Trinity Site, Wisata Unik ke Bekas Lokasi Uji Coba Bom Atom

Sekarang ini udah banyak lokasi wisata unik yang punya kisah menarik, salah satunya ada Trinity Site yang merupakan bekas lokasi uji coba bom atom, Superfriends. Kayak gimana sih serunya berwisata ke lokasi ini? Simak dulu nih ulasan selengkapnya!

Trinity Site, Wisata Unik ke Bekas Lokasi Uji Coba Bom Atom

Pernah kebayang nggak sih gimana rasanya wisata ke lokasi yang sebelumnya merupakan bekas tempat uji coba bom atom? Kedengarannya emang bikin ngeri, tapi wisata ke bekas uji coba bom atom ini nyatanya bakal kasih kepuasan tersendiri. Uji coba bom atom ini sendiri pernah berlangsung di Alamogordo, pada 16 Juli 1945, Superfriends.

Pada saat itu, sejumlah ilmuwan Manhattan Project menyaksikan kekuatan yang mengerikan buat pertama kalinya di tengah Padang Meksiko. Dan kini, lokasi tersebut berubah menjadi tempat wisata. Bernama Trinity Site, banyak wisatawan yang tertarik buat berkunjung dan bahkan kayaknya mereka acuh tak acuh sama risiko radioaktif yang ada di lokasi ini.

Wisata Sejarah Menantang

Trinity Site, Wisata Unik ke Bekas Lokasi Uji Coba Bom Atom

Image source: abqjournal.com     

Bertahun-tahun setelah uji coba bom atom pertama, sebenarnya nggak banyak yang bisa ditunjukkan oleh Trinity Site. Yang tersisa cuma padang luas berpagar dengan monument di bagian tengahnya. Tapi anehnya, turis-turis malah senang datang ke sini dan nggak ada bosannya.

Trinity Site sendiri berada di wilayah White Sands Missile Range, tepatnya di Jornada del Muerto, New Mexico. Maka dari itu, Trinity Site nggak dibuka sepanjang tahun, biasanya lokasi ini cuma dibuka pada Sabtu pertama bulan April dan Oktober aja. Lokasi ini bakal cocok banget sih buat yang suka wisata sejarah yang menantang. Pastinya lo bakal dapat pengalaman baru, Superfriends.

Nah kalau lo emang berminat ke Trinity Site, lo harus bersiap menghadapi Jornada del Muerto (Perjalanan Kematian). Penguasa Spanyol memberi nama wilayah ini karena medannya yang tipikal gurun sunyi dan mengancam kehidupan. Walaupun dianggap perjalanan kematian, tapi pemandangan di sekitarnya cukup indah buat dinikmati.

Sejarah Trinity Site

Trinity Site, Wisata Unik ke Bekas Lokasi Uji Coba Bom Atom

Image source: whizmoandgizmo.com  

Manhattan Project adalah sebuah proyek bom atom terbesar yang sangat dirahasiakan, seenggaknya sampai bom atom pertama diujicobakan. Proses uji coba ini menggunakan kode Trinity yang dijalankan dengan penuh rahasia. Bahkan, para ilmuwan juga punya sebutan bagi bom yang diciptakan, yaitu “gadget”.

Gadget merupakan perangkat plutonium yang menggunakan ledakan konvensional buat menekan inti plutonium hingga masa kritis. Selanjutnya mengonversi materi jadi energi dengan ledakan kataklismik yang membutakan.

Objek Wisata di Sekitar Trinity Site

Nggak hanya Trinity Site yang jadi pusat perhatian di lokasi ini, tapi ada juga beberapa objek wisata lain di sekitarnya. Mulai dari International Space Hall of Fame di Alamogordo, hingga taman dan museum misil atau rudal di markas besar White Sands Missile Range.

Karena nggak dibuka sepanjang tahun, kemungkinan saat dibuka wisatawan yang datang bakal ramai. Walaupun lokasi ini kelihatan udah pudar, tapi masih terbaca cukup jelas peringatan yang ada di sana, yaitu “Hati-hati Bahaya Radioaktif”.

Ada juga wilayah Ground Zero yang dikelilingi pagar kawat, di sebelahnya terdapat benda berukuran jumbo, yakni sebuah kontainer besi seberat 214 ton. Tau apa yang ada dalam kontainer tersebut? Konon kontainer itu dibangun buat menyimpan radioaktif plutonium dari tembakan yang meleset supaya nggak tersebar kemana-mana. Tapi akhirnya wadah ini nggak digunakan. Selain itu, ada juga yang menjajakan pernak-pernik cinderamata, Superfriends.

Nah, itulah lokasi wisata unik yang merupakan tempat bekas uji coba bom atom. Lo tertarik berkunjung ke Trinity Site ini, Superfriends?

 

Source: https://male.co.id/detail/2445/wisata-unik-ke-bekas-uji-coba-bom-atom-men-scope-3
Trending Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
lokasi wisata unik
agung
tq info ya
Sumardiyono
wow amazing
Heni Oen
ngak salah bukan radiasinya tinggi
Senuadi Tandun
setiap bekas ledakan punya ciri kas tersendiri
Nasir Arsyad
Ty infox
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Agus Sungkawa
Wisata yang sangat unik