Menjelajah Gua Surupan Pangandaran, Lokasi Caving Buat Pemula

Pangandaran nggak cuma dikenal sama wisata pantainya aja, tapi lo juga bisa berkunjung ke Gua Surupan yang jadi lokasi caving buat pemula. Penasaran mau coba? Simak dulu ulasan selengkapnya!

Menjelajah Gua Surupan Pangandaran, Lokasi Caving Buat Pemula

Pangandaran emang dikenal dengan berbagai destinasi wisata alamnya, mulai dari wisata pantai hingga pegunungan semua tersedia di Kabupaten paling bungsu di Jawa Barat ini. Kalau udah bosan sama wisata pantainya dan mau merasakan liburan yang sedikit berbeda, lo bisa coba berkunjung ke wisata gua dan mencoba pengalaman caving buat para pemula, Superfriends.

Wisata gua tersebut adalah Gua Surupan, yang terletak di Dusun Pasir Kored, Desa Sidomulyo, tepatnya di area pegunungan Karst Karangbolong. Menjelajahi gua ini juga cukup gampang buat lo yang emang belum pernah caving sama sekali. Penasaran mau coba pengalaman seru ini, Superfriends?

Menjelajah Gua Surupan

Menjelajah Gua Surupan Pangandaran, Lokasi Caving Buat Pemula

Image source: survive-giezag.org    

Saat memasuki gua, lo bisa melihat bentuk ornamen gua yang alami dan sangat menyegarkan. Tapi sebelum lo menyusuri Gua Surupan, sebaiknya lo udah siap buat berbasah-basahan ya, Superfriends. Karena gua ini punya sungai bawah tanah yang masih mengalir deras. Konon sungai tersebut masih merupakan bagian dari Sungai Cipicung.

Begitu menyusuri gua, lo akan merasakan aliran sungai di bawah kaki lo. Sungai di bagian sini pun masih cukup tenang alirannya. Menariknya, kalau lo beruntung lo bisa menemukan udang atau bahkan kura-kura endemik yang hidup di dalam sungai ini.

Semakin masuk ke dalam gua, lo akan merasakan aliran sungai yang lebih deras atau lebih dalam. Bahkan di beberapa bagian, kedalaman sungainya bisa mencapai dada orang dewasa. Dengan adanya sungai ini, membuat Gua Surupan punya udara yang lembap dan cukup menegangkan buat para pemula.

Namun nggak perlu khawatir, Gua Surupan masih cukup aman buat ditelusuri buat lo yang masih awam dengan gua. Selain itu, rute di dalam Gua Surupan juga nggak selalu landai. Kadang kala lo perlu memanjat dan menuruni tebing-tebing di dalam gua. Meski begitu, gua sepanjang 1.500 meter ini punya pemandangan yang menarik.

Habitat Kelelawar Gua

Menjelajah Gua Surupan Pangandaran, Lokasi Caving Buat Pemula

Image source: theconversation.com   

Pemandangan kelelawar yang menggantung di dinding gua bakal sangat mudah lo temui di Gua Surupan ini, Superfriends. Karena Gua Surupan sendiri merupakan habitat kelelawar gua. Bagian dinding gua inilah yang menjadi tempat tinggal hewan tersebut.

Semakin dalam lo menyusuri gua ini, pemandangan kelelawar yang tidur di dinding gua bakal semakin sering ditemukan. Jadi, lo jangan kaget kalau ada kelelawar yang berterbangan di atas kepala. Buat yang berjiwa petualang, tentu gua ini bakal memuaskan hasrat lo.

Rute Menuju Gua Surupan

Untuk menuju lokasi Gua Surupan Pangandaran ini, lo bisa memulai perjalanan dari Desa Sidomulyo, Superfriends. Langsung aja datang ke desa tersebut, sesampainya di Desa Sidomulyo, lo akan menemukan sejumlah rambu yang bakal membantu menemukan lokasi Gua Surupan.

Perlu diingat juga, biasanya kalau turun hujan, Gua Surupan bakal ditutup sama pihak pengelola demi alasan keamanan. Jadi, kalau lo mau menjelajahi Gua Surupan ini pastikan jangan di musim penghujan ya, Superfriends.

Itulah keindahan dari Gua Surupan di Pangandaran yang bisa dikunjungi sebagai lokasi caving buat lo yang masih pemula. Penasaran mau coba, Superfriends?

 

Source: https://penjelajah.com/goa-surupan-pangandaran-destinasi-caving-pemula/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow amazing
Maulana Hasanudin
Keren abis
Nasir Arsyad
Kereen..ty infox
Agung Sutrisno
destinasi wisata alam
Heni Oen
menarik tapi sayang gue takut ruangan sempit
Senuadi Tandun
Buat yg suka eksplorer gua menantang nih
Muhammad ridwan
Nice infonya
Amirul Bahri
Yang penting nggak kesurupan
Cecep Jajang
Aman gak yah..takut gelap
Hilman rusdiyanto
Kereeennnnnnn