Catat! Ini Panduan Bertahan Hidup Saat Tersesat di Alam Bebas

Saat bertualang di alam bebas pastinya ada banyak risiko yang dihadapi, salah satunya tersesat. Nggak usah khawatir, catat dulu panduan lengkap bertahan hidup saat tersesat di alam bebas berikut ini!

Catat! Ini Panduan Bertahan Hidup Saat Tersesat di Alam Bebas

Siapa nih yang hobi bertualang menjelajah alam bebas? Kalau lo menekuni hobi satu ini, tentu udah paham sama risiko yang harus dihadapi saat hal-hal yang nggak diinginkan terjadi. Salah satu risiko berat yang mesti dihadapi adalah tersesat, dan lo nggak boleh kebawa panik saat hal ini terjadi. Lo harus bisa bertahan hidup, itulah kenapa ilmu-ilmu survival sangat penting buat kondisi seperti ini.

Sesungguhnya, kita semua nggak bisa memprediksi kapan hal buruk bakal terjadi. Maka dari itu, saat lo menghadapi musibah tersesat di alam bebas, yang mesti dilakukan adalah bertahan hidup sampai mendapat pertolongan. Berikut ini panduan cara bertahan hidup saat tersesat di alam bebas yang wajib lo pahami.

Cari Lokasi Bermalam yang Aman

Catat! Ini Panduan Bertahan Hidup Saat Tersesat di Alam Bebas

Image source: mounture.com       

Saat mendapati diri lo tersesat di alam bebas seperti hutan dan gunung, yang paling penting dilakukan pertama adalah cari lokasi bermalam yang aman. Carilah tempat yang kering dan nggak terlalu rendah, dan hindari bermalam dekat lembah atau area yang bisa dialiri air.

Kenapa begitu? Karena buat menghindari risiko banjir yang nggak bisa diprediksi kapan terjadi. Pastikan juga lokasi bermalam bebas dari serangga dan pohon yang udah lapuk.

Buat Shelter Darurat atau Bivak

Catat! Ini Panduan Bertahan Hidup Saat Tersesat di Alam Bebas

Image source: eddit.com  

Menjaga tubuh supaya tetap dalam keadaan hangat saat tersesat di alam bebas jadi hal yang sangat penting. Maka dari itu, lo bisa membuat bivak sederhana buat melindungi tubuh dari udara dingin maupun panas, gangguan binatang, dan faktor alam maupun lingkungan lainnya.

Sebelum bikin shelter darurat, coba perhatikan dulu kondisi sekitar, hindari tempat yang terbuka dengan terpaan angin. Pilihan terbaiknya adalah tempat yang kering dan datar. Kalau emang terpaksa harus di area lembap, cobalah buat alas yang tebal seperti panggung sederhana, Superfriends.

Buat Api

Membuat api saat tersesat di alam bebas juga jadi bagian penting, Superfriends. Selain pakai korek api, lo juga bisa membuat api menggunakan batu api/flint, bow drill, dan lainnya. Percikkan api pada gumpalan benda kering dan lembut seperti rumput, akar, dan kemudian letakkan pada kayu bakar. Supaya api tetap hidup, tambahkan kayu-kayu kering yang disusun secara rapi.

Cari Air Bersih

Kalau tempat berlindung dan api udah siap, carilah air bersih buat diminum. Cari sumber air yang bersih dan jernih supaya air aman diminum. Kalau ragu sama air yang lo temui, masaklah sampai mendidih. Dan kalau turun hujan, lo bisa menampung air hujan buat diminum.

Cari Makanan

Menghadapi situasi darurat, yang bisa dilakukan cuma konsumsi sisa-sisa persediaan makanan yang ada. Kalau udah habis, lo bisa memakan hewan atau tumbuhan yang ada di dekat lo, Superfriends. Lo bisa memakan hewan kecil seperti ikan, atau serangga yang emang layak konsumsi.

Selain itu, lo bisa mengonsumsi pisang atau nanas, biasanya kedua buah ini gampang ditemui di hutan. Atau jenis tumbuhan lain seperti rotan, rebung, dan sejenis paku-pakuan pun bisa lo makan kalau menemukannya.

Mengirim Sinyal SOS

Nah, cara menyelamatkan diri satu ini juga penting buat dipelajari, Superfriends. Lo bisa membuat sinyal SOS, tapi sebelumnya pastikan lo benar-benar berada di tempat terbuka dan cukup tinggi lalu buatlah api yang bisa menghasilkan asap tebal.

Meskipun cara ini terbilang sulit, lo akan lebih gampang dapat pertolongan. Supaya bisa menghasilkan asap tebal, coba buat tumpukan dedaunan dan rumput yang masih lembap.

Kalau lo mau mengirim sinyal SOS pada malam hari bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan sinar rembulan dan cermin. Lo bisa menggunakan cermin, atau yang paling gampang layar ponsel buat merefleksikan cahaya tersebut. Arahkan cermin ke sumber cahaya dengan sedikit dimiringkan.

Itulah beberapa panduan cara bertahan hidup kalau tersesat di alam bebas. Sebelum lo bertualang, sebaiknya pahami dulu poin-poin tadi ya, Superfriends!

 

Source: https://www.indosurvival.com/2020/06/cara-bertahan-hidup-saat-tersesat-di.html
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
banyak risiko yang dihadapi saat berpetualang
Sumardiyono
nice infonya
Nasir Arsyad
Info yg sangat bermanfaat
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info
Karlina
Nice info
Agus Sungkawa
Panduan yg bermanfaat