4 Sungai Ganas di Dunia yang Punya Arus Berbahaya

Sungai memang menjadi tempat yang mengasyikan buat berbagai macam aktivitas wisata. Tapi, lo wajib ekstra hati-hati juga, nggak semua sungai bisa dinikmati dan tentunya bisa mengancam keselamatan diri lo sendiri, Superfriends. Seenggaknya, ada 4 sungai ganas di dunia yang punya arus berbahaya nan mematikan dan wajib banget lo waspadai. Berikut ulasan selengkapnya!

4 Sungai Ganas di Dunia yang Punya Arus Berbahaya

Aliran sungai bisa dibilang memang memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, Superfriends. Selain itu, di tempat ini lo juga bisa memainkan berbagai macam aktivitas wisata yang seru abis!

Mulai dari arung jeram, kayak, sampai berenang bisa banget dilakukan di aliran sungai, dengan pengawasan dan peralatan keamanan yang sesuai standar pastinya. Tapi, ternyata nggak semua tempat bisa dinikmati, lho.

Berikut ini 4 sungai ganas di dunia yang punya arus mematikan dan wajib banget lo waspadai, Superfriends!

1. Sungai Orinoco, Kolombia

4 Sungai Ganas di Dunia yang Punya Arus Berbahaya

Image source: ecoreportcard.org      

Sungai ganas di dunia yang pertama yaitu ada sungai Orinoco di Kolombia, Superfriends. Sebenarnya, sungai yang terletak di Amerika Selatan ini melintasi dua negara, Kolombia dan juga Venezuela.

Sungai Orinoco ini menjadi sungai terpanjang ketiga di Amerika Selatan dengan panjang sekitar 2.140 kilometer. Selain itu, sungai ini punya cabang sungai yang mencapai 200 anak sungai yang arusnya sangat deras dan gampang meluap, Superfriends.

Bagi masyarakat sekitar, hal ini tentu memberikan ancaman tersendiri. Bencana banjir bisa dibilang terjadi akibat daerah sekitar sungai yang mulai rusak dan maraknya pembukaan lahan sawit di sekitar kawasan sungai Orinoco, Superfriends.

2. Sungai Kongo, Kongo

4 Sungai Ganas di Dunia yang Punya Arus Berbahaya

Image source: naturetails.blog       

Sungai ganas di dunia yang selanjutnya yaitu ada sungai Kongo di negara yang namanya sama dengan sungai tersebut. Status ini semakin dipertegas dengan julukan yang disematkan pada sungai paling berbahaya di Afrika ini yakni ‘jantung kegelapan’, Superfriends!

Selain itu, Sungai Kongo juga termasuk sungai terpanjang kedua di Afrika dan sungai terdalam di dunia. Hal menakutkan dari sungai ini adalah tebing mengerikan di ujung sungai.

Saking berbahayanya, tebing tersebut dijuluki gate of hell lho, Superfriends. Kengerian dari tebing tersebut pun membuat seorang praktisi arung jeram sarat akan pengalaman pun nggak akan berani untuk mengarunginya.

Selain arusnya yang nggak bisa ditebak, sungai ini dianggap menyeramkan karena banyaknya hewan buas yang hidup di sana. Oleh karena itu, rasanya nggak akan ada banyak orang yang berani buat mendekati sungai tersebut, Superfriends.

3. Sungai Brahmaputra, Bangladesh

Benua Asia sendiri tak hanya memiliki satu sungai paling menyeramkan di dunia tetapi dua sekaligus. Sungai Brahmaputra di Bangladesh terkenal sebagai sungai dengan arus yang sangat mematikan.

Saking derasnya arus di sungai ini, air pasang yang terjadi di sungai ini akan membentuk pusaran atau tidal bore. Arus mematikan ini disebut-sebut dapat menenggelamkan apapun yang berada di atasnya.

Walaupun begitu, sungai ini sendiri mampu memberikan manfaat bagi penduduk lokal. Pasalnya, sungai ini sering digunakan oleh penduduk lokal Bahadurabad untuk kebutuhan irigasi dan juga transportasi.

4. Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Layaknya sungai pada umumnya, sungai sungai ganas di dunia yang satu ini juga punya peranan penting bagi kehidupan masyarakat sekitar, Superfriends. Sungai ini adalah Sungai Mississippi yang berada di Amerika Serikat.

Kontribusi besar dari sungai ini adalah berperan penting sebagai drainase untuk negeri Paman Sam. Tapi, dibalik airnya yang tenang, arus bawah sungai ini sangatlah kuat dan menjadi teror warga sekitar sungai lho, Superfriends.

Ancaman arus deras banjir yang bisa saja melanda setiap saat sampai teror hewan buas, seperti hiu dan ikan Pike tentu menjadi alasan lain kenapa sungai di Amerika Serikat ini termasuk salah sungai ganas di dunia. Jadi, lo wajib berhati-hati saat berada di sekitar sungai ini ya, Superfriends.

Nah, itulah 4 sungai ganas di dunia yang punya arus mematikan dan wajib banget lo waspadai. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat berpetualang ya, Superfriends!

 

Referensi: https://www.bobobox.co.id/blog/sungai-paling-menyeramkan-di-dunia/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow amazing
Nasir Arsyad
.ty infox
Rull
Orinoco? Pernah Norton TV ada Buaya Orinoco, jangan di sungai tersebut
Heni Oen
buat rafting seru nih
Senuadi Tandun
melihat foto aja arusnya deras.banget
Bahar
Amazinggg
Karlina
Nice info
arief
wow ngeliatnya aja dah ngreiii apa lagi melakukan aktifitas disitu, tq
wildan
wow ngeri liat arusnya
Yuantoro arif sabdo
Nikmatinnya Dr jauh