Cara Jitu Buat Dapetin Foto Underwater yang Instagramable

Eksotisnya pemandangan di bawah air memang sangat berbeda dan punya ciri khas tersendiri, Superfriends. Tapi, buat mengabadikannya dalam jepretan tentu bukanlah perkara mudah, karena hal ini sangat berbeda dengan memotret pada umumnya. Mau tahu gimana nggak cara ampuh buat dapetin foto underwater yang instagramable? Kuy, simak ulasan selengkapnya, Superfriends!

Cara Jitu Buat Dapetin Foto Underwater yang Instagramable

Pesona alam di bawah air bisa dibilang memang menarik banget buat dijelajahi, Superfriends. Nggak cuma di laut, di sungai atau danau yang jernih pun lo bisa menikmati pemandangan ini yang pastinya menarik banget buat diabadikan dalam jepretan foto.

Yup, foto underwater memang jadi trend yang mulai naik di media sosial, khususnya instagram. Meskipun terlihat asik dan menarik, ternyata memotret di bawah air nggak segampang kelihatannya lho, Superfriends.

Ada beberapa hal dan teknik memotret yang wajib banget diperhatikan demi bisa mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Maka dari itu, sebelum nyebur mendingan simak dulu beberapa cara ampuh buat dapetin foto underwater yang instagramable berikut ini, Superfriends!

Pelajari Teknik Menyelam yang Baik dan Benar

Cara Jitu Buat Dapetin Foto Underwater yang Instagramable

Image source: scubadiving.com    

Cara ampuh buat dapetin foto underwater yang instagramable pertama yaitu pelajari terlebih dahulu teknik menyelam yang baik dan benar. Karena, buat mendapatkan gambar yang bagus di dalam air lo nggak cuma satu dua kali jepretan saja, tapi membutuhkan waktu yang lumayan lama, Superfriends.

Selain itu, lo juga butuh banget kestabilan saat mengambil gambar biar hasilnya nggak blur. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengambil gambar di dalam air, sebaiknya pelajari terlebih dahulu teknik menyelam yang baik dan benar ya, Superfriends.

Gunakan Kamera yang Sesuai

Cara Jitu Buat Dapetin Foto Underwater yang Instagramable

Image source: okdiversbali.com   

Selanjutnya, perhatikan juga kamera yang bakal lo gunakan buat mengambil gambar di bawah air, Superfriends. Sebenarnya buat penggunaan kamera, lo bisa menggunakan kamera apapun. Baik kamera DSLR, action camera atau jenis kamera lainnya karena semua jenis kamera bisa digunakan untuk underwater.

Namun, yang perlu dicatat dari tips fotografi underwater ini adalah lo harus mengetahui bahwa setiap kamera memiliki ketahanan yang berbeda. Bahkan ada beberapa kamera yang sangat sensitif dengan air sehingga sangat memerlukan case waterproof.

Buat lebih amannya lo bisa menggunakan action camera yang sudah punya waterproof seperti GoPro atau kamera lainnya, Superfriends.

Gunakan Case Waterproof atau Housing

Seperti yang telah dijelaskan di atas, apabila lo menggunakan kamera DSLR, smartphone atau jenis kamera lainnya maka lo harus menggunakan case waterproof yang bertujuan agar air nggak masuk ke dalam kamera sehingga kamera nggak mudah rusak.

Dengan demikian, kamera akan terlindungi dan bisa menghasilkan gambar sesuai yang lo inginkan. Untuk itulah, salah satu tips fotografi underwater sebaiknya sebelum lo memulai untuk memotret dan menggunakan case waterproof adalah atur kamera agar hasil terlihat lebih jelas.

Gunakan Burst atau Continuous Shoot

Jika lo ingin belajar mengambil gambar underwater, sebaiknya lo mempratekkannya terlebih di tempat yang mumpuni seperti kolam atau sumber mata air yang nggak memiliki kedalaman yang dalam.

Sehingga lo bisa mengambil nafas sembari belajar diving. Untuk belajar, maka lo bisa menggunakan mode burst atau sekali banyak. Karena disini lo harus memperhitungkan pengambilan nafas saat pengambilan foto.

Dengan mode ini lo bisa mengambil gambar dengan jumlah yang banyak dalam satu potret saja, kemudian lo bisa menyeleksi ketika sudah naik ke permukaan. Pastikan sebelum menerapkan tips fotografi underwater ini, lo menyiapkan memori agar kapasitas gambar bisa banyak sebelum melakukan mode ini di dalam air, Superfriends!

Nah, itulah beberapa cara ampuh buat dapetin foto underwater yang instagramable. Selamat mencoba, Superfriends!

 

Referensi: https://www.diykamera.com/tips-fotografi-underwater/
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Eksotisnya pemandangan di bawah air
Nasir Arsyad
Ty infox
Amirul Bahri
Wah mahal ini hobby nya min
Agus Sungkawa
Pelajari dulu teknik dasarnya
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Heni Oen
asal ada kamera dan casing juga bagus hasilnya
Senuadi Tandun
thanjs infonya
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info