Nggak Harus Jago Naik Gunung Buat Nikmati Lanskap di Bukit Sipandu

Menikmati lanskap alam dari puncak bukit itu selalu bikin nagih. Udaranya sejuk, disambut kabut, dan ditemani nyanyian burung-burung. Suasana yang jarak banget nih didapat di kota-kota besar. 

Nggak Harus Jago Naik Gunung Buat Nikmati Lanskap di Bukit Sipandu

Kalau lo mau rileks sebentar, lo bisa menjajal hiking ke Bukit Sipandu, Jawa Tengah. Destinasi alam ini pas banget karena masih terbilang sepi. Cuma ada petani dan warga lokal.

Jadi seandainya lo butuh me time dengan dikelilingi panorama alam, pastinya bakal puas banget. Dari atas bukit ini lo bisa melihat desa-desa di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang.

Potensi Wisata Besar

Nggak Harus Jago Naik Gunung Buat Nikmati Lanskap di Bukit Sipandu

Image source: phinemo.com   

Bukit Sipandu ini nggak bisa dipandang sebelah mata dari segi potensi wisatanya. Memang sih masih sepi, tapi pemandangannya juga gokil, Superfriends. Lo bakal dimanjakan dengan pemandangan cantik dan padang ilalang yang menghampar di segala arah dan eloknya langit cerah.

Puncak kenikmatan ketika di atas bukit Sipandu adalah lo bisa melihat titik tertinggi Gunung Prau dan Gunung Sindoro. Pemandangannya jadi makin pol!

Rute ke Puncak Bukit

Nggak Harus Jago Naik Gunung Buat Nikmati Lanskap di Bukit Sipandu

Image source: thegorbalsla.com 

Kalau lo termasuk pendaki atau pemula di dunia pecinta alam, lo nggak perlu khawatir buat sampai ke puncak Bukit Sipandu. Karena aksesnya terbilang nggak terlalu jauh.

Malahan nih ya, lo juga nggak perlu jadi seorang jagoan mountain climbing dulu buat sampai ke bukit Sipandu. Gunung dengan ketinggian 2.241 mdpl ini pas banget buat pemula.

Gunung Sipandu terbilang gunung kecil. Gunung ini merupakan salah satu puncak di dataran tinggi Dieng yang lokasi dekat dengan Gunung Prau.

Kalau sudah sampai di atas nggak cukup tuh buat foto-foto lanskap alam. Lo bisa explore lebih jauh lagi dengan mengabadikan padang ilalang di sana. Dijamin deh cantiknya pemandangan yang lo lihat bisa bikin hati meleleh.

Estimasi Hiking 40 Menit

Lo harus melewati dua pos aja buat sampai ke puncak Bukit Sipandung ini. Total estimasi waktunya kurang lebih nggak sampai satu jam. Dari base camp itu kurang lebih makan waktu 20 menit buat sampai ke Pos1 Ngkosong. Lalu dari Pos 1 Ngkosong ke Pos 2 Savana itu sekitar 10 menit saja.

Jadi jalur yang dilewati itu berupa tanah datar yang dikelilingi perkebunan warga. Sepanjang jalurnya itu lo bakal menjumpai sepeda motor lokal juga yang biasa bawa hasil kebun. 

Nah, dari Pos 2 Savana ini lo baru jalan lagi buat sampai ke puncak Bukit Sipandu. Kira-kira 10 menit aja, Superfriends perjalanannya. Dari puncak bukit lo bisa leluasa banget melihat eloknya Gunung Prau dan Gunung Sindoro. Bisa dibilang waktu yang lo habiskan cuma 40 menit aja. Nggak lama kan? Coba siapa yang jadi kangen naik gunung?

 

Source: https://pendakiindonesia.com/bukit-sipandu-via-jalur-pawuhan/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
yang level medium saja dulu bagi pemula
Maulana Hasanudin
Viewnya the best
Sumardiyono
wow amazing
Nasir Arsyad
Sangat indah pemandanganx..ty infox
Dewandaru Krisna Wisnu
Nice info
SRI YAYA ASTUTI
sudah kangen naik gunung lagi
Cecep Jajang
Udah lama gak lihat pemandangan yang indah
Heni Oen
tapi butuh persiapan juga buat pemula
Muhammad ridwan
Nice infonya
arief
wah boelh nih di yg ringan2 dulu hehe