Menurut Luas Daerah Operasi, Agen Tour Punya Beberapa Jenis

Agen tour wisata yang biasa lo gunakan buat traveling ternyata punya beberapa jenis yang dibedakan menurut luas daerah operasinya, Superfriends. Apa aja jenis-jenis agen tour tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Menurut Luas Daerah Operasi, Agen Tour Punya Beberapa Jenis

Semakin berkembangnya jaman, kebutuhan wisata nampaknya udah jadi hal penting yang harus dipenuhi sama setiap orang ya, Superfriends. Berwisata juga bukan lagi sekadar jalan-jalan aja, tapi lebih dari itu, yaitu suatu kebutuhan batiniyah yang mesti dipenuhi buat menciptakan rasa bahagia dan tenang dalam jiwa.

Dari kebutuhan itulah, banyak bermunculan agen tour yang menawarkan berbagai wisata yang menarik. Nah, ternyata sebuah agen tour ini memiliki spesialisasi tersendiri lho, Superfriends. Mungkin banyak yang belum paham, ternyata berdasarkan luas daerah operasinya, agen tour bisa dibedakan ke dalam beberapa jenis sebagai berikut.

Agen Tour Internasional (International Tour Agent)

Menurut Luas Daerah Operasi, Agen Tour Punya Beberapa Jenis

Image source: freepik.com  

Yang pertama ada agen tour internasional, yang merupakan sebuah biro perjalanan wisata yang melayani rute nasional dan internasional, Superfriends. Agen tour ini biasanya menawarkan produk-produk wisata lintas negara maupun benua.

Di Indonesia sendiri, agen tour internasional didominasi dengan agen tour umroh dan haji. Hal ini dikarenakan peminat umroh dan haji di Indonesia sangat tinggi dan selalu meningkat setiap tahunnya.

Agen Tour Nasional (National Tour Agent)

Menurut Luas Daerah Operasi, Agen Tour Punya Beberapa Jenis

Image source: checkfront.com     

Selain yang internasional, maka ada juga agen tour nasional. Agen ini merupakan sebuah biro perjalanan wisata yang hanya melayani rute nasional atau lokal dalam satu negara aja.

Agen tour jenis ini biasanya mengakomodasi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara untuk menuju destinasi-destinasi wisata menarik yang ada dalam suatu lingkup negara.

Agen Tour Domestik (Domestic Tour Agent)

Nah, selanjutnya ada jenis agen tour domestik. Agen tour domestik sendiri punya lingkup yang paling sempit dari agen-agen sebelumnya, karena hanya melayani rute perjalanan wisata pada wilayah tertentu aja, misalnya seperti Semarang-Yogyakarta atau Lokal Papua.

Agen tour jenis ini juga biasanya hanya melayani wisatawan lokal dan berdiri di satu kota tertentu tanpa adanya kantor cabang lain. Dalam operasinya, agen tour domestik juga bertindak sebagai retail agen tour.

Gabungan Semuanya

Selain agen tour internasional, nasional, dan domestik, ternyata ada juga agen tour yang merupakan gabungan dari semua jenis tersebut, Superfriends. Agen tour jenis ini melayani semua rute perjalanan, baik antar negara, lokal dalam negara, maupun yang domestik.

Dalam pelaksanaannya, agen tour semacam ini biasanya merupakan agen tour yang udah tumbuh dan berkembang besar dengan kantor cabang di mana-mana. Selain itu, agen tour ini juga udah punya banyak konsumen tetap, jaringan yang luas, dan juga terdaftar sebagai badan usaha yang mengakomodasi perjalanan wisata di Kementerian Pariwisata.

Nah, itu tadi beberapa jenis agen tour yang dibedakan berdasarkan luas daerah operasinya, yang mungkin masih belum dipahami sebagian orang. Lo sendiri lebih suka traveling sendirian atau pakai agen tour, Superfriends?

 

Source: https://phinemo.com/jenis-jenis-agen-tour-menurut-luas-daerah-operasi/
Trending Beginner Extreme solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
nice infonya
Nasir Arsyad
Makasih infox
Heni Oen
noted info yang bermanfaat
Senuadi Tandun
taunya panorama, anta tour service mrk ok juga
DEVI TRI HANDOKO
baru tau malahan. info berguna
Agus Sungkawa
Nice informasi
Fajar Satritama
Agent tour recommended menurut saya si what travel
Karlina
Nice info
Rdh
Nice info
bahar22
Nice info