Terpesona Menatap Keindahan Pulau Sabang Aceh yang Manis

Perairan Sabang di Pulau Weh, Aceh merupakan tempat pertemuan Samudera Hindia dan Selat Malaka. Keindahan bawah lautnya bukan main cantiknya. Manis dan bikin terpesona.

Terpesona Menatap Keindahan Pulau Sabang Aceh yang Manis

Garis pantai yang indah dan air laut yang biru, ditambah lagi pepohonan nan hijau, bikin pesona Sabang makin mentereng. Nggak cuma itu aja, di sana ada gunung, danau, pantai, laut, dan hutan yang masih alami buat dikunjungi.

Liburan ke Sabang bisa dibilang paket lengkap. Di sini juga lo bisa menemukan tugu Nol Kilometer yang merupakan cikal bakal istilah, 'Dari Sabang sampai Merauke'.

Sejarah Kota Sabang

Terpesona Menatap Keindahan Pulau Sabang Aceh yang Manis

Image source: seringjalan.com  

Sabang merupakan kota kecil dengan struktur tanah yang berbukit-bukit. Gegara itu warga menyebut kota Sabang dengan dua nama yaitu kota bawah dan kota atas. Nah, di Sabang sendiri terdiri dari lima pulau besar dan kecil.

Ada Pulau Weh, pulang yang paling besar. Terus Pulau Rubiah, Pulau Klah, Pulau Seulako dan Pulau Rondo. Di sana ada 72 desa dan dua kecamatan.

Kita ngomongin sejarah dulu nih ya. Jadi mundur ke belakang ketika masa kerajaan Aceh. Dulu wilayah Pulau Weh tempat pengusiran 'geupeuweh' bagi seseorang yang dihukum berat dari kerajaan. Sebutan geupeuweh makanya lekat banget sama pulau ini. Sampai akhirnya sebutannya sekadar 'Weh' saja dan diartikan sebagai pulau yang terpisah.

Nah kalau kata 'Sabang' sendiri itu dari bahasa Aceh yaitu 'saban' yang mana artinya itu sama hak dan keduduk untuk semua hal. Singkat cerita, di tahun 1965 dibentuk pemerintahan Kotapraja Sabang dan dirintis buat membuka Sabang Pelabuhan Bebas dan Kawasan Perdagangan Bebas, yang akhirnya diresmikan tahun 2000.

Keindahan Laut Sabang

Terpesona Menatap Keindahan Pulau Sabang Aceh yang Manis

Image source: kumparan.com  

Dari ratusan pulau di Aceh, Pulau Weh menjadi salah satu spot yang terbaik. Nama titik penyelamannya adalah Arus Balee. Di spot ini penyelam bisa menemukan dua arus berbeda yang dijuluki arus channel.

Penyelam bisa menemukan biota laut seperti gurita, karang, schooling ikan, muray. Dan, kalau beruntung, lo bisa berkesempatan melihat blue spot stingray

Spot kedua yaitu Sophie Rickmers. Lokasinya masih di Pulau Weh. Kalau di sini, ketika menyelam lo akan menemui bangkai kapal yang diprediksi sudah ada sejak era Perang Dunia II. Kapal itu bisa ditemukan kalau lo berhasil menyelam di kedalaman 50 meter sampai 70 meter. Oh iya, menyelam di spot ini nggak bisa sembarangan. Lo harus punya sertifikat menyelam dulu.

Kemudian ada juga yang namanya titik penyelaman West Seulako. Airnya jernih banget, bro! Penyelam akan disuguhkan pemandangan bawah laut yang menawan. Ini salah satu spot favorit para penyelam. Yang menakjubkan, kalau lo menyelam di kedalaman 14 meter, lo akan menemukan  yang namanya overhang dengan rupa menyerupai gua cantik.

Kementerian Pariwisata mengakui kalau pesona laut Sabang yang terbaik di Indonesia untuk dijadikan pariwisata bahari, khususnya olahraga menyelam atau diving. Spot freediving di Sabang, Aceh, juga dipuji diakui di skala internasional. 

 

source: https://travel.kompas.com/read/2013/07/18/1236213/Sabang.Pesona.Keindahan.Pulau.Paling.Barat.Indonesia.?page=all 
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Mantabbbbb
Heni Oen
pesonanya alamnya cakep banget
Senuadi Tandun
ternyata aceh punya pesona wisata yg keren
arief
tq infonya
ditra nugraha
indah banget
wildan
makasih infonya
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Alamnya yg mempesona
Sumardiyono
amaziiiing
Karlina
Kerennnn