Kuliner Khas Indonesia yang Nggak Boleh Absen Saat Lebaran

Setiap daerah di Indonesia memang punya berbagai macam menu hidangan yang menakjubkan. Saat Hari Raya Idul Fitri tiba, rasa dari makanan-makanan ini bisa dibilang kenikmatannya bertambah seratus kali lipat, Superfriends! Nggak heran, kalau kuliner khas daerah Nusantara ini nggak boleh absen pas Lebaran. Berikut ulasan selengkapnya!

Kuliner Khas Indonesia yang Nggak Boleh Absen Saat Lebaran

Selain bermaaf-maafan, biasanya lo ngapain setelah salat Idulfitri, Superfriends? Pasti langsung "sikat" makanan-makanan khas daerah yang rasanya sangat nikmat, kan? Pesona ketupat dan sejumlah makanan khas ini memang terlihat saat menggoda saat Lebaran.

Terlebih, Indonesia juga terkenal punya menu khas yang nggak boleh ketinggalan saat momen spesial ini tiba. Berikut ini beberapa kuliner khas daerah Nusantara yang nggak boleh absen pas Lebaran, Superfriends!

Bebek Gulai Kurma, Aceh

Kuliner Khas Indonesia yang Nggak Boleh Absen Saat Lebaran

Image source: idntimes.com   

Meskipun menggunakan nama buah kurma, kuliner khas daerah Nusantara yang nggak boleh absen pas Lebaran ini sama sekali nggak mengandung buah tersebut lho, Superfriends.

Dilansir laman detikfood, bebek gulai kurma merupakan jenis kari bebek masak putih yang dibuat dengan beragam rempah khas komponen bumbu kari. Nggak ketinggalan, santan dan kelapa sangrai juga ikut meramaikan hidangan khas tanah rencong ini terasa lebih kental, kayak tekstur buah kurma gitu, Superfriends.

Bebek gulai kurma juga punya ciri khas lain. Berupa pemakaian daun temurui atau daun salam koja atau daun kari. Gurihnya kari bebek ini berpadu sempurna dengan daging bebek yang empuk dan lembut. Paling enak disantap bersama nasi hangat, Superfriends!

Gulai Nangka, Medan

Kuliner Khas Indonesia yang Nggak Boleh Absen Saat Lebaran

Image source: fimela.com    

Bergeser sedikit ke Medan, kuliner khas daerah Nusantara yang nggak boleh absen pas Lebaran selanjutnya yaitu ada gulai nangka. Potongan nangka muda yang dipadukan dengan daging iga atau ceker pasti bakal bikin hari spesial jadi makin spesial.

Selain itu, ada juga kacang panjang dan santan kental yang gurih, pasti bakal bikin lo ketagihan deh, Superfriends!

Rendang, Padang

Kalau dengan kuliner khas daerah Nusantara yang nggak boleh absen pas Lebaran ini pasti lo sudah nggak asing lagi deh, Yup, Rendang memang populer banget di Indonesia, bahkan se-dunia, Superfriends.

Biasanya, rendang dibuat dari daging sapi atau kerbau menggunakan berbagai bumbu rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.

Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih. Cocok banget buat isi perut pas Lebaran, Superfriends!

Semur Daging, Jakarta

Selanjutnya, ada semur daging yang wajib banget ada di meja makan warga keturunan Betawi pas Lebaran nih, Superfriends. Biasanya, kuah semur yang cokelat pekat ini terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lainnya.

Rasanya yang manis, gurih dan sedikit pedas tentu akan menggugah selera semua orang. Biar lebih mantap, lo bisa mencampurkan nasi hangat secukupnya di salah satu kuliner khas daerah Nusantara yang nggak boleh absen pas Lebaran ini, Superfriends!

Ayam Gagape, Makassar

Bagi warga Makassar dan Sulawesi Selatan, Ayam Gagape tentu menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang wajib ada di meja makan, Superfriends. sekilas, tampilannya memang mirip banget dengan opor ayam.

Tapi, tambahan kelapa parut sangrai membuat kuliner khas daerah Nusantara yang nggak boleh absen pas Lebaran ini punya cita rasa unik, Superfriends. Bahan rempah yang melimpah pun membuat Ayam Gagape ini jadi punya rasa yang sangat kaya!

Nah, itulah beberapa kuliner khas daerah Nusantara yang nggak boleh absen pas Lebaran. Mana yang jadi favorit lo, Superfriends? Atau, punya hidangan favorit lain yang belum masuk dalam daftar di atas? Langsun coret aja di kolom komentar, ya!

 

Referensi: https://www.tripzilla.id/makanan-khas-Lebaran-di-indonesia/9585
https://zonamakan.com/makanan-khas-Lebaran/
https://www.tripzilla.id/makanan-khas-Lebaran-di-indonesia/9585
Trending Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Amirul Bahri
Nice infoo
Sumardiyono
mantaaap
Heni Oen
favorit mah semur
Senuadi Tandun
Lemang paling asyik nih
Agus Sungkawa
Opor ayam selalu sepesial
Karlina
Mantappp
Bahar
Nmantapppp