2 Brand Lokal yang Sukses dari Bisnis Gelang Paracord!

Sekilas, bisnis gelang tali parachute cord atau biasa disebut paracord memang terlihat receh. Tapi, tahu nggak sih, bisnis yang kelihatannya receh ini ternyata lumayan menjanjikan lho, Superfriends. Bahkan, sudah ada 2 brand lokal yang sukses meraup untung dari bisnis gelang paracord. Berikut ulasan selengkapnya!

2 Brand Lokal yang Sukses dari Bisnis Gelang Paracord!

Indonesia memang populer sebagai salah satu negara kreatif yang sering menghasilkan berbagai macam kerajinan, Superfriends. Lo bisa dengan mudah menemukan berbagai macam produk kriya berupa aksesori unik dengan nilai seni tinggi di seluruh pelosok Nusantara.

Salah satunya, yaitu ada produk gelang paracord yang mulai naik daun lagi belakangan ini, khususnya di kalangan kawula muda, Superfriends. Jangan salah, meskipun terlihat receh, bisnis ini lumayan menjanjikan, lho.

Modal yang nggak terlalu banyak bisa dibilang menjadi salah satu kelebihan bisnis kerajinan tangan yang satu ini. Biar lo makin terinspirasi, mendingan simak dulu ulasan 2 brand lokal yang sukses meraup untung dari bisnis gelang paracord berikut ini, Superfriends!

Bakul Gelang

2 Brand Lokal yang Sukses dari Bisnis Gelang Paracord!

Image source: instagram.com/bakulgelang   

Brand lokal yang sukses meraup untung dari bisnis gelang paracord yang pertama yaitu ada Bakul Gelang yang dirintis oleh Deva Handriyan, Superfriends. Awalnya, ia terjun ke bisnis gelang ini karena berawal dari hobi.

Dilansir laman Kontan, Deva saat itu cuma iseng membuat pesanan teman-teman satu sekolahnya. Seiring berjalannya waktu, ia melihat ada peluang dari kreasi gelang tali ini, Superfriends.

Produk kreasi gelang tali ini, memiliki harga berkisar antara Rp 8.000 sampai Rp 90.000 per buah. Deva bilang, variasi harga tersebut tergantung pada motif dan tingkat kerumitannya, Superfriends.

Gelang hasil produksi Bakul Gelang ini rata-rata memiliki motif anyaman, berbahan prusik dan paracord, sehingga ukurannya lebih tebal dibanding gelang tali biasa. Deva mengaku bisa menjual lebih dari 50 buah gelang tiap bulannya, Superfriends.

Bahkan kalau lagi ramai, penjualannya bisa menembus hingga 90 buah gelang per bulan. Konsumennya pun datang dari berbagai daerah dan kalangan. Kalau lo pengin tahu produknya kayak gimana, lo bisa langsung lihat di laman Instagram-nya @bakulgelang, Superfriends.

Hebron Cord

2 Brand Lokal yang Sukses dari Bisnis Gelang Paracord!

Image source: instagram.com/hebron_cord  

Selanjutnya ada Hebron Cord yang dirintis oleh Daniel Arsyad nih, Superfriends. Ia memulai bisnis gelang tali paracord ini pada 2015, ketika masih berkuliah di jurusan Teknik Pertambangan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Terkait nama brand, Daniel terinspirasi saat ia umroh dan melakukan tur ke Hebron, Palestina, Superfriends. Kala itu, ia dan rombongan bertemu anak-anak penjual gelang di mana hasil penjualannya digunakan untuk membeli makan sehari-hari.

Dari peristiwa inilah akhirnya Daniel terinspirasi mengabadikan nama Hebron sebagai nama brand bisnisnya, Superfriends. Sedangkan, untuk model bisnis gelang, ia mengaku mendapat ide dari kakak iparnya yang suka menggunakan gelang dari simpul tali paracord.

Kala itu, di Aceh sangat sulit untuk mendapatkan gelang paracord. Padahal, aksesoris yang satu ini sangat digemari sebagai salah satu fashion item dan juga bisa digunakan buat berbagai macam situasi darurat, mulai dari mengikat tenda, menderek kendaraan, memancing dan sebagainya karena kekuatan talinya sendiri bisa sampai 300 kg, Superfriends!

Akhirnya, Daniel mencari tahu di mana bisa mendapatkan tali paracord dan belajar membuat beragam simpul untuk membuat berbagai macam varian gelang. Kemudian, ia langsung memulai bisnisnya dengan sistem pre-order.

Padahal, saat itu ia nggak punya modal sama sekali alias nol rupiah lho, Superfriends. Untuk menjalankan bisnis yang baru dirintisnya itu, Daniel menunggu pembeli melakukan pemesanan dan pembayaran, sebelum akhirnya membeli bahan baku dan menyelesaikan pesanan sesuai permintaan.

Setelah mendapat untung, ia lantas nggak mengambil semua keuntungan, Superfriends. Daniel menggunakan keuntungannya ini buat membeli bahan biar bisa punya stok gelang paracord yang siap dijual ke konsumen.

Nah, itulah 2 brand lokal yang sukses meraup untung dari bisnis gelang paracord. Semoga bisa menginspirasi ya, Superfriends!

 

Referensi: https://peluangusaha.kontan.co.id/news/mengikat-untung-dari-pesanan-gelang-tali-temali?page=all
https://www.tabloidbintang.com/berita/sosok/read/106903/daniel-arsyad-memulai-bisnis-gelang-paracord-dengan-modal-0-rupiah
Trending Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
BANGGA AKAN PRODUK LOKAL
Sumardiyono
wow lanjutkan bro
Senuadi Tandun
tetap semangat dan terus berinovasi
Muhammad ridwan
Nice infonya
agung
tq info ya
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Agus Sungkawa
Mantaaaap
Hilman rusdiyanto
Info bagus