Pesona Air Terjun Tumpak Sewu Memang Seindah Itu!

Kalau ngomongin destinasi wisata alam lo harus bangga jadi orang Indonesia. Lo nggak perlu repot-repot terbang antar negara buat menikmati langsung keindahan semesta di bumi.

Pesona Air Terjun Tumpak Sewu Memang Seindah Itu!

Tempat-tempat menakjubkan banyak banget di Indonesia. Bahkan tanpa disadari, ada beberapa lokasi spot menawan yang belum tersentuh dunia pariwisata. Dan, salah satunya adalah Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Lumajang, Jawa Timur.

Air terjun yang punya ukuran lebih besar atau lebih tinggi memang selalu identik dengan Air Terjun Niagara yang berada di Amerika. Nah, Air Terjun Tumpak Sewu yang keren ini bisa lo nikmati langsung dari dekat.

Air Terjun Tumpak Sewu ini tergolong cepat dikenal orang. Maklum, keindahannya sama sekali nggak bisa dianulir. Keberadaan Air Terjun Tumpak Sewu cepat terendus warga-warga lain yang haus wisata bertema alam.

Makanya, kemegahan Air Terjun Tumpak Sweu makin ke sini semakin terkenal. Itu pun berkat pengaruh sosial media juga. 

Susah Nggak ke Sananya?

Pesona Air Terjun Tumpak Sewu Memang Seindah Itu!

Image source: artebia.com     

Air Terjun Tumpak Sewu berlokasi di pinggir jalan raya perbatasan kota antar provinsi. Lokasi ini bisa ditempuh dengan motor sekitar 1,5 jam dari Kota Malang atau Lumajang. Kemudian masuk gang kurang lebih 100 meter. Nah, buat lo yang bawa mobil, sebaiknya di parkir sebelum masuk ke gang yang cuma bisa dilalui oleh motor. 

Ada 4 titik yang direkomendasikan buat lo menikmati Coban Sewu ini dengan berbagai angle. Jalur pertama via Desa Sidomulyo. Trek ini paling mudah dan paling dekat Air Terjun. Lo akan mendapat pemandangan yang lengkap, dari menembus hutan-hutan desa dan mendapatkan pemandangan utama Air Terjun Tumpak Sewu.

Trek kedua melalui Gua Tetes. Di sini lo bisa merasakan sensasi menuruni air terjun yang megah ini, dengan pemandangan stalagmit dan stalaktit dengan guyuran aliran air yang deras. 

Jalur paling jauh ini akan membawa lo menuruni anak tangga yang licin dari gua tersebut, merambati bibir tebing air terjun, kemudian melawan arus sungai sekitar 200 meter. Estimasi waktunya sampai 3  untuk berangkat dan pulang melewati jalur kedua ini. 

Jalur selanjutnya via Ampel Gading yang paling ekstrem di Air Terjun Tumpak Sewu. Lo harus menuruni tebing air terjun bagian selatan yang curam. Kalau lewat jalur ini harus punya keahlian panjat tebing dan trekking

Jalur keempat ini menggunakan Sungai Glidik sebagai pacuannya. Di Jalur ini lo mendapatkan sensasi berdiri di bibir air terjun yang mempunyai tinggi 180 meter itu.

Keunikan Air Terjun Tumpak Sewu

Pesona Air Terjun Tumpak Sewu Memang Seindah Itu!

Image source: manusialembah.com  

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena aliran airnya yang melebar seperti tirai, sehingga termasuk dalam tipe tiered. Air terjun ini berada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut.

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki dua perspektif, namun biasanya turis yang punya energi berlebih bakal memilih menuruni tebing untuk panorama yang lebih menawan.

 

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201124132032-269-573793/lokasi-air-terjun-tumpak-sewu-curug-favorit-netizen-dunia
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Bobi
Thanks info nya min
Rdh
Nice info
Agus Sungkawa
Air Terjun Tumpak Sewu memiliki dua perspektif,
bahar22
Nice info
Bahar
Nice Info
Heni Oen
luar biasa bagusnya
Senuadi Tandun
banyak air terjun di Indonesia ngak kalah indah
arief
wow keren asli, tq infonya
wildan
mantap tq