Cara Menghangatkan Sleeping Bag Sebelum Dipakai di Tenda

Sleeping bag jadi item penting ketika merencanakan naik gunung atau camping. Karena berada di tengah alam dan ketinggian yang nggak biasa, suhu tubuh harus benar-benar dijaga.

Cara Menghangatkan Sleeping Bag Sebelum Dipakai di Tenda

Jangan sampai kedinginan yang bikin petualangan lo jadi nggak nyaman. Apalagi kalau sampai sakit-sakitan di gunung. Duh, jangan kejadian deh hal-hal yang begitu.

Makanya lo harus benar-benar menyiapkan peralatan yang sesuai kebutuhan lo. Jaket tebal jangan sampai ketinggalan. Sama lo juga harus tau triknya biar sleeping bag yang lo bawa bisa tetap hangat.

Nggak susah kok. Sedikit trik aja biar lo di dalam tenda tetap terasa hangat terus. Yuk simak tipsnya, Superfriends!

Andalkan Air Panas

Cara Menghangatkan Sleeping Bag Sebelum Dipakai di Tenda

Image source: msrgear.com  

Biasanya kalau bermalam di gunung itu selalu menyiapkan api unggun. Ada yang menyiapkan kopi hangat, kalau yang lapar menyajikan mie instan yang gurih. 

Nah, kalau sudah selesai makan, siapkan lagi air panasnya. Ini bukan buat menyeduh kopi atau teh lagi ya. Tapi buat di menghangatkan sleeping bag. 

Caranya adalah lo masukkan air panas ke dalam botol. Terus masukkan ke dalam sleeping bag yang sudah lo siapkan di dalam tenda. Cara ini bisa membuat air di dalam botol bertahan lama dan tetap hangat saat diletakkan di dalam sleeping bag. 

Kalau sudah, kemudian lo lakukan gerakan sit up. Hal ini berguna buat menimbulkan gelombang tubuh dan membuat sleeping bag jadi hangat.

Memilih Sleeping Bag

Cara Menghangatkan Sleeping Bag Sebelum Dipakai di Tenda

Image source: gearjunkie.com   

Biasanya sleeping bag ini memiliki dua macam bentuk. Pertama yang bentuknya seperti mumi dan ada juga yang mirip selimut. Kalau buat di pegunungan itu umumnya pakai yang berbentuk mumi karena paling pas buat menghangatkan tubuh. Pilih juga yang ada tutup kepalanya.

Tutup kepala ini berfungsi menghangatkan kuping supaya nggak terpapar suhu dingin. Termasuk juga pipi buat mencegah hipotermia. Satu hal penting lagi nih, sleeping bag itu macam-macam jenis material. Pertama itu ada yang bahan parasut, lalu sintetis, dakron, dan bahan polar. 

Pilih aja sesuai kebutuhan lo. Kalau bahan parasut itu karakternya ringan dilapisi bahan kapas atau bulu di bagian tengahnya. Jadi bisa lebih hangat.

Kalau sintetis itu karakternya ringan dan gampang kering. Sedangkan Dacron, bahannya mirip isi yang ada di dalam boneka. Sifatnya ringan, hangat tapi bisa makan tempat kalau masuk ransel. Terakhir itu bahan polar yang unggul dari segi kehangatan. Ukurannya juga lebih minim.

 

Source: https://mounture.com/tips-dan-trik/cara-menghangatkan-sleeping-bag-sebelum-digunakan/
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
sangat penting untuk cuaca dingin
Heni Oen
Pilih sleeping bag jgn asal murah
Senuadi Tandun
buat yg hobi sdh pasti tau sleepinh bag good quality
Muhammad ridwan
Nice infonya
Karlina
Nice info
Nasir Arsyad
Sangat bermanfaat..ty infox
Fajar Satritama
Thx info, abis lebaran siaap upgrade sleeping bag deh