Konsumsi Makanan Ini Buat Pemulihan Otot Setelah Bersepeda!

Bersepeda emang menjadi olahraga yang gampang dilakukan, tapi supaya otot-otot kembali pulih setelah gowes, lo sebaiknya mengonsumsi makanan yang tepat. Jenis makanan apa aja yang mesti dikonsumsi? Langsung aja simak ulasannya!

Konsumsi Makanan Ini Buat Pemulihan Otot Setelah Bersepeda!

Setelah berolahraga dengan intensitas tinggi, tubuh biasanya akan lelah dan otot-otot juga terasa nyeri, seperti halnya setelah olahraga sepeda. Walaupun bersepeda bisa dibilang menjadi olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan, tapi olahraga ini juga butuh pemulihan otot, Superfriends. Pemulihannya pun bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi jenis makanan yang tepat.

Nutrisi yang tepat setelah berolahraga menjadi salah satu aspek yang penting. Apa yang lo makan dan kapan lo makan bisa membantu tubuh pulih lebih cepat dan mengisi kembali simpanan energi yang hilang. Nah, lo udah tau belum jenis makanan apa aja yang bagus buat pemulihan otot setelah bersepeda, Superfriends? Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa lo konsumsi.

Quinoa

Konsumsi Makanan Ini Buat Pemulihan Otot Setelah Bersepeda!

Image source: lemonilo.com 

Energi penting yang harus diganti setelah bersepeda adalah karbohidrat. Sebaiknya, lo mengganti karbohidrat yang hilang dalam waktu 20 menit setelah bersepeda, Superfriends. Nah, salah satu sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi adalah quinoa.

Quinoa sendiri merupakan pengganti nasi yang bagus karena padat nutrisi. Selain mengandung karbohidrat, quinoa juga mengandung protein dalam jumlah tinggi, dan bahkan sifat anti-inflamasi.

Salmon

Konsumsi Makanan Ini Buat Pemulihan Otot Setelah Bersepeda!

Image source: aubreyskitchen.com    

Selain mengonsumsi karbohidrat, lo juga harus mengonsumsi protein. Jenis makanan yang mengandung protein yang bagus untuk dikonsumsi setelah bersepeda adalah salmon. Salmon mengandung peptida bio-aktif, yaitu protein kecil yang memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu fungsi sendi.

Manfaat lainnya dari salmon adalah jumlah omega-3 yang ada di dalamnya, yang membantu mengatasi nyeri otot dan mengurangi pembengkakan. Omega-3 juga bisa memengaruhi respon metabolik otot terhadap nutrisi serta respon fungsional, Superfriends.

Alpukat

Konsumsi Makanan Ini Buat Pemulihan Otot Setelah Bersepeda!

Image source: sweetpeasandsaffron.com      

Jenis makanan buat pemulihan otot juga bisa didapatkan dari buah-buahan, Superfriends. Salah satunya adalah alpukat, lo bahkan bisa mengonsumsinya sebagai alternatif sehat untuk topping makanan. Lemak yang ada pada alpukat juga merupakan lemak tak jenuh, yang berarti jenis lemak sehat.

Nah, lemak sehat ini bisa mendukung kesehatan jantung yang baik, pemulihan sistem kekebalan, dan penyerapan vitamin, terutama vitamin C, E, K, dan B. Dengan semua kualitas ini, alpukat juga bagus buat kesehatan otak, Superfriends.

Buah Beri

Selain buah alpukat, jenis buah-buahan lainnya yang juga bagus untuk pemulihan otot adalah buah beri. Buah beri sendiri emang mengandung antioksidan yang tinggi, tapi buah blueberry dan ceri khususnya punya kapasitas penyerapan radikal oksigen yang tinggi.

Artinya, jenis buah tersebut bisa menetralisir radikal bebas yang terbentuk karena berolahraga. Khusus pada blueberry, buah ini bisa membantu pemulihan otot karena terdapat kandungan fitokimia, Superfriends.

Air Putih

Minum air putih emang udah menjadi kebutuhan setiap hari. Ternyata, minum air putih juga punya manfaat untuk memulihkan otot setelah olahraga sepeda, Superfriends. Idealnya, lo harus mengonsumsi air putih biar nggak dehidrasi. Penting juga diingat, hal pertama yang dikonsumsi setelah berolahraga adalah air.

Karena kalau sampai dehidrasi, hal ini bisa menghambat pemulihan otot karena penurunan volume plasma darah. Ini juga pada gilirannya bisa mempersulit energi dan nutrisi untuk mencapai otot, Superfriends.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk pemulihan otot setelah bersepeda. Jangan lupa selalu konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, Superfriends!

 

Source: https://portalsepeda.com/5-makanan-untuk-pemulihan-otot-setelah-bersepeda%ef%bb%bf/
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice bgt banget
Amirul Bahri
Nice infooooo
Hengky  kik
referensi biar kalo abis bersepeda
SRI YAYA ASTUTI
konsumsi makanan sehat
Heni Oen
Paling mudah air putih
Muhammad ridwan
Nice infonya
Agus Sungkawa
Nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info