Ide Bisnis Bikin Jam Tangan dari Semen, Untungnya Sampai Puluhan Juta

Kalau punya ide liar buat berbisnis jangan ragu buat dieksekusi. Kebanyakan orang yang mau mulai berbisnis itu idenya dipendam sampai akhirnya nggak ada yang dimulai. Padahal, kalau sudah ada ide bisa dimulai aja dulu. Tapi jangan nekat. Harus ada hitung-hitungan yang akurat biar modal nggak boncos di awal.

Ide Bisnis Bikin Jam Tangan dari Semen, Untungnya Sampai Puluhan Juta

Restu Irwansyah Setiawan dan Edo Fernando salah satu pendiri merek dagang sebuah jam tangan yang merealisasikan ide cemerlang. Jam tangan yang mereka buat nggak biasa. Mereka membuat jam tangan dari semen lewat merek bernama Lakanua.

Restu dan Edo nggak ajak-ujuk menemukan konsep jam tangan dengan material utama dari semen. Awalnya, dia membuat jam tangan dari kayu sekitar 6 tahun lalu. 

Cuma akhirnya banting arah lantaran sudah ada banyak pemain yang membuat jam tangan dengan material kayu. Akhirnya Restu dan Edo vakum sebentar dari kancah bisnis.

Edo kebetulan kerja di perusahaan furniture yang berbahan utama semen. Dari situ baru muncul ide buat melanjutkan bisnis jam tangan dengan konsep yang lebih segar, yakni dari semen.

Awalnya Cuma Bercanda

Ide Bisnis Bikin Jam Tangan dari Semen, Untungnya Sampai Puluhan Juta

Image source: instagram.com/lakanua   

Ide membuat jam tangan dari semen bisa terbilang 'gila'. Karena Edo sendiri ngakunya cuma jadi bahan guyon aja. Tapi apa sih yang nggak mungkin. Kayak yang di awal dijelasin, kalau ide itu sudah muncul coba dieksekusi dulu aja.

Dan, benar aja, Edo dan Restu pun merealisasikan ide jam tangan berbahan baku dari semen. Gagal sudah pasti modal awal buat menuju kesuksesan.

Dari hasil percobaan pertama, mereka menyadari kalau frame jam tangan dari semen itu gampang retak dan pecah. Tapi eksperimen itu nggak berhenti. Terus diulik sampai benar-benar 'jadi'.

Butuh waktu dua sampai tiga tahun sampai akhirnya jam tangan berbahan baku semen sesuai dengan yang diinginkan. Meski belum sampai ke titik sempurna, improve atau pengembangan terus mereka genjot.

Modal Awal Rp5 Juta

Ide Bisnis Bikin Jam Tangan dari Semen, Untungnya Sampai Puluhan Juta

Image source: instagram.com/lakanua   

Mulai berbisnis dengan konsep semen ini, Edo dan Restu butuh modal awal Rp5 juta. Itu pun dari kantong pribadi. Dalam waktu sebulan Lakanua bisa memproduksi 20 sampai 50 jam tangan dari semen. Kerennya lagi, semua produk jam tangannya murni dibuat pakai tangan mereka berdua. 

Bukan tanpa alasan, memang awal mulanya Edo dan Restu kesulitan buat mencari sumber daya manusianya yang bisa bikin jam tangan dari semen.

Harga buat satu jam tangan dijual dikisaran Rp1 juta sampai Rp1,5 juta. Harga jutaan untuk satu produk relatif karena melihat rumitnya proses pembuatan dan juta pemilihan material kulit yang dipakai buat strap jam tangannya.

Karena keunikan konsepnya ini, Lakanua digemari banyak muda mudi yang mau tampil muda. Segmentasinya pun akhirnya nggak jauh dari jam tangan kayu. Karena material yang ditawarkan sama-sama eksotik. 

Gimana, Superfriends? Niat bikin bisnis usaha yang kayak gini? Atau ada ide bisnis lain? Yang pasti kalau mau bisnisan jangan ragu buat memulainya ya! Selamat mencoba!

 

Source: https://finance.detik.com/solusiukm/d-4235900/bikin-jam-tangan-semen-2-sahabat-ini-raup-rp-20-juta-sebulan
In Depth Beginner Extreme solo traveling

21 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Amirul Bahri
Kereen, jadi penasaran lihat aslinya
Sumardiyono
wow amazing
Heni Oen
dr semen bikin penasaran
Senuadi Tandun
anak muda kreatif hanya kurang dinsupport
Nasir Arsyad
Info yg sgt menarik
Agus Sungkawa
Ide bisnis yang sangat bagus
teddy yunanda
unik juga
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info