5 Objek Wisata yang Bisa Dikunjungi di Jalur Pendakian Rinjani

Selain jadi salah satu gunung tercantik di Indonesia, ternyata di jalur pendakian Gunung Rinjani juga ada objek wisata yang bisa dikunjungi, Superfriends! Apa aja itu? Langsung simak ulasan selengkapnya!

5 Objek Wisata yang Bisa Dikunjungi di Jalur Pendakian Rinjani

Punya predikat sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Rinjani dikenal menawarkan pesona alam yang istimewa. Jadi nggak heran kalau banyak pendaki yang pengen banget merasakan pengalaman mendaki gunung ini. Oh ya, jalur pendakian Gunung Rinjani pun udah dibuka lagi, bahkan ada dua jalur pendakian baru yang cukup menarik, yaitu Tetebatu dan Torean.

Mendaki Gunung Rinjani sampai ke puncaknya pasti bakal jadi pengalaman seru, tapi ada juga yang nggak kalah seru, yaitu menikmati berbagai objek wisata yang ada di kaki gunung dan sepanjang jalur pendakiannya. Siapapun yang mendaki gunung ini tentu bakal dimanjakan sama objek wisata yang bisa dikunjungi sebelum mendaki atau buat mengakhiri pendakian melelahkan.

Mau tau objek wisata apa aja yang bisa dikunjungi di jalur pendakian Gunung Rinjani? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Desa Tetebatu

5 Objek Wisata yang Bisa Dikunjungi di Jalur Pendakian Rinjani

Image source: travel.wego.com    

Berada di Lombok Timur, ternyata Desa Tetebatu ini udah cukup terkenal dan bahkan sering dikunjungi sama wisatawan mancanegara, Superfriends. Nggak heran sih, karena pemandangannya emang keren banget, lo bakal disambut sama hijaunya persawahan.

Selain itu, lo juga bisa menuju ke Lembah Ulem Ulem buat menyaksikan Air Terjun Ulem Ulem di dalamnya. Lo bisa datang di pagi hari dan melihat kabut yang menyelimuti lembah ini. Selain berjalan-jalan, lo pun bisa mencoba berperahu mengelilingi bendungan atau juga berkemah di sini, Superfriends.

2. Desa Sembalun

5 Objek Wisata yang Bisa Dikunjungi di Jalur Pendakian Rinjani

Image source: firstlomboktour.com    

Merupakan jalur pendakian lama buat mendaki Rinjani, di jalur pendakian Sembalun sendiri terdapat Desa Sembalun yang juga bisa dikunjungi. Di sini, lo wajib datang ke Bukit Selong, Superfriends. Bukit ini sangat populer karena menghadirkan panorama sawah yang nggak cuma berwarna hijau dengan latar perbukitan.

Menikmati Bukit Selong aja nggak cukup, lo bisa mampir ke Taman Wisata Pusuk Sembalun dengan cara naik kendaraan dan susuri jalan berkelok. Di lokasi ini, lo bisa menyaksikan pemandangan hijaunya hutan di lereng Gunung Rinjani yang berpadu sama tebing indah. Oh ya, hati-hati sama monyet liar di sini ya, Superfriends!

3. Telaga Biru di Jalur Timbanuh

Jalur pendakian Timbanuh dikenal cukup ekstrem, jadi lo bisa nih bersantai dulu sebelum mulai mendaki. Kalau lo menuju Desa Timbanuh, lo bisa mampir ke Desa Pesanggrahan dan mengunjungi Joben Eco Park, Superfriends. Di sini banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti berkemah, outbond, sampai pendidikan konservasi.

Kalau masih banyak waktu, lo juga bisa mengunjungi Telaga Biru yang ada di Desa Perian. Tempat ini bermula dari sebuah mata air, lalu warga membangun bendungan dan dengan perawatan yang akhirnya dibuka jadi objek wisata.

4. Gua dan Air Terjun di Jalur Torean

Kalau lo mendaki lewat jalur Torean, lo bisa menyaksikan berbagai spot-spot sumber air panas yang bisa dinikmati buat berendam. Selain itu, lo juga bisa menikmati Gua Susu dengan stalaktitnya yang mengeluarkan air. Di sini juga cocok buat dijadikan lokasi berkemah, lho.

Selain itu, lo juga bisa menyaksikan Air Terjun Penimbungan yang tingginya sekitar 100 meter. Lo bisa mengagumi keindahannya dari kejauhan saat mendaki Gunung Rinjani. Uniknya, kalau ada kabut yang menyelimuti air terjun ini, bakal memberikan atmosfer eksotis yang luar biasa, Superfriends.

5. Desa Aik Berik

Masih belum puas menikmati air terjun? Lo bisa mengunjungi Air Terjun Benang Stokel yang punya ketinggian sekitar 30 meter, air yang turun pun disebut mirip benang-benang bergumpal. Ada dua titik air yang bisa dinikmati sekaligus setelah lo menuruni anak tangga buat sampai ke lokasi air terjun ini.

Ada juga Air Terjun Benang Kelambu yang lokasinya nggak jauh dari Air Terjun Benang Stokel. Uniknya, air terjun ini keluar dari celah-celah tebing yang padat dengan tumbuhan dan menciptakan keindahan yang memesona.

Itulah beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di jalur pendakian Gunung Rinjani. Sambil mendaki, lo juga bisa menjelajahi beberapa lokasi tadi, Superfriends!

 

Source: https://www.tripzilla.id/wisata-alam-di-jalur-pendakian-gunung-rinjani/30185
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
SEPANJANG MATA MEMAMANDANG MATA DIMANJAKAN HAMPARAN PEMANDANGAN CANTIK
Sumardiyono
mantap bro
SRI YAYA ASTUTI
pemandangan alam yang cantik
Heni Oen
jalurnya aja udah byk spot bagus
Senuadi Tandun
liatbfoto aja udah sejuk dimata ..duh jadi pemgen ikut treking
Agus Sungkawa
Objek wisata yg eklusiv
Cecep Jajang
Bagus nih tempat nya.. mantap
Nasir Arsyad
Kereen..ty infox
arief
terimkasih infonya
wildan
tq infonya