Bertualang di Banda Neira, Lokasi Mana Aja yang Harus Dituju?

Bertualang ke Bali atau Lombok mungkin udah terlalu mainstream, mau cobain bertualang ke Banda Neira, Superfriends? Lo wajib mengunjungi beberapa lokasi berikut ini!

Bertualang di Banda Neira, Lokasi Mana Aja yang Harus Dituju?

Pernah dengar nama Banda Neira, Superfriends? Salah satu pulau yang ada di Kepulauan Banda, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, ini jadi lokasi bertualang yang nggak kalah kerennya dari Bali atau Lombok. Meski butuh sedikit usaha serta biaya yang nggak sedikit buat mencapai lokasi ini, tapi Banda Neira dikenal bak surga yang ada di timur Indonesia.

Banda Neira sendiri dipenuhi dengan lokasi-lokasi bertualang yang luar biasa. Lo bisa menjajal aktivitas seperti island hopping, diving, sampai menjelajahi gunung api. Nah, buat lo yang mau mencoba bertualang di Banda Neira, wajib banget nih dateng ke beberapa lokasi berikut ini.

Snorkeling di Pulau Rhun

Bertualang di Banda Neira, Lokasi Mana Aja yang Harus Dituju?

Image source: akisoto.com   

Kekayaan dan sumber daya alam yang ada di Pulau Rhun kayaknya nggak perlu diragukan lagi, Superfriends. Bahkan, pulau ini sempat dijadikan alat barter pada abad ke-16, di mana Nieuw Amsterdam di Amerika Utara (kini Manhattan, New York) ditukar dengan Pulau Rhun sebagai solusi damai.

Nggak heran sih, karena pala dan cengkeh menjadi komoditas utama yang dimiliki pulau ini. Selain itu, keindahannya alamnya pun nggak perlu diragukan, terutama alam bawah lautnya. Di sini ada banyak spot snorkeling yang bisa lo jelajahi, Superfriends.

Island Hopping di Pulau Hatta dan Pulau Syahrir

Bertualang di Banda Neira, Lokasi Mana Aja yang Harus Dituju?

Image source: shorts-trip.com  

Kalau mendengar nama kedua pulau ini, tentu lo bakal mengingat pahlawan besar Indonesia yaitu Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir, Superfriends. Pulau Hatta dan Pulau Syahrir menjadi nama destinasi wisata di Banda Neira.

Bukan tanpa alasan, dua pulau ini emang punya nilai historis tinggi, karena menjadi lokasi pengasingan kedua pahlawan Indonesia tersebut. Nggak hanya bersejarah, namun pulau-pulau ini juga punya keindahan alam luar biasa, baik yang ada di atas air maupun di bawahnya. Island hopping di kedua pulau ini menjadi hal yang wajib dilakukan, Superfriends.

Menjelajahi Gunung Api Banda

Bertualang di Banda Neira, Lokasi Mana Aja yang Harus Dituju?

Image source: backpackerjakarta.com     

Banda Neira nggak cuma dikenal dengan keindahan lautnya aja, tapi ada juga Gunung Api Banda yang menjadi landmark alami yang membuat Banda Neira terkenal dan mendunia. Bisa dikatakan, gunung yang terakhir meletus pada Mei 1988 ini adalah ikon wisata dari Banda Neira.

Lo bisa menjelajahi langsung gunung ini dan menyaksikan lanskap Banda Neira dari puncaknya. Buat mencapai gunung ini, lo harus menyewa perahu kecil dulu dan melakukan perjalanan selama 10 menit dari pulau Neira.

Wisata Sejarah di Benteng Belgica

Peninggalan bersejarah lainnya yang ada di wilayah Banda Neira adalah Benteng Belgica. Bangunan berbentuk segi lima ini menghadirkan nuansa alam yang indah dengan pemandangan gunung dan lautnya, Superfriends.

Bangunan ini juga punya cerita sejarah unik yang melatarbelakangi berdirinya benteng ini. Buat lo yang suka bertualang ke lokasi bersejarah, pasti nggak bakal menyesal mengunjungi tempat satu ini, Superfriends!

Menjelajahi Laut Banda di Lava Flow

Salah satu diving spot yang terkenal dan nggak boleh dilewatkan saat bertualang ke Banda Neira adalah Lava Flow. Bisa dibilang, spot satu ini jadi spot menyelam terbaik di kawasan Banda Neira dengan terumbu karang yang masih alami dan terjaga. Buat lo yang suka diving dan snorkeling, wajib banget nih berkunjung ke sini!

Itulah beberapa lokasi bertualang yang wajib banget dikunjungi di Banda Neira. Tertarik mau bertualang ke sana? Jangan lupa nabung dulu, ya!

 

Source: https://www.tripzilla.id/wisata-banda-neira/27601
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Amirul Bahri
Kereeen min
Agus Sungkawa
banda Neira yg mempesona
Sumardiyono
22 top bgt
Heni Oen
keduanya dong
Senuadi Tandun
pilih menjelajah laut dulu
Nasir Arsyad
Waooo kereen..ty infox
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info
arief
nice infonya