Bertualang ke Destinasi Wisata Menarik di Sabu Raijua, NTT

Nusa Tenggara Timur nggak hanya terkenal dengan Pulau Komodo aja, tapi ada juga destinasi menarik lain tepatnya di Kabupaten Sabu Raijua, NTT, Superfriends! Penasaran sama lokasinya? Langsung aja simak ulasannya!

Bertualang ke Destinasi Wisata Menarik di Sabu Raijua, NTT

Provinsi Nusa Tenggara Timur emang menyimpan banyak sekali destinasi wisata menarik yang punya keindahan menakjubkan, salah satu yang paling diminati wisatawan adalah Pulau Komodo. Namun nggak hanya itu, masih banyak pulau-pulau lainnya di NTT yang juga punya destinasi wisata menarik. Beberapa destinasi menarik tersebut ada di Kabupaten Sabu Raijua, Superfriends.

Kabupaten Sabu Raijua adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu kota kecamatan Sabu Barat, yaitu Seba, menjadi kota paling ramai di Pulau Sabu. Pulau Sabu sendiri adalah bagian dari Kabupaten Sabu Raijua, letaknya berada di paling selatan kedua setelah Pulau Rote. Saking indahnya Sabu Raijua, banyak yang menyebutnya surga tersembunyi di Sunda kecil.

Lantas, destinasi menarik apa aja yang bisa dijelajahi petualang di Sabu Raijua? Berikut ini beberapa di antaranya.

Kelabba Madja

Bertualang ke Destinasi Wisata Menarik di Sabu Raijua, NTT

Image source: arahdesa.com   

Destinasi satu ini bisa dibilang menjadi yang paling terkenal di Kabupaten Sabu Raijua. Kelabba Madja, jika diartikan dalam bahasa Sabu berarti ‘tempat para dewa’. Lokasi ini menjadi tempat yang sakral, berbentuk ngarai yang berukir hasil erosi ribuan tahun lalu dan berwarna gradasi merah marun, pink, cokelat, dan kelabu. Jika dihitung, ada sekitar 29 tingkatan pilar di sana, Superfriends.

Terlihat pilar-pilar batu berwarna merah muda dengan puncak yang bentuknya mirip jamur berwarna merah tua, menjadikan tempat ini semakin menakjubkan. Bahkan kalau lo berkunjung pada jam tertentu, lo bisa berkesempatan menyaksikan gradasi warna tadi berubah menjadi biru dan putih, lho.

Pantai Napae

Bertualang ke Destinasi Wisata Menarik di Sabu Raijua, NTT

Image source: pesonaindo.com   

Beralih ke destinasi selanjutnya, lo bisa mengunjungi Pantai Napae, Superfriends. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata alam terindah yang ada di Sabu Raijua, NTT. Terletak di Kecamatan Sabu Barat atau nggak jauh dari Pelabuhan Laut Seba, pantai ini menawarkan keindahan pasir putih bersih serta air laut jernih berwarna hijau tosca.

Selain itu, di sekitar Pantai Napae terdapat lopo-lopo unik khas Sabu yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat. Ada juga aula budaya yang bisa digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya.

Kampung Adat Namata

Bertualang ke Destinasi Wisata Menarik di Sabu Raijua, NTT

Image source: wisato.id  

Berkunjung ke Sabu Raijua, belum lengkap kalau nggak datang ke Kampung Adat Namata. Kampung Adat ini terletak di Desa Raeloro, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Pulau Sabu, NTT.

Kalau berkunjung ke Kampung Adat Namata, lo bakal disambut oleh pengurus kampung yang emang udah terbiasa menerima wisatawan. Lo juga bisa mencoba baju adat setempat untuk sekadar merasakan nuansa budaya yang kental sambil berfoto, Superfriends.

Selain itu, di Kampung Adat Namata juga terdapat batu-batu megalitik yang memiliki nama dan fungsi masing-masing. Di balik hamparan batu yang dinaungi pepohonan tersebut lo bisa melihat beberapa rumah adat beratap rumbia.

Gua Lie Mabala

Bertualang ke Destinasi Wisata Menarik di Sabu Raijua, NTT

Image source: tripzilla.id      

Nah, kalau lo mau menjelajahi gua menakjubkan, wajib banget berkunjung ke Gua Lie Mabala. Gua ini berada di Desa Eimau, Kecamatan Sabu Tengah, Kabupaten Sabu Raijua, NTT. Buat menuju lokasi ini pun cukup mudah, jalannya juga udah rapi, lo akan tiba di lokasi yang terdapat 2 atau 3 pohon beringin tua yang bersulur-sulur.

Di bawah pohon itulah letak guanya. Buat masuk ke mulut gua, lo harus menunggu penjaga atau pemandu lokal membukakan pintu pagar kayunya. Begitu pintu dibuka, lo bisa melihat gua vertikal yang cukup besar, di sekelilingnya terdapat akar-akar pohon dan dahan pohon serta daun-daunnya.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata menarik yang bisa lo jelajahi di Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tertarik berkunjung ke sana, Superfriends?

 

Source: https://seringjalan.com/6-tempat-wisata-di-seba-kabupaten-sabu-raijua/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
Nasir Arsyad
Pemandangan sangat indah..ty infox
Heni Oen
batunya unik
Senuadi Tandun
ternyata NTT banyak juga daerah wisata lainnya
arief
wow kerennn temaptnya
wildan
wowwww amazing mantappp
agung
tq info ya
DEVI TRI HANDOKO
SUNGGUH INDAH WILAYAH INDONESIA TIMUR
Sumardiyono
amaziiing
Dewandaru Krisna Wisnu
Keren bgt