Etika yang Harus Ditaati Saat Mengunjungi Candi

Etika saat mendatangi rumah ibadah memang perlu banget, Superfriends. Termasuk saat berwisata mengunjungi candi yang menjadi tempat ibadah umat Hindu dan Buddha. Kira-kira, apa saja etika yang harus ditaati saat mengunjungi candi? Berikut ulasan selengkapnya!

Etika yang Harus Ditaati Saat Mengunjungi Candi

Nusantara memang terkenal dengan kekayaan alam dan budaya yang menakjubkan, Superfriends. Selain itu, ada juga berbagai macam bangunan bersejarah peninggalan masa lampau yang tersebar di seluruh pelosok negeri, bangunan candi salah satunya.

Yup, kemegahan bangunan candi memang menawarkan sesuatu yang beda dan mampu menarik perhatian orang banyak, Superfriends. Nggak heran, kalau sejumlah candi di Indonesia, seperti candi Ratu Boko, Prambanan dan Borobudur seringkali dijadikan tujuan wisata.

Akan tetapi, candi tetaplah berbeda ketimbang destinasi wisata lainnya. Bangunan bersejarah ini sangat disucikan, khususnya bagi umat Hindu-Buddha, karena menjadi tempat ibadah yang disakralkan. Demi menjaga semangat toleransi, sebaiknya taati etika ini saat mengunjungi candi ya, Superfriends!

Cermati Pakaian yang Digunakan

Etika yang Harus Ditaati Saat Mengunjungi Candi

Image source: yukepo.com   

Kelihatannya sepele memang, tapi mencermati pakaian yang digunakan saat berkunjung ke candi penting banget, Superfriends. Buat alas kaki, sebaiknya pilihlah alas kaki yang ramah terhadap batuan candi.

Pasalnya, alas kaki yang tajam dan keras bisa menyebabkan kerusakan terhadap batuan candi, Superfriends. Selain itu, setelan baju yang sopan juga menjadi hal yang wajib dikenakan saat berkunjung ke candi.

Bukan cuma di candi yang masih digunakan sebagai tempat ibadah, hal ini juga wajib banget diterapkan saat mengunjungi situs candi lainnya. Walau sudah nggak digunakan sebagai tempat peribadatan, candi-candi dulunya kebanyakan berfungsi sebagai tempat ibadah.

Kesucian dan aspek historis candi yang sakral tentu harus selalu dijaga dan dihormati oleh siapa pun yang berkunjung, Superfriends.

Mematuhi Peraturan yang Berlaku

Etika yang Harus Ditaati Saat Mengunjungi Candi

Image source: kartanesia.com   

Setiap candi punya aturannya masing-masing, Superfriends. Larangan satu candi dan candi lainnya bisa saja berbeda. Biasanya, peraturan ini menyesuaikan dengan situasi dan kondisi candi. Salah satu contohnya berhubungan dengan daya tahan candi.

Contohnya, mungkin lo diperbolehkan masuk ke candi A karena bangunannya kokoh. Tapi, saat berkunjung ke candi B, lo bisa saja dilarang masuk bangunan candi karena kondisinya rapuh dan rentan, Superfriends.

Peraturan pun bisa disesuaikan dengan aspek fungsional candi. Misalnya, lo bisa saja nggak diperkenankan masuk ke bangunan candi karena tempat itu khusus bagi mereka yang akan beribadah, Superfriends.

Aturan-aturan ini otomatis wajib dipatuhi. Selain buat menjaga bangunan candi biar kokoh dan tetap terjaga, aturan ini juga dibuat supaya adat istiadat, budaya, serta tradisi di kawasan candi bisa tetap terjaga, Superfriends.

Jangan Pernah Melakukan Vandalisme

Bangunan candi ini punya nilai seni dan sejarah yang sangat tinggi, Superfriends. Nggak cuma pengelola, para pengunjung pun wajib menjaga kelestariannya dengan baik. Sebab, bebatuan candi yang berusia ratusan tahun ini sangat rentan kalau sampai terkena bahan kimia.

Bahan pembersih kimia seperti sabun pun nggak bisa digunakan buat membersihkan candi. Maka dari itu, tindakan vandalisme seperti mencoret-coret tentu sangat diharamkan! Selain merusak pemandangan, tindakan ini juga bisa menghancurkan nilai-nilai sejarah kejayaan peradaban masyarakat masa lampau itu, Superfriends.

Jangan Pose Berlebihan Saat Foto-Foto

Traveling memang nggak lengkap rasanya tanpa foto-foto. Tapi, berfoto di candi pun nggak bisa dilakukan sembarangan dengan sesuka hati, Superfriends. Ada etika yang harus diperhatikan, untuk menghormati dan menjaga kelestarian candi.

Pose berlebihan seperti melompat beramai-ramai atau memanjat stupa tentu wajib dihindari karena bisa merusak candi. Konstruksi candi yang telah berusia ratusan tahun tentu berbeda dengan konstruksi bangunan modern, sehingga ketahanan dan kekuatannya pun berbeda, Superfriends.

Kalau sampai rusak, maka mengembalikannya bisa dibilang menjadi hal mustahil. Satu hal yang bisa dilakukan oleh pihak berwajib hanyalah membuat replikanya. Meski bisa dibuat mirip, nilai historisnya sudah nggak ada lagi, Superfriends. Jadi, mendingan di jaga baik-baik, ya!

 

Referensi: https://travel.kompas.com/read/2019/01/16/190900027/6-etika-yang-harus-dipatuhi-saat-berwisata-ke-candi?page=all
Trending Beginner Extreme solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
GA BOLEH SEMBARANGAN
Senuadi Tandun
apapun dimanapun harus sopan dan menghormati
Muhammad ridwan
Nice infonya
agung
tq info ya
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Maulana Hasanudin
Harus tetap santun
Sumardiyono
Tanks infonya
Nasir Arsyad
Kereen..ty infox