Gimana Sih Caranya Terhubung dengan Alam Saat Bertualang?

Bertualang di alam, pasti lo pengen kan dapet pengalaman yang bermakna dan merasa terhubung dengan alam? Lantas, gimana sih caranya bisa terhubung dengan alam? Cari tau selengkapnya berikut ini!

Gimana Sih Caranya Terhubung dengan Alam Saat Bertualang?

Alam sepertinya jadi tujuan wisata yang semakin digemari orang-orang nih, apalagi sejak masa pandemi melanda. Bertualang ke destinasi wisata alam tentunya bakal kasih lo pengalaman yang lebih dalam dan lebih bermakna dari sekadar liburan biasa. Dan buat dapetin pengalaman yang dalam dan bermakna ini, lo nggak perlu tenggelam ke dalam hutan belantara buat merasakan manfaatnya.

Sesungguhnya buat dapetin pengalaman yang bermakna, lo hanya perlu menjalin hubungan yang nyata dengan alam itu sendiri, Superfriends. Yup, terhubung dengan alam, mungkin pernyataan ini sedikit membingungkan. Tapi percaya deh, lo bakal paham sama apa yang disebut “terhubung dengan alam” dengan beberapa cara berikut ini, Superfriends.

Habiskan Waktu di Luar Ruangan

Gimana Sih Caranya Terhubung dengan Alam Saat Bertualang?

Image source: beachretreats.co.uk  

Sesekali, coba deh lo menyisihkan sedikit waktu di setiap perjalanan atau di rumah buat menghabiskan waktu di alam. Kegiatan ini bisa jadi sesuatu yang sederhana, seperti mendengarkan deburan ombak di bebatuan di suatu pagi di pantai yang sepi, atau berjalan di sepanjang jalan setapak yang agak tersembunyi.

Hal-hal sederhana itu sebenarnya penting, lo bisa memanfaatkannya dengan menghabiskan waktu di lingkungan yang indah dan memungkinkan pikiran lo berkelana dan menghargai keindahan alam di sekitar.

Cobain Forest Bathing

Gimana Sih Caranya Terhubung dengan Alam Saat Bertualang?

Image source: lifesavvy.com   

Pernah dengar forest bathing atau mandi hutan, Superfriends? Kegiatan alam ini punya tujuan untuk menyinkronkan ritme dan menyegarkan tubuh secara emosional di alam terbuka. Praktik ini pertama kali digaungkan di Jepang dengan sebutan “shinrin yoku”.

Mandi hutan udah jadi praktik penting perawatan kesehatan preventif dan penyembuhan dalam pengobatan Jepang. Buat mencobanya, lo harus meninggalkan segala perangkat elektronik lo sehingga bisa sepenuhnya membenamkan diri dalam pengalaman tersebut, yaitu menjelajahi hutan dan menyebarkan indera lo.

Selain itu, saat forest bathing, yang mesti dilakukan adalah mengamati dengan cermat apa yang terjadi di sekitar lo dan mengambil semuanya. Misalnya nih, bentuk dan warna daun, suara angin yang berhembus di sela-sela pepohonan, dan suara hewan di suatu tempat yang jauh.

Habiskan Satu atau Dua Hari di Tempat Indah

Kalau lo terlalu sering menghabiskan hidup di kantor atau lingkungan tercemar yang banyak polusi, itu tandanya tubuh lo butuh udara dan oksigen yang segar, Superfriends. Ketika sistem saraf simpatik lo bekerja berlebihan, tapi alam bakal bantu menenangkan lo.

Lo nggak perlu berjalan kaki ke alam liar selama berhari-hari kok, hanya butuh beberapa hari di tempat yang indah seperti taman nasional bakal membuat lo serasa dimanjakan dan lebih dekat dengan alam.

Kontak Langsung dengan Alam

Melakukan kontak langsung dengan alam dengan cara berjalan tanpa alas kaki di permukaan yang berbeda, bisa jadi salah satu cara unik buat terhubung dengan alam, Superfriends. Kegiatan ini juga disebut pembumian, atau membiarkan energi elektron bermuatan negatif mengalir dari tanah ke tubuh lo.

Kaki dianggap punya titik kontak yang mengakses setiap bagian tubuh, jadi ketika berjalan tanpa alas kaki di tanah dikatakan bisa kasih keajaiban bagi kesehatan. Cobain deh jalan tanpa alas kaki di pantai dan ngerasain pasir menyelinap di jari-jari kaki lo, atau jalan tanpa alas kaki di atas rumput hijau. Pasti lo suka deh sama sensasi yang bakal lo rasain!

Nah, itu tadi beberapa cara supaya lo terhubung dengan alam saat bertualang. Coba nikmatin manfaat yang alam berikan buat tubuh lo, Superfriends.

 

Source: https://male.co.id/detail/11162/cara-terhubung-dengan-alam-di-perjalanan-anda-men-scope-3
In Depth Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Bobi
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Arif wibowo
Jd kangen berpetualang di alam liar
Agus Sungkawa
beberapa cara supaya lo terhubung dengan alam saat bertualang
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
bahar22
Nice info