Tips Naik Gunung Lancar Walau Turun Kabut

Turunnya kabut di gunung saat pendakian tentu bakal mengganggu penglihatan, bisa-bisa lo malah tersesat. Supaya nggak tersesat saat turun kabut, simak dulu tips selengkapnya berikut ini, Superfriends!

Tips Naik Gunung Lancar Walau Turun Kabut

Melakukan pendakian di gunung emang banyak tantangannya, salah satunya adalah kondisi cuaca yang sulit diprediksi, apalagi kalau lagi musim hujan. Salah satu contoh cuaca ekstrem yang harus dihadapi para pendaki di tengah perjalanan adalah turunnya kabut. Kondisi seperti ini pastinya bakal menyulitkan pendaki buat melihat jalur pendakian karena jarak pandang yang terbatas.

Nah, karena jarak pandang yang terbatas ini, kadang hal-hal yang nggak diinginkan bisa aja terjadi seperti kehilangan arah dalam menentukan jalur yang tepat atau malah tersesat. Tentunya hal ini sangat membahayakan, maka dari itu lo perlu berhati-hati kalau kabut turun saat mendaki.

Supaya nggak tersesat di gunung saat pendakian, berikut ini ada beberapa tips mencegah hal tersebut terjadi saat kabut turun di gunung, Superfriends. Langsung aja simak ulasannya!

Kenali Medan Pendakian

Tips Naik Gunung Lancar Walau Turun Kabut

Image source: nationalgeographic.com   

Mengenali jalur pendakian yang bakal dilalui nyatanya emang penting banget, Superfriends. Sebaiknya sebelum melakukan pendakian, lo udah mencari tau dulu mengenai informasi terkait jalur atau medan pendakian yang bakal dilalui.

Lo bisa coba bertanya ke teman yang emang udah pernah melakukan pendakian ke gunung yang bakal didaki, bisa juga cari tau dari internet, atau bisa tanyakan hal tersebut ke pihak basecamp atau warga setempat, Superfriends.

Pakai Penanda

Tips Naik Gunung Lancar Walau Turun Kabut

Image source: wallpaperflare.com    

Cara lainnya yang bisa dilakukan supaya nggak tersesat saat turun kabut di gunung adalah membuat penanda. Ketika lo melintasi jalur pendakian dan mulai ada tanda-tanda turunnya kabut, maka lo bisa melakukan penandaan wilayah dengan menggunakan tali, Superfriends.

Kalau emang nggak ada tali, lo bisa menggunakan benda apapun yang bisa dijadikan penanda. Gunanya adalah buat membantu mengarahkan lo kembali ke jalan yang benar saat jalan pulang.

Tetap Tenang

Sesungguhnya, dalam menghadapi situasi apapun, lo harus tetap tenang dan nggak boleh panik. Karena kalau udah mulai panik, ini bisa menjadi salah satu risiko yang paling berbahaya dalam melakukan pendakian.

Maka dari itu, kalau lo merasa udah mulai kehilangan arah dan jarak pandang semakin terbatas, sebaiknya tetap tenang dulu jangan sampai pikiran jadi nggak karuan. Usakan untuk mencari solusi bersama dengan tim pendakian, Superfriends.

Lakukan Pengecekan Jalur

Biasanya di beberapa jalur pendakian, ada banyak persimpangan yang terkadang bikin pendaki jadi bingung, apalagi saat turun kabut. Oleh karena itu, lo bisa coba melakukan pengecekan jalur sebelum benar-benar ambil keputusan buat melalui jalur di persimpangan.

Dan perlu juga diingat, saat lo melakukan pengecekan jalur, lo bisa menentukan navigasi dengan teknik survival, Superfriends.

Jangan Terpisah dengan Tim

Saat berada di kondisi turunnya kabut, udah pasti jarak pandang lo juga akan terbatas. Kalau udah begini, solusinya adalah lo bersama dengan tim pendakian harus menjaga jarak aman, dan tetap bersama jangan sampai terpisah.

Kalau ada yang tertinggal, maka lo wajib buat menunggu. Dan pastikan untuk selalu bersama dengan tim pendakian apapun yang terjadi, Superfriends.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan ketika lagi pendakian supaya nggak tersesat saat kabut turun di gunung. Ingat dan catat baik-baik cara tersebut ya, Superfriends!

 

Source: https://mounture.com/tips-dan-trik/biar-tak-tersesat-di-gunung-saat-turun-kabut-ini-tipsnya/
Tips Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
tetap berhati-hati
Heni Oen
wah ada tips bagus nih
Senuadi Tandun
bila perlu bergandeng tangan
Muhammad ridwan
Nice infonyaa
Dewandaru Krisna Wisnu
Sangat membantu
Karlina
Nice info
agung
tq info ya
Amirul Bahri
Sangat berguna infooonya
Nasir Arsyad
Ty infox
GREEN GRASS hiking club
Tetap hati_hati selalu jaga diri makasih infonya