Niat Naik Gunung Saat Pandemi? Begini Ya Cara Pakai Maskernya

Habis Lebaran nanti beberapa jalur pendakian sudah ada yang dibuka lagi nih, Superfriends. Kalau lo kangen naik gunung lagi, ada sejumlah ketentuan juga yang kudu dilakukan.

Niat Naik Gunung Saat Pandemi? Begini Ya Cara Pakai Maskernya

Maklum aja, sampai sekarang pandemi belum juga selesai. Jadi biar hobi tetap tersalurkan, tapi kesehatan juga terjamin. Yang mesti diperhatikan saat naik gunung di kondisi pandemi gini salah satunya soal pemakaian masker. Apa aja sih anjurannya?

Begini Anjuran Pemakaian Maskernya 

Niat Naik Gunung Saat Pandemi? Begini Ya Cara Pakai Maskernya

Image source: forbes.com   

Kalau dari segi pemakaian masker sebenarnya memang mesti dilakukan setiap keluar dari rumah. Karena protokol kesehatan yang sekarang kita lagi jalani ini semuanya mewajibkan buat memakai masker.

Tapi, kalau lo lagi berkegiatan di gunung ada satu syarat yakni menguapkan kantong lain. Jadi kantong cadangan ini buat menyimpan masker yang masih bersih alias belum dipakai. 

Misalnya, lo menggunakan masker mulai dari keluar rumah sampai ke basecamp di kaki gunung. Nah pemakaian masker itu juga nggak bisa dipakai sehari penuh karena ada keringat dan kotoran-kotoran lainnya.

Jadi setelah dipakai itu dimasukan ke dalam kantong. Kantong lainnya itu untuk masker yang masih bersih. Nggak cuma itu aja, ini masih satu paket. Lo mesti membawa masker dengan stok yang banyak. Toh nggak terlalu beratkan buat bawa masker satu kotak. Kalau buat kesehatan kayaknya ga perlu perhitungan sih.

Jadi bawa aja lima sampai enam masker, tergantung berapa lama waktu pendakian. Disesuaikan saja ya. Karena masker yang lo pakai harus ganti-ganti. Kalau lo memilih buat memakai buff bisa juga. Tetapi itu juga harus diganti. So, pilih saja mana yang sesuai dengan kondisi sekarang ya.

Intinya, benda apapun yang melindungi udara buat masuk ke hidung itu harus diganti kalau sudah lembab. Ingat jua, masker bukan satu-satunya benda yang menjamin mencegah COVID-19.

Jadi ketika lo mulai keluar dari rumah lo harus sudah paham bagaimana melakukan pencegahannya. Kalau masker sudah, artinya tinggal lo menyadari buat menjaga jarak.

Paling nggak lo bisa berjarak sampai dua meter. Karena ketika naik gunung embusan napas bisa lebih keras, apalagi di saat melewati rute yang menantang. Saling jaga sesama pendaki. Karena mendaki gunung bukan siapa yang paling cepat ke puncak. 

Tips Aman

Niat Naik Gunung Saat Pandemi? Begini Ya Cara Pakai Maskernya

Image source: adk.org      

Kalau pedoman protokol kesehatan sudah lo tanamkan dalam diri, maka sekarang persiapkan mental. Mental juga harus kuat. Jangan sampai terpisah dan tersesat saat penjelajahan di gunung.

Terus juga logistik. Sesuaikan dengan kebutuhan selama di gunung biar gembolan lo dari basecamp sampai ke puncak gunung nggak terlalu berat. 

Usahakan makanan yang masuk ke dalam tas itu makanan yang praktis dan berkalori tinggi. Jangan lupa gula merah, permen manis, atau coklat. Kadar gula dari makan-makanan itu bisa membantu pendaki mendapat energi tambahan.

 

Source: https://travel.tempo.co/read/1358673/kiat-memakai-masker-saat-mendaki-gunung-pada-masa-pandemi/full&view=ok
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
bahar22
Nice info
Sumardiyono
Nice infonya
Nasir Arsyad
Ty infox
Heni Oen
tips yang bermanfaat
Agus Sungkawa
Ikuti caranya
Karlina
Nice info