Bahaya Suhu Panas yang Sering Dialami Penggiat Alam Bebas

Serangan hipotermia sering terjadi saat bertualang di alam bebas, tapi ada juga bahaya suhu panas yang sering dialami para penggiat alam bebas, Superfriends. Cari tau selengkapnya berikut ini!

Bahaya Suhu Panas yang Sering Dialami Penggiat Alam Bebas

Bertualang di alam bebas bisa dibilang merupakan kegiatan berbahaya, karena cukup banyaknya rintangan yang harus dihadapi. Nah, bahaya di alam bebas, hutan, dan pegunungan sendiri nggak selalu identik dengan serangan hipotermia aja yang sering menyerang para penggiat alam. Udara panas juga bisa jadi salah satu bahaya yang menyerang para penggiat alam.

Gangguan dari sengatan sinar matahari dan panas ini bisa timbul sebagai gejala ringan atau berat. Buat mencegah bahaya akibat suhu panas tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu menghindari latihan fisik yang berat, minum air yang cukup, dan menggunakan pakaian yang longgar.

Nah, ada beberapa penyakit suhu panas yang sering dialami para penggiat alam saat melakukan petualangan antara lain:

Heat Exhaustion (Kelelahan Panas)

Bahaya Suhu Panas yang Sering Dialami Penggiat Alam Bebas

Image source: franciscanhealth.org    

Heat Exhaustion adalah gangguan karena terlalu lama berada di tempat yang memiliki udara panas atau cuaca panas. Serangan penyakit ini bisa disebabkan karena kegagalan penyesuaian tubuh terhadap pelebaran pembuluh darah tepi.

Ada beberapa faktor yang menimbulkan gejala ini, seperti kekurangan air minum, banyak berkeringat, muntah, diare, dan sebagainya yang menyebabkan kurangnya air dalam tubuh. Beberapa gejala yang biasanya timbul saat mengalami serangan ini adalah badan panas, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur, sesak napas, dan otot terasa nyeri.

Kalau heat exhaustion udah terjadi, yang mesti lo lakukan adalah berbaring di tempat yang sejuk, melonggarkan pakaian dan minum air yang sejuk.

Heat Cramp (Kejang/Kram Panas)

Bahaya Suhu Panas yang Sering Dialami Penggiat Alam Bebas

Image source: insider.com

Heat cramp merupakan gangguan akibat latihan fisik di lingkungan udara panas yang tinggi. Heat cramp ini sendiri disebabkan karena kerja otot yang berat dalam udara dengan temperatur lebih dari 37,9 derajat Celcius, yang disertai dengan mengeluarkan banyak keringat.

Gejala yang biasanya timbul kalau terkena serangan ini adalah adanya kejang otot perut dan otot badan lainnya secara mendadak. Gejala lain yang mungkin timbul seperti gelisah, nadi cepat, kulit pucat, dan kejang otot di bagian tungkai atau lengan.

Kalau heat cramp udah terjadi, pengobatannya masih sama dengan cara berbaring di tempat sejuk sekaligus minum air segar. Lebih baik lagi kalau lo menambahkan garam dapur dalam air minum, Superfriends.

Heat Stroke (Sengatan Panas)

Heat stroke atau sengatan panas merupakan gangguan akibat latihan fisik di lingkungan udara panas yang menyebabkan gangguan hebat fungsi pengaturan suhu badan. Hal ini disebabkan karena terlalu lama berada di suhu panas serta latihan fisik yang berat, dan teriknya matahari dengan buruknya ventilasi.

Gejala yang biasanya timbul saat terkena serangan ini yaitu demam tinggi yang disertai menurunnya kesadaran, kadang disertai kejang-kejang, dan pingsan. Gejala lainnya yang juga mungkin timbul seperti sakit kepala, pusing, suhu badan tinggi, kulit kemerahan, sakit di dada, dan pernapasan cepat.

Kalau udah terjadi, pertolongan harus segera dilakukan supaya terhindar dari bahaya yang lebih besar. Jika suhu badan mencapai 41 derajat Celcius, maka segera selimuti dengan selimut basah sambil dipijit-pijit. Setelah itu, ukur temperatur setiap 10 menit dan jangan sampai di bawah 18 derajat Celcius.

Kalau temperatur rendah, segera hangatkan lagi, dan bila temperatur normal maka tetaplah berbaring sambil dikipasi.

Nah, itu tadi beberapa bahaya atau penyakit yang bisa menyerang para penggiat alam saat melakukan petualangan. Lo pernah mengalami salah satunya, Superfriends?

 

Source: https://survivalalam.blogspot.com/2016/09/bahaya-suhu-panas-bagi-penggiat-alam.html
In Depth Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Nasir Arsyad
Ty infox
Indra wijaksana
Infonya Sangat membantu
Amirul Bahri
Nice infooo
Agus Sungkawa
Pengetahuan penyakit yang bisa menyerang para penggiat alam saat melakukan petualangan. Nice info
Karlina
Nice info
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info