Menikmati Hamparan Padang Rumput Luas Fulan Fehan

Pernah membayangkan gimana serunya melihat langsung puluhan kuda yang bebas berkeliaran di padang rumput yang sangat luas? Nggak perlu jauh-jauh ke Swiss atau New Zealand, karena hal ini bisa lo dapatkan di Fulan Fehan, Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya!

Menikmati Hamparan Padang Rumput Luas Fulan Fehan

Kira-kira apa kata yang bakal keluar dari mulut lo kalau melihat hamparan sabana yang membentang luas dengan kuda yang berkeliaran bebas ada di hadapan? Yup, inilah “sihir” yang bakal lo temui saat pertama kali menginjakan kaki di Fulan Fehan, Superfriends.

Tempat menakjubkan ini tepatnya berada di sebuah lembah Gunung Lakaan, Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebagai referensi, lo bisa simak beberapa informasi terkait Fulan Fehan berikut ini, Superfriends!

Pesona Padang Rumput yang Luas

Menikmati Hamparan Padang Rumput Luas Fulan Fehan

Image source: itjeher.com  

Hamparan sabana atau padang rumput yang teramat luas sejauh mata memandang bisa dibilang menjadi salah satu hal yang membuat siapapun yang berkunjung betah berlama-lama di sini. Kuda-kuda yang bebas berlari kesana-kemari tentu menjadi hal lain yang bikin liburan lo jadi makin istimewa, Superfriends!

Nggak cuma kuda, ada juga sapi, kambing, dan kerbau yang sengaja digembalakan. Hadirnya semacam mata air alami yang menjadi sumber kehidupan bagi para ternak seolah menjadi penyempurna ekosistem di Fulan Fehan. Perfect banget deh, Superfriends!

Banyak Ditemui Pohon Kaktus

Menikmati Hamparan Padang Rumput Luas Fulan Fehan

Image source: travel.detik.com  

Uniknya lagi, meski memiliki suhu yang cenderung dingin, mencapai 21 derajat celcius, banyak pohon kaktus yang tumbuh subur di sini, Superfriends. Bayangkan, bagaimana bisa pohon yang identik dengan padang pasir bisa tumbuh subur di padang rumput?

Inilah salah satu “sihir” yang ditawarkan Fulan Fehan, Superfriends. Kaktus-kaktus ini tumbuh di satu wilayah, tepatnya di sudut sabana, sehingga lo bisa gampang menemukannya. Tapi, tetap hati-hati dengan durinya ya, Superfriends!

Tempat Menarik Lainnya di Sekitar Sabana

Nggak jauh dari Fulan Fehan ada juga beberapa tempat menarik lain yang sayang banget kalau dilewatkan begitu saja, Superfriends. Salah satunya, ada Benteng Kikit Gewen yang ditutupi semacam hutan kecil.

Benteng ini terbuat dari batu-batu alami yang dibuat seperti pagar setinggi dada. Rimbunnya pohon di dalam benteng membuat area tersebut terlihat seperti hutan kecil yang misterius. Konon, benteng ini dulunya digunakan para pahlawan, atau yang biasa di sebut Meo buat mengatur strategi sebelum maju ke medan perang, Superfriends.

Ada juga Benteng Rana Hitu atau yang dikenal sebagai Benteng Lapis 7. Benteng ini digunakan saat perang tradisional antar suku di pedalaman Timor yang sekarang jadi Timor Leste. Mitosnya, benteng ini dibuat hanya dalam waktu tujuh hari tujuh malam lho, Superfriends.

Cara Menuju ke Fulan Fehan

Buat mencapai Fulan Fehan, ada dua rute yang bisa lo gunakan, Superfriends. Pertama, lewat Desa Dirun dan kedua, Desa Maudemu. Dari kedua desa ini, lo bisa menuju Fulan Fehan dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 4 kilometer!

Rute menuju Fulan Fehan itu masih dalam tahap pembangunan. Jadi, sementara lo harus berjalan kaki di jalan berbatu, Superfriends.

Biar bisa menikmati hijaunya rumput Fulan Fehan secara sempurna, sebaiknya datang ke sini pada periode November sampai April alias pada musim hujan. Sebab, saat kemarau rumput di sini cenderung mengering dan suhu sedikit agak panas, Superfriends. Selamat berpetualang!

 

Referensi: https://pesonaindonesia.kompas.com/read/2019/10/18/172900027/memandang-padang-rumput-luas-fulan-fehan
https://kumparan.com/ltlb-13-1613969639281537535/fulan-fehan-nusa-tenggara-timur-rasa-eropa-1vN5KBC1cQM/full
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
mantap jiwa
SRI YAYA ASTUTI
HIJAU ENAK DI MATA
teddy yunanda
teduh, hijau,
Heni Oen
kayaknya menarik nih
Senuadi Tandun
sejuknya di mata ademmm
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
agung
tq info ya
Agus Sungkawa
Sangat indah padang rumput nya
Bahar
Nice info