Ajang Perlombaan Daya Tahan Tubuh Paling Ekstrem di Dunia

Olahraga daya tahan tubuh seharusnya jadi kegiatan menyehatkan, tapi kalau jadi ajang perlombaan ekstrem, kira-kira bakal kayak gimana ya? Cek ulasan selengkapnya berikut ini, Superfriends!

Ajang Perlombaan Daya Tahan Tubuh Paling Ekstrem di Dunia

Olahraga yang punya tujuan buat meningkatkan daya tahan adalah bagian dari pelatihan ketahanan atau endurance training. Istilah pelatihan ketahanan ini umumnya mengacu pada pelatihan sistem aerobik sebagai lawan dari sistem anaerobik. Menariknya, olahraga ini juga sering dijadikan ajang perlombaan ketahanan tubuh di beberapa wilayah di dunia.

Namun yang lebih unik lagi, lomba daya tahan tubuh ini dikenal sangat ekstrem dan bisa bikin tubuh mengalami hal-hal yang nggak diinginkan. Ada yang bisa mengakibatkan tulang sakit, atau bahkan pikiran jadi terganggu. Konon hanya orang-orang yang kuat secara mental dan fisik aja yang bisa menyelesaikan perlombaan ini, Superfriends.

Penasaran ajang perlombaan daya tahan tubuh apa aja yang disebut paling ekstrem di dunia? Langsung aja simak informasinya berikut ini.

Badwater Ultramarathon

Ajang Perlombaan Daya Tahan Tubuh Paling Ekstrem di Dunia

Image source: worldsmarathons.com    

Merupakan cikal bakal perlombaan ultra marathon di dunia, perlombaan Badwater Ultramarathon ternyata udah dimulai sejak pertengahan tahun 70an, Superfriends. Lomba lari ini dimulai dari sebuah gurun di California yaitu “Death Valley” dan dilakukan pada bulan Juli yang kondisi cuacanya mencapai 3 digit derajat Fahrenheit alias panas banget.

Pada ajang ini, peserta diharuskan berlari nonstop sepanjang 135 mil (217 km) yang melintasi dua puncak gunung. Akhir dari perlombaan ini berada di Mount Whitney. Dan buat mencapai garis finish, kurang lebih butuh waktu sekitar 48 jam.

Dragon’s Back Race

Ajang Perlombaan Daya Tahan Tubuh Paling Ekstrem di Dunia

Image source: dragonsbackrace.com 

Berlari sejauh 300 km lebih melalui Gunung Welsh di utara menuju selatan udah terdengar sangat sulit dan cukup gila, Superfriends. Bahkan peserta Dragon’s Back Race harus menemukan sendiri jalan melalui alam liar dan terpencil, dan nggak ada jalan di tempat ini.

Para peserta juga dihadapkan sama ketinggian yang jaraknya kurang lebih 12 km. Buat menyelesaikan perlombaan ini, butuh waktu sekitar lima hari. Lomba yang sangat sulit ini pertama kali diadakan pada tahun 1992, lalu nggak pernah diadakan lagi selama 20 tahun.

Fat Dog 120

Ajang Perlombaan Daya Tahan Tubuh Paling Ekstrem di Dunia

Image source: pentictonwesternnews.com       

Ajang perlombaan Fat Dog 120 ini memberikan pemandangan indah Pegunungan Cascades di British Columbia untuk para pesertanya. Para peserta harus menempuh jarak sejauh 120 mil (193 km) melalui dua taman  di Provinsi Vancouver, selain itu peserta lari juga harus naik setinggi 8 km melalui Skagit Valley. Jarak ini setara dengan permukaan laut ke puncak Gunung Everest, Superfriends.

Namun, pemandangan yang dilalui emang sangat indah, peserta juga bisa menikmati hijaunya hutan Alpine, danau, sungai, dan padang rumput. Dengan panorama alam yang indah ini, peserta diharapkan bisa mengalihkan perhatiannya dan bisa sampai ke garis finish dalam waktu 48 jam.

Everest Trail Race

Bisa dibilang, lomba lintas alam ini menjadi yang paling ekstrem di dunia, Superfriends. Perlombaan ini mengambil start di ketinggian dekat puncak Everest, Nepal. Buat mengikuti ajang lomba ini, pesertanya harus menghabiskan waktu minimal selama 26 hari buat menyesuaikan diri dengan ketinggian ekstrem.

Yang bikin makin sulit, rute yang dilalui biasanya tertutup salju, jadi peserta harus ekstra hati-hati. Apalagi suhu di lokasi ini juga cepat berubah, mulai dari minus 5 derajat F dan 90 derajat F di finish.

Nah, itulah beberapa ajang perlombaan daya tahan tubuh yang disebut paling ekstrem di dunia. Beberapa di antaranya pun masih aktif dilakukan hingga saat ini. Lo tertarik mencobanya, Superfriends?

 

Source: https://www.liputan6.com/citizen6/read/2192208/6-lomba-daya-tahan-tubuh-paling-ekstrem-di-dunia
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Sumardiyono
wow amazing
Heni Oen
stamina kudu prima
Senuadi Tandun
asal rutin dan konsisten latihan pasti bisa
Agus Sungkawa
Harus mlm daya tahan tubuh yg mumpuni
Agung Sutrisno
Mengandung Resiko tinggi pada tubuh kita
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info