Susah Waras, Bisnis Kreatif Produsen Action Figure Parodi

Pernah liat robot ala Star Wars dari kaleng biskuit legendaris yang selalu ada pas Lebaran? Kalau belum, berarti lo wajib lihat koleksi action figure Susah Waras (@susahwarass), Superfriends. Mau tahu nggak, gimana cerita Toy Conceptor-nya membangun bisnis kreatif action figure parodi ini? Berikut cerita lengkapnya!

Susah Waras, Bisnis Kreatif Produsen Action Figure Parodi

Biasanya, action figure memang selalu menampilkan tokoh-tokoh pahlawan fiksi dengan kekuatan supernya. Tapi, di tangan tangan kreatif susah waras, brand lokal kreatif asal Bandung, action figure ini diparodikan dengan kearifan lokal asal Indonesia, Superfriends.

Hasilnya, munculah berbagai macam action figure yang kreatif, unik, dan pastinya punya banyak penggemar. Disamping itu, bisnis ini ternyata berawal dari hobi, lho. Biar lo makin terinspirasi, mending simak dulu cerita menarik terkait Susah Waras, bisnis kreatif produsen parodi action figure berikut ini!

Bisnis Action Figure Parodi dari Hobi Koleksi

Susah Waras, Bisnis Kreatif Produsen Action Figure Parodi

Image source: instagram.com/susahwarass   

Action figure unik di Indonesia bisa dibilang memang masih langka banget nih, Superfriends. Maka dari itu, Irhas, Toy Conceptor Susah Waras yang awalnya udah jatuh cinta banget sama skena ini berinisiatif untuk membuat action figure dari imajinasinya sendiri.

Pada tahun 2016, awalnya ia cuma iseng memamerkan karya bootleg toy pribadinya dan nggak pernah berniat untuk jual-beli. Kala itu, Irhas cuma ingin karya-karya bootleg toy hasil buatannya bisa dinikmati dan dimiliki orang banyak, Superfriends.

Dari sinilah pria yang sejak SMP gemar membuat custom dan mainan recycle ini berpikir buat memproduksi action figure secara massal biar bisa dijual dan bisa dimiliki para pencinta bootleg toy.

Inspirasi dan Arti Nama Susah Waras

Susah Waras, Bisnis Kreatif Produsen Action Figure Parodi

Image source: instagram.com/susahwarass 

Irhas juga mengakui kalau dirinya suka banget hal-hal yang berbau parodi dan plesetan, baik itu tentang film, musik, ataupun produk. Akhirnya, ia memutuskan untuk menamakan brand-nya dengan nama “Susah Waras” yang merupakan plesetan dari film “Star Wars”, Superfriends.

Selain itu, Susah Waras juga punya arti sesuatu yang liar, di luar nalar, dan terkesan nggak waras. Irhas selalu memelihara imajinasi terliar dalam proses kreatifnya untuk membuat produk action figure dengan kearifan lokal, Superfriends.

Dari Awan Kinton sampai Miniatur Bata Merah 

Sulit dipungkiri, karya-karya dari Susah Waras memang beda banget dengan yang biasa lo temui di pasaran, Superfriends. Backstory yang terpampang di ilustrasi kemasan bisa dibilang menjadi salah satu keunikannya.

Keunikan lain yang bisa lo liat dari produk Susah Waras adalah kemampuan Irhas mengolah ide-ide segar dalam menciptakan action figure lokal khas Indonesia, Superfriends. Ia kerap membuat action figure dari luar negeri yang kemudian nama tokohnya diplesetkan menjadi nama-nama yang nggak asing di telinga.

Susah Waras juga membuat parodi menarik dan menggelitik dari brand-brand iklan yang dijadikan tokoh “superhero”, seperti Oskodon, Pasea, dan baterai ABG. Yang terbaru, ada juga koleksi Awan Kinton, kendaraan Son Goku, karakter utama dalam serial kartun legendaris Dragon Ball.

Nggak cuma action figure, Susah Waras baru-baru ini juga merilis kue miniatur bata merah yang mirip banget dengan aslinya, Superfriends! Sudah bisa ditebak, kue unik yang satu ini pun laku keras dipasaran.

Nah, itulah beberapa cerita menarik terkait Susah Waras, bisnis kreatif produsen parodi action figure. Semoga bisa menginspirasi ya, Superfriends! Kalau penasaran sama koleksi-koleksi uniknya, lo bisa cek langsung Instagram mereka di @susahwarass.

 

Referensi: https://www.mldspot.com/inspiring-products/susah-waras-produksi-mainan-kearifan-lokal
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

20 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Sumardiyono
lanjutkan bro
Heni Oen
jadi inget yg wonder woman asli kosong invisible
Senuadi Tandun
keren nih awannya dragon ball
Nasir Arsyad
Ty infox
Agus Sungkawa
Ideu bisnis yang cemerlang
bahar22
Nice info