Jangan Diam Terus Backpacker, Sepedaan Keliling Sulawesi dari Depok!

Superfriends, pernah ngebayangin nggak gimana rasanya sepedaan keliling pulau Sulawesi dari Depok, Jawa Barat? Nah, hal inilah yang udah dilakukan sama komunitas Jangan Diam Terus. Rafii, salah satu inisiator komunitas ini, mau berbagi cerita terkait petualangannya bersama 6 orang temannya, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya!

Jangan Diam Terus Backpacker, Sepedaan Keliling Sulawesi dari Depok!

"Kalau lo mau dapet sesuatu ya jangan diam terus, kalau lo mau ngeliat sesuatu hal yang belum pernah lo liat ya lo harus segera bergerak,” kata Rafii saat ditemui oleh tim Super Adventure di Omah Jangan Diam Terus.

Berpetualang bisa dibilang memang menjadi pintu keluar bagi orang-orang yang haus akan hal baru dalam hidupnya. Termasuk 7 orang pemuda dari Depok, Jawa Barat dalam komunitas Jangan Diam Terus Backpacker ini, Superfriends.

Bahkan, komunitas yang diprakarsai oleh Rafii dan Bowo ini baru saja menyelesaikan petualangannya keliling Pulau Sulawesi menggunakan sepeda, lho. Langsung simak serunya cerita Jangan Diam Terus Backpacker sepedaan keliling Sulawesi dari Depok, Jawa Barat berikut ini, Superfriends!

Inspirasi Sepedaan

Jangan Diam Terus Backpacker, Sepedaan Keliling Sulawesi dari Depok!

Image source: instagram.com/jangandiamterusbackpacker 

Tahu nggak sih Superfriends, ternyata Raffi, salah satu inisiator Jangan Diam Terus Backpacker ini terinspirasi dari perjalanan Everything in Between, pasangan yang bersepeda dari Belanda ke Indonesia, lho.

“Salah satunya itu, Everything in Between, mas Diego sama pasangannya yang (sepedaan) dari Belanda ke Indonesia, gue datengin pamerannya sendirian di Jakarta. Gue cari apa sih nih yang menarik dari sepedaan? sampai akhirnya terinspirasi,” tutur Rafii.

Menurut Rafii, sepeda saat ini menjadi media transportasi yang tepat buat menjelajahi suatu tempat. “Buat saat ini gua kepikirannya cuma sepeda, dia tuh kayak nggak terlalu cepat dan nggak terlalu lambat juga sih, kita bisa berhenti semau kita lah,” ujarnya.

Ide Berpetualang Keliling Sulawesi

Jangan Diam Terus Backpacker, Sepedaan Keliling Sulawesi dari Depok!

Image source: instagram.com/jangandiamterusbackpacker 

Rafii menjelaskan idenya mengunjungi Sulawesi datang dari cara yang bisa dibilang sangat random lho, Superfriends. Kala itu, mereka lagi berdiskusi menentukan daerah mana yang bakal dijelajahi. Kemudian, ia membuka smartphone-nya, lalu membuka peta digital Google dan memperkecil petanya.

“Pertama, lirikan gue ke Kalimantan, Thailand, Papua, Sulawesi, sama Sumba, Nusa Tenggara Timur. Cuma nggak tahu kenapa lirikan mata gue ke Sulawesi terus nih, menarik aja gitu menurut gua. Pulaunya menarik kan, membentuk huruf ‘K’ meliuk-liuk gitu,” ungkap Rafii sambil tertawa kecil.

Itinerary yang Bebas

Jangan Diam Terus Backpacker, Sepedaan Keliling Sulawesi dari Depok!

Image source: instagram.com/jangandiamterusbackpacker 

Memulai perjalanan pada Oktober 2020, semula perjalanan ini ditargetkan selesai pada Desember 2020 saja lho, Superfriends. Tapi siapa sangka, serunya perjalanan membuat mereka betah mengelilingi bumi Celebes!

“Kita gowes sesuka hati aja. Bahkan, pernah kita baru sejam gowes ketemu pohon kelapa, langsung berhenti, manjat dulu, ngadem dulu, bebas aja udah,” tutur Rafii dengan nada antusias.

Awalnya, ia dan teman-temannya memang mengatur itinerary dengan detail. Tapi, lagi-lagi mereka ingin bebas dan nikmatin petualangannya di Pulau Sulawesi, Superfriends. Sampai akhirnya, mereka pulang dan tiba di Depok, Jawa Barat pada awal Maret 2021.

Pernah Dilanda Konflik

Ia pun mengakui bahwa komunitas ini juga pernah dilanda konflik saat berpetualang lho, Superfriends. Menurut Rafii, sekompak apapun suatu kelompok yang namanya konflik pasti bakal mampir menguji kualitas pribadi setiap anggotanya.

“Kita sering clash di jalan, dari hal kecil sampai hal besar, pernah. Tapi balik lagi, kita harus nunduk kepala sebentar, kita harus lebih rendah, kita harus menahan emosi dan kita ngobrol,” ujar salah satu inisiator Jangan Diam Terus Backpacker itu.

Rafii pun mengakui, justru tim ini jadi semakin kuat saat konflik yang ada berhasil diselesaikan dengan kepala dingin, Superfriends. Menurutnya, konflik ada yang ada di Sulawesi cukup ada di sana, jangan sampai dibawa saat pulang ke Pulau Jawa.

Nah, itulah serunya cerita Jangan Diam Terus Backpacker sepedaan keliling Sulawesi dari Depok, Jawa Barat. Menurut lo hal apa yang menarik banget dari petualangan tersebut? Ceritakan di kolom komentar ya, Superfriends!

In Depth Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow amazing
SRI YAYA ASTUTI
PENGEN BANGET
DEVI TRI HANDOKO
CARA BARU
Heni Oen
good idea
Senuadi Tandun
asyik nih kalau rame2
Arif wibowo
Buset gempor bos itu kaki
Dewandi amirullah
D tunggu nih melintas di parepare
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Keliling Sulawesi naik sepeda amazing man hhahaha
Nasir Arsyad
Cakeep..ty infox