Peluang Bisnis Buat Lo yang Hobi Hiking

Memiliki hobi hiking pastinya perlu modal buat sampai ke pegunungan yang mau dituju. Nah pinter-pinternya pendaki, harusnya bisa dapat cuan dari hobi itu.

Peluang Bisnis Buat Lo yang Hobi Hiking

Nih, ada beberapa peluang bisnis yang bisa lo jalanin berbarengan dengan hobi hiking di gunung atau alam bebas. Nggak perlu gengsi, kalau peluang bisnis itu ada di depan mata, dicoba dulu aja.

Jangan takut gagal, karena dari titik itu lo bisa belajar buat bangkit. Simak ya ide bisnis buat para hobi mendaki.

Jasa Porter

Peluang Bisnis Buat Lo yang Hobi Hiking

Image source: mountainhouse.com    

Pendaki yang baru pertama kali naik gunung perlu banget bimbingan dan ‘haram’ hukumnya dibiarkan hiking seorang diri. Makanya para pendaki pemula kadang juga butuh yang namanya guide. Karena fisiknya belum terlatih, mereka membutuhkan jasa porter alias pembawa barang buat membantu mengangkut beban yang dibawa.

Biaya porter biasanya lebih mahal dibandingkan guide karena kerjanya lebih berat. Kebanyakan jasa porter ini dimanfaatkan buat pendaki wanita. Ada juga lho jasa porter yang diberi tugasnya memasak di gunung. Kalau hobi mendaki dan punya keahlian memasak, ini peluang usaha yang menarik.

Agen Wisata Pendakian

Peluang Bisnis Buat Lo yang Hobi Hiking

Image source: hermantrekker.com     

Membuka agen wisata pendakian juga tergolong ide bisnis yang moncer. Sederhananya, bisnis ini memanfaatkan jaringan yang kita punya di kalangan porter, guide hingga petugas posko pendakian. Kita cukup menyambungkan kebutuhan akan porter, guide, peralatan mendaki dengan ketersediaan tenaga dan fasilitas yang ada.

Agen Pendakian Premium

Target bisnis ini menyasar segmen masyarakat menengah ke atas. Agen wisata premium layanannya lebih luas dari sekadar mendaki. Memulai bisnis ini bisa menawarkan kegiatan pelatihan bahkan kursus. Biasanya, bisnis satu ini menargetkan pasar ekspatriat. Orang asing yang ada di Indonesia biasanya sangat suka dengan olahraga berbau petualangan, termasuk mendaki gunung.

Jasa Pemandu

Orang yang belum berpengalaman biasanya menggunakan jasa guide. Karena itu, jasa pendampingan untuk mendaki gunung selalu dibutuhkan. Nah, di sinilah potensi cuan sudah terendus.

Untuk memulai bisnis ini nggak perlu modal besar. Bahkan, keuntungan yang diperoleh cukup lumayan. Contohnya, untuk melakukan perjalanan di Gunung Rinjani, seorang pendaki biasanya menggunakan jasa guide dengan tarif Rp 250 ribu hingga Rp300 ribu per hari. Saat puncak musim pendakian, permintaan guide ini biasanya melonjak sangat tinggi.

 

Source: https://www.merdeka.com/uang/ini-4-bisnis-menguntungkan-bagi-anda-penggemar-hiking.html
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
bisa jadi hobby yang bisa menghasilkan cuan
Sumardiyono
Nice infonya
Heni Oen
jualan indomie dan aqua laku deh
Senuadi Tandun
bisnis travel bakal booming kalau pademi berakhir
Arif wibowo
Edi gabus
bahar22
Nice info
bahar22
Nice info
Agung Sutrisno
Menciptakan peluang usaha disaat orang membutuhkannya
Karlina
Mantappppp
bahar22
Nice info