Jajal Surf Skateboard Nih, Berselancar Tanpa Ombak

Ini bukan skateboard normal dan ini juga bukan longboard yang biasa lo lihat. Yup, papan ini terlihat istimewa karena lo bisa berselancar di aspal. Namanya surf skateboard. Sejak tahun 90-an segala macam jenis papan seluncur muncul seiring dengan longboard. Tapi untuk surf skateboard memang jarang disebut.

Jajal Surf Skateboard Nih, Berselancar Tanpa Ombak

Surf Skateboard membawa konsep yang tak tertandingi di dunia longboarding klasik karena desain papannya yang unik. Kalau secara tampilan fisik, desain papan ini persis seperti papan surfing di mana ada bagian meruncingnya di sisi depan. 

Buat pengendara pemula, papan ini cocok banget. Termasuk kalau lo memang sudah sering melakukan surfing di laut. Kalau balik ke era 90-an, surf skateboards ini khusus dirancang buat meniru gerakan-gerakan yang dinamis ketika beraksi di atas ombak dengan papan selancar.

Ukurannya biasanya lebih pendek dengan roda yang juga lebih kecil. Cuma memang surf skateboard ini lebih lebar daripada skateboard jalanan. Dan, karena panjangnya juga 40 cm.

Apa Bedanya dengan Skateboard Biasa?

Jajal Surf Skateboard Nih, Berselancar Tanpa Ombak

Image source: hamboards.com  

Perbedaan yang paling signifikan adalah pada bagian truk depan yang bisa bergerak secara khusus. Kalau truk normal dia hanya berbelok di sepanjang sumbu roda.

Sebaliknya, kalau truk pada surf skateboard itu punya sumbu rotasi ekstra jadi bisa berputar dan berbelok lebih halus. Persis kayak lo main surfing, cuma di jalan beraspal.

Sejarah singkatnya, jadi skateboarding ini dimulai pada tahun 70-an buat memuaskan hasrat para surfer tetap bisa beraksi di saat laut sedang surut. Nah, surf skateboard ini selangkah lebih maju, di mana dia memungkinan para surfer tetap melakukan kegiatan seperti di atas ombak tapi dilakukan di darat.

Jadi, kalau lo biasa menaklukan gulungan ombak, seharusnya beraksi di atas surf skateboard ini nggak jadi masalah. Di luar  negeri, para pelatih surfer menggunakan surf skateboard buat melatih para muridnya bermanuver. 

Surf Skateboard Buat Semua Kalangan

Jajal Surf Skateboard Nih, Berselancar Tanpa Ombak

Image source: freeridesurfskate.co.nz    

Surf skateboard ini buat semua kalangan. Nggak melulu dimainkan buat anak-anak, tapi orang dewasa juga bisa kok. Yang penting, sebelum lo mulai bermanuver harus disesuaikan dulu ukuran pipanya. 

Biasanya kalau lo tergolong orang dewasa yang baru mau menjajal surf skateboard ini harus memilih papan yang lebih besar. Ukuran akan mempengaruhi stabilitas. Tapi, kalau buat para pemula papan yang paling utama adalah untuk kestabilan. Kalau Surf Skateboard cuma dipakainya di jalan kecil sampai halaman.

Sedangkan lo yang mau memakai surf skateboard dengan kepentingan pulang pergi atau jarak jauh, maka sangat-sangat nggak direkomendasikan. Baiknya lo memiliki longboard saja.

 

Source:https://www.ridingboards.com/best-surf-skateboard/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Sumardiyono
nice infonya
Heni Oen
cocok nih bagi yang hobi nambah ilmu
Agung Sutrisno
Seperti surfing di laut
arief
maratengkyu, nuhun
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Boleh di coba buat pemula
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Bahar
Nice info