindahkan lagi ke gigi paling kecil tanpa memutar crank.

Cara ini bakal membuat kabel shifter mengendur, cukup untuk bisa ditarik-tarik. Setelah itu, bersihkan dengan lap atau cairan pembersih jika ada kotoran yang susah dihilangkan. Kalau sudah bersih, lumuri dengan sedikit pelumas atau grease buat memperlancar kinerjanya dan kembalikan ke posisi semula.

Selanjutnya, lakukan pengaturan yang sama seperti saat mengutak-atik baut H dan L pada derailleur depan dan belakang, Superfriends.

3. Drivetrain Kering

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Rantai Sepeda yang Lepas

Image source: cyclingweekly.com   

Satu lagi, penyebab masalah rantai sepeda lepas yang terakhir yaitu drivetrain kering, Superfriends. Yup, masalah ini tentu bisa menghambat perputaran rantai, menimbulkan terjadinya gesekan yang kasar antara rantai dengan komponen lainnya.

Solusinya, mending jangan langsung melumasi drivetrain sebelum dibersihkan. Pasalnya, bagian ini bisa dibilang menjadi “sarang” berbagai debu dan kotoran. Maka dari itu, sebaiknya cuci sepeda terlebih dahulu, Superfriends.

Buat membersihkan drivetrain, lo bisa menggosoknya dengan sikat kecil untuk menjangkau sudut-sudut yang sempit. Kalau perlu gunakan cairan pembersih khusus biar bersih sempurna. Kalau sudah bersih dan kering, lo bisa lapisi rantai dengan pelumas tipis-tipis, Superfriends.

Putar-putar crank biar lebih gampang dan membuatnya lebih merata. Cukup tipis saja, karena pelumas yang terlalu banyak bisa saja mengundang kotoran menempel nantinya. Periksa lagi dan pastikan pelumas telah benar-benar merata ya, Superfriends!

Nah, itulah 3 penyebab dan cara mengatasi masalah rantai sepeda lepas. Semoga bisa membantu ya, Superfriends. Selamat mencoba!

 

Referensi: https://blog.avelio.com/masalah-rantai-sepeda/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Bahar
Mantappp
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Sumardiyono
Tanks infonya
Nasir Arsyad
Info yg menarik
Heni Oen
perawatan sepeda memang harus
dilakukan agar nyaman bersepeda
Senuadi Tandun
kalaun sy selesai sepeda di cuci juga dilumasi oli
Muhammad ridwan
Nice imfonya
agung
tq info ya