Kota di Dunia yang Jadi Surga Para Pencinta Street Art

Terlanjur jatuh cinta sama seni jalanan atau street art berupa grafiti atau mural, Superfriends? Berarti kota-kota ini cocok banget lo kunjungi. Mau tahu nggak dimana saja kota di dunia yang jadi surga para pencinta street art? Berikut ulasan selengkapnya!

Kota di Dunia yang Jadi Surga Para Pencinta Street Art

Biasanya, coretan di dinding sering dikaitkan dengan aksi vandalisme dan mendapat respon negatif dari masyarakat karena terkesan merusak, kotor. Tapi, lo pernah juga kan melihat coretan dinding yang indah, unik dan mengandung makna tertentu, Superfriends?

Nah, inilah yang dinamakan street art atau seni jalanan. Berbeda dengan aksi vandalisme yang merusak, kehadiran graffiti dan mural tersebut justru membuat suasana jadi lebih berwarna.

Kegiatan ini sendiri akrab disebut street art atau kesenian jalanan. Saking indah dan menariknya, nggak sedikit yang menjadikan lokasi street art sebagai destinasi yang wajib dan layak dikunjungi, lho.

Kalau lo pencinta street art, berarti lo wajib kunjungi beberapa kota di dunia berikut ini, Superfriends!

Lisbon, Portugal

Kota di Dunia yang Jadi Surga Para Pencinta Street Art

Image source: streetartnews.net      

Kota di dunia yang jadi surga para pencinta street art yaitu ada di Lisbon, Portugal, Superfriends. Tata kota yang khas dengan perbukitan dan jalanan cobblestone-nya dibuat jadi makin meriah dengan kehadiran street art yang menghiasi dinding bangunan sampai tempat sampah.

Lisbon sendiri memang memiliki banyak bangunan dan pabrik terbengkalai yang sebagian diubah menjadi galeri seni atau kelab malam kumuh. Lisbon pun seolah bertransformasi menjadi museum seni terbuka dengan karya-karyanya yang memukau dan sarat makna.

Kalau lo berkesempatan untuk mengunjungi Lisbon, lo bisa mengikuti tur dengan didampingi pemandu wisata yang siap membawa lo menikmati indahnya street art Lisbon beserta makna cerita di baliknya, Superfriends!

Sao Paulo, Brazil

Kota di Dunia yang Jadi Surga Para Pencinta Street Art

Image source: uncorneredmarket.com 

Di sela-sela padatnya beton Sao Paulo, ada juga karya seni memukau yang tercermin pada sejumlah dinding, jalanan serta gang yang dialihfungsikan menjadi kanvas oleh para seniman urban kota ini, Superfriends.

Salah satu yang cukup populer adalah Vila Madalena, kawasan hits bernuansa bohemian yang dipenuhi dengan banyak restoran, bar, hostel dan tentunya mural yang berlimpah. Lo bisa melakukan tur di sekitar area tersebut dan mempelajari sejarah serta cerita-cerita di balik karya para seniman tersebut, Superfriends.

Spot terkenal lainnya yang nggak boleh dilewatkan dari destinasi street art terbaik di dunia ini adalah Cambuci, tempat kelahiran dua seniman jalanan ternama Brazil, yakni Gustavo dan Otavio Pandolfi.

Selain itu, ada juga Batman Alley atau Beco do Batman, yakni sebuah gang memanjang yang dipadati dengan gambar-gambar dengan warna mencolok dan kerap dijadikan lokasi acara-acara seperti pesta jalanan dan performa musik.

Melbourne, Australia

Melbourne merupakan salah satu destinasi street art terbaik di dunia yang karya-karyanya didukung oleh pemerintah lewat grafiti management plan. Mereka akan mengawasi seni jalanan tersebut, mengkaji aplikasi seniman baru berbakat lalu memberikan perintah untuk pembuatan baru.

Karena itu, di Melbourne ini lo akan selalu menjumpai street art baru sehingga pilihan lokasi street artnya pun cukup beragam. Beberapa lokasi hits yang perlu lo kunjungi di antaranya adalah Centre Place, Union Lane, Hosier Lane, AC/DC Lane, Keith Haring Mural, Caledonian Lane, Croft Alley, Duckboard Place, Rankins Lane, Everfresh Fitzroy mural, Stevenson Lane, dan Rutledge Lane.

Valparaiso, Chile

Di Valparaiso, Chile, street art sifatnya legal. Lo bahkan bisa menemukannya di hampir setiap sudut kota tersebut baik di dinding, tangga, pintu bahkan bus. Maka, jangan heran kalau banyak orang yang menganggap Valparaiso sebagai salah satu destinasi street art terbaik di dunia, Superfriends.

Di Valpo, sebutan Valparaiso oleh warga setempat, street art digunakan sebagai bentuk ekspresi politik dan sosial. Pemerintah setempat bahkan sering meminta pembuatan sejumlah mural secara resmi di sekitar kota tersebut, Superfriends.

So, itulah beberapa kota di dunia yang jadi surga para pencinta street art. Kota mana yang jadi favorit lo, Superfriends? Ceritakan di kolom komentar, ya!

 

Referensi: https://www.bobobox.co.id/blog/7-destinasi-street-art-terbaik-di-dunia/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
wow amazing
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
teddy yunanda
australia dan chile ga ada foto nya
Nasir Arsyad
Ty infox
Heni Oen
surganya seniman
Senuadi Tandun
wow melboune termasuk
Agus Sungkawa
Kota kota yg unik
bahar22
Nice info