Cara yang Benar Memilih Carabiner, Jangan Sampai Salah!

Carabiner memang penting banget buat memainkan olahraga dan aktivitas wisata ekstrem, Superfriends. Sebut saja panjat tebing, panjat dinding sampai aktivitas wahana flying fox membutuhkan benda mungil ini demi keamanan para pemainnya. Lantas, gimana ya cara jitu memilih carabiner yang tepat? Berikut ulasan selengkapnya!

Cara yang Benar Memilih Carabiner, Jangan Sampai Salah!

Para pencinta olahraga ekstrem pasti sudah nggak asing dengan peralatan yang namanya carabiner. Yup, meskipun ukurannya terbilang kecil, alat ini memegang peranan yang sangat besar lho, Superfriends.

Umumnya, carabiner digunakan buat menghubungkan dua benda, misalnya tali dengan tali, botol dengan tas, dan sebagainya. Nggak cuma itu, alat ini juga berfungsi buat mengunci lokasi benda tertentu biar nggak gampang berpindah, Superfriends.

Mengingat fungsinya yang luas banget, kayaknya lo wajib banget punya carabiner buat menunjang aktivitas sehari-hari dan juga saat beraktivitas di luar ruangan. Biar nggak salah pilih, mending simak dulu beberapa cara jitu memilih carabiner yang tepat berikut ini, Superfriends!

Pahami Perbedaan Model Bentuknya

Cara yang Benar Memilih Carabiner, Jangan Sampai Salah!

Image source: mec.ca       

Sekilas, semua carabiner memang terlihat sama. Tapi, ternyata carabiner punya 4 bentuk model yang berbeda lho, Superfriends. Yang pertama, yaitu ada Oval-shape. Berkat bentuknya yang oval dan simetris membuat carabiner bentuk ini bisa dengan mudah dipasangkan ke beberapa benda sekaligus.

Bentuknya yang oval juga membuat kemungkinan pergeseran beban minim terjadi. Hasilnya, lo jadi bisa memanjat atau turun dengan lebih stabil, Superfriends.

Kedua, ada model carabiner D-shape. Bentuk ini disebut-sebut menjadi yang paling tangguh dalam menanggung beban bobot lho, Superfriends. Desainnya yang menyerupai huruf D membuat beban lebih terpusat pada area yang lebih tahan lama, yaitu area yang nggak berpengunci.

Selanjutnya, ada Asymmetric D-shape. Bentuknya yang asimetris membuat carabiner model ini lebih ringan bobotnya daripada carabiner D-shape biasa, Superfriends. Carabiner Asymmetric D-shape ini juga menawarkan bukaan yang lebih luas.

Model carabiner yang terakhir yaitu ada pear-shape yang bikin belaying dan rappelling jadi lebih praktis. Jadi, lo bisa lebih cepat dan aman saat menuruni tebing atau lokasi lainnya, Superfriends!

Perhatikan Sistem Penguncinya

Cara yang Benar Memilih Carabiner, Jangan Sampai Salah!

Image source: scoutlife.org

Umumnya, ada dua jenis sistem penguncian yang sering ada pada carabiner, Superfriends. Yang pertama, ada sistem screw-lock yang punya keunggulan dari segi penguncian manual untuk keamanan ekstra.

Kecanggihan mekanisme screw-lock, membuat carabiner bisa terkunci dengan sempurna. Meski tubuh lo tergantung di ketinggian atau carabiner tertimpa benda berat, carabiner bakal tetap tertutup rapat, Superfriends.

Yang kedua, ada sistem penguncian auto-lock yang bisa mengunci secara otomatis. Cocok banget nih buat lo yang mengutamakan kepraktisan dan nggak mau buang-buang waktu buat mengunci carabiner, Superfriends.

Cek Material Bahan yang Digunakan

Jika dibandingkan dengan berbagai jenis metal lainnya, aluminium bisa dibilang punya bobot yang paling ringan. Nggak heran, kalau carabiner aluminium praktis saat dibawa, apalagi kalau lo membawa beberapa carabiner sekaligus, Superfriends.

Walaupun ringan, jangan ragukan ketahanannya. Carabiner aluminium punya daya tahan tinggi dan nggak gampang patah. Selain itu, ada juga carabiner dengan material bahan baja yang punya kekuatan yang stabil dan lumayan tahan lama, Superfriends.

Material ini cocok banget buat lo yang pengin menggunakan carabiner dalam jangka waktu yang lama untuk melakukan berbagai macam aktivitas berat. Nggak cuma itu, carabiner baja juga hampir nggak punya selisih nilai muai dan susut.

Jadi, kekuatannya lebih stabil dan nggak gampang rusak, bahkan saat digunakan pada cuaca yang sangat panas sekalipun, Superfriends!

 

Referensi: https://my-best.id/137860#toc-1
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Heni Oen
ini rawan banget kalau kepleset dan nyangkut gimana nariknya
Senuadi Tandun
carabiner baru dengar soalnya jarang juga yg lakuin
Nasir Arsyad
Ty infox
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Cepet tepat memilih carabiner
Agung Sutrisno
Wahana flying fox membutuhkan carabiner