Cara Praktis Buat Bikin Video Time Lapse

Banyak orang mengira harus merekam video selama berjam-jam untuk kemudian dipercepat di editing buat mendapatkan video time lapse. Padahal, ada cara praktis buat bikin video time lapse lho, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Praktis Buat Bikin Video Time Lapse

Dilansir laman Studio Antelope, video timelapse adalah teknik yang merekam perubahan atau perjalanan adegan atau objek dalam suatu rentang periode yang cukup panjang, lalu mengubahnya menjadi video dengan durasi dicepatkan, Superfriends.

Pasti lo pernah melihat video dokumentasi atau footage perubahan langit yang cepat dari pagi ke malam, atau sebaliknya kan? Nah, inilah contoh salah satu hasil video time lapse, Superfriends.

Buat mendapatkan video time lapse yang bagus memang nggak gampang, butuh persiapan dan peralatan khusus biar hasil video bisa sesuai harapan. Maka dari itu, sebaiknya simak dulu cara praktis buat bikin video time lapse berikut ini, Superfriends!

Tentukan Angle atau Sudut Pandang Video Terbaik

Cara Praktis Buat Bikin Video Time Lapse

Image source: shutterbug.com

Cara praktis buat bikin video time lapse yang pertama yaitu tentukan angle atau sudut pandang video terbaik, Superfriends. Selain itu, perhatikan juga objek yang akan dipotret dan juga suasana yang diinginkan, contohnya detik-detik terbenamnya matahari.

Perhatikan juga keamanan lingkungan di sekitar, Superfriends. Sebab, lo bakal berada dalam waktu cukup lama di tempat yang sama. Jangan sampai pas lagi asyik memotret, tiba-tiba ada truk atau objek lain yang datang menghalangi kamera. Perjuangan lo bisa saja sia-sia, Superfriends!

Persiapkan Kamera yang Bakal Digunakan

Cara Praktis Buat Bikin Video Time Lapse

Image source: shutterbug.com

Selanjutnya, pastikan juga kamera lo siap “tempur”, Superfriends. Pastikan baterai yang ada terisi penuh dan kartu memori punya space yang aman buat menampung hasil foto. Biasnaya, ukuran 8 GB sudah lumayan cukup.

Gunakan juga format file JPEG biar nggak repot mengedit serta nggak terlalu memakan kapasitas kartu memori, Superfriends.

Gunakan Mode Aperture Priority (Av/A)

Mode aperture priority bisa dibilang menjadi sangat tepat untuk memudahkan pemotretan. Dengan menggunakan mode ini, berarti lo cuma harus menentukan bukaan berapa yang diinginkan maupun batasan ISO, dan kamera bakal menyesuaikan dengan shutter speed yang ada, Superfriends.

Gunakanlah tripod buat mengurangi risiko foto blur. Selain itu, lo juga bisa menjaga tingkat eksposure dan ketajaman foto biar serupa satu sama lain, Superfriends.

Set Bukaan Kecil Biar Area Foto Terlihat Tajam

Biasanya, bukaan kecil di f/8-f/13 sudah mencukupi buat menghasilkan ruang tajam di keseluruhan area foto. Setelah menentukan bukaan lensa, pastikan lo sudah menggunakan ISO yang rendah, Superfriends. Sebaiknya, gunakan ISO di angka 100 atau 200 saja.

Gunakan Intervalometer atau Fitur Shutter Release Biar Lebih Apik

Buat mempermudah proses pengambilan video time lapse, sebaiknya gunakan alat yang namanya interavalometer, Superfriends. Alat ini memungkinkan kamera buat memotret secara otomatis setiap rentang waktu yang sudah diatur.

Kalau beruntung, bisa saja kamera yang lo miliki sudah dilengkapi fitur interval shooting yang bisa dimanfaatkan buar membuat video time lapse. Coba cek lagi buku manual kamera lo, Superfriends. Misalnya, pada kamera Nikon seri 5200.

Kalau lo punya kamera Canon dan belum ada fitur ini, lo bisa install Magic Lantern buat mendapatkan fitur ini secara praktis di kamera Canon lo, Superfriends. Kalau terpaksa manual, yaah siap-siap aja jari lo pegel karena menekan shutter puluhan sampai ratusan kali.

Selain itu, jangan lupa juga siapkan stopwatch atau timer biar hasilnya memuaskan ya, Superfriends. Selamat mencoba!

 

Referensi: https://studioantelope.com/5-tips-mudah-membuat-video-timelapse/
https://www.saveseva.com/cara-membuat-video-time-lapse/
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
amaziiing
Agus Sungkawa
Sangat lengkap cara membuat video time lapse
Agung Sutrisno
tentukan angle atau sudut pandang
Heni Oen
jenis kameranya juga nih
Senuadi Tandun
thanks tipsnya nanti dicoba ah
ditra nugraha
nice info
Fajar Satritama
Thx info ya bro..
agung
tq info ya