Bisa Lihat Korea Selatan dari Jepang, Ini 5 Fakta Seru Tsushima!

Gimana ya rasanya berada di Jepang, tapi lo juga bisa menyaksikan pemandangan Korea Selatan dari salah satu pulaunya? Dari Tsushima, ternyata lo bisa melihat kota Busan, Superfriends!

Bisa Lihat Korea Selatan dari Jepang, Ini 5 Fakta Seru Tsushima!

Negara Jepang kayaknya emang nggak pernah kehabisan stok destinasi yang menarik, Superfriends. Salah satunya adalah Tsushima, sebuah pulau menarik yang udah berkembang sebagai tempat persinggahan antara Jepang dan Asia sejak dulu. Pulau Tsushima sendiri merupakan salah satu pulau di Jepang yang masih jadi bagian dari wilayah Nagasaki.

Pulau yang terletak di Selat Tsushima ini terdiri dari dua pulau utama, yaitu Kamijima dan Shimojima. Walaupun keberadaannya cukup jauh dari pulau utama, tapi konon tempat ini sering disebut sebagai harta karun tersembunyi, Superfriends. Menariknya lagi, lo juga bisa menyaksikan pemandangan kota Busan, Korea Selatan, dari pulau ini. Seru banget, kan?

Nah, sebelum lo berkunjung ke Pulau Tsushima, simak dulu nih fakta-fakta seru tentang pulau ini, Superfriends. Berikut ini daftar selengkapnya!

1. Surganya Pencinta Alam

Bisa Lihat Korea Selatan dari Jepang, Ini 5 Fakta Seru Tsushima!

Image source: www3.nhk.or.jp   

Nggak hanya sekadar pulau biasa, Tsushima emang punya keindahan alam menakjubkan yang sayang kalau nggak dijelajahi. Di pulau ini sendiri ada sekitar 89 persen daratan yang berupa hutan. Hutan tersebut merupakan hutan purba yang ada di Gunung Tatera dan Gunung Shiratake.

Kedua gunung ini disebut sebagai harta karun alam Jepang, Superfriends. Selain hutannya, ada juga teluk Aso yang terletak di antara dua pulau, Kamijima dan Shimojima. Lalu ada banyak pantai yang bisa dikunjungi, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Para petualang pasti bakal betah nih traveling di pulau ini!

2. Rumah Bagi Leopard Cat Tsushima Langka

Bisa Lihat Korea Selatan dari Jepang, Ini 5 Fakta Seru Tsushima!

Image source: tsushima.weebly.com   

Selain kekayaan alamnya, Tsushima ternyata juga menjadi rumah bagi satwa langka yang ikonik di sana, yaitu leopard cat. Satwa satu ini rupanya udah ditetapkan sebagai spesies langka nasional Jepang sejak tahun 1994, Superfriends.

Kucing dengan nama Jepang, Tsushima yamaneko ini merupakan subspesies dari leopard. Diperkirakan tiba di Tsushima dari Benua Asia sekitar 100 ribu tahun lalu, leopard cat ini sekilas mirip dengan kucing Iriomote yang tinggal di Pulau Iriomote, Prefektur Okinawa.

3. Pusat Perdagangan Penting

Walaupun sebagian besar pulau ini berupa hutan, tapi ternyata kondisi geografis pulau yang berbatu nggak cocok buat pertanian. Jadi, masyarakat setempat yang ada di Pulau Tsushima memanfaatkan hasil laut dan berdagang. Maka dari itu, pulau ini pun dijadikan sebagai penghubung pulau utama Kyushu dan Korea Selatan.

Meski sempat terputus karena invasi Jepang ke Korea, tapi aktivitas perdagangan masih bisa dilanjutkan. Bahkan, setiap tahun ada Festival Tsushima Arirang buat memperingatinya.

4. Lokasi Melihat Korea Selatan dengan Mata Telanjang

Nah, yang unik dari pulau ini adalah lo bisa melihat Korea Selatan dan daratan Asia dengan mata telanjang, Superfriends! Pulau Tsushima sendiri berjarak 138 km dari Fukuoka dan 49,5 km dari Busan, Korea Selatan. Meski masuk wilayah Jepang, tapi pulau ini letaknya jauh lebih dekat dengan Korea Selatan.

Lo bisa menyaksikan Korea Selatan dan daratan Asia dari pulau ini. Dan sebaliknya, kalau lo mau menyaksikan Pulau Tsushima dari sudut pandang lain, lo bisa melihatnya dari Busan ketika cuaca lagi cerah. Menarik banget, kan?

5. Inspirasi Video Game Ghost of Tsushima

Ada lagi yang seru dan menarik dari Pulau Tsushima, yakni menjadi inspirasi video game bernama Ghost of Tsushima. Walaupun terinspirasi dari sejarah Invasi Mongol di Jepang, tapi semua tokoh, latar waktu, dan alur dalam game tersebut merupakan karya fiksi.

Itulah kelima fakta seru dari Pulau Tsushima yang menjadi lokasi melihat Kota Busan, Korea Selatan, dengan mata telanjang. Penasaran mau mengunjunginya, Superfriends?

 

Source: https://www.idntimes.com/travel/destination/fatma-roisatin-nadhiroh/tsushima-pulau-di-perbatasan-jepang-korea-selatan-c1c2
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
jadi penasaran dgn pulau kucing
Senuadi Tandun
view keduanya bagus
Nasir Arsyad
Ty infox
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
arief
wow keren, tq infonya
wildan
tq infonya
agung
tq info ya
Sumardiyono
wow infonya